PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP KUALITAS LABA (THE EFFECT OF PROFITABILITY, LIQUIDITY, COMPANY SIZE, AND CAPITAL STRUCTURE OF THE EARNINGS QUALITY )

Penulis

  • Rahayu Mauliddiyah Unisla

Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh profitabilitas, likuiditas, ukuran perusahaan, dan struktur modal terhadap kualitas laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018 yang berjumlah 145 perusahaan. Sebanyak 55 perusahaan sebagai sampel penelitian. Metode yang digunakan adalah metode analisis regresi linear berganda dengan SPSS versi 22.

Hasil analisis menunjukkan bahwa profitabilitas yang diproksikan dengan Return On Assets tidak berpengaruh terhadap kualitas laba, likuiditas yang diproksikan dengan Current Ratio tidak berpengaruh terhadap kualitas laba, ukuran perusahaan yang diproksikan dengan Ln (Asset) tidak berpengaruh terhadap kualitas laba dan struktur modal yang diproksikan dengan leverage tidak berpengaruh terhadap kualitas laba. Sedangkan, secara simultan menunjukkan bahwa profitabilitas, likuiditas, ukuran perusahaan, dan struktur modal tidak berpengaruh terhadap kualitas laba.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Ardianti, Reza. 2018. Pengaruh Alokasi Pajak Antar Periode, Persentensi Laba, Profitabilitas, dan Likuiditas Terhadap Kualitas Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2012-2016). Jurnal Akuntansi. Vol. 6, No. 1.

Bursa Efek Indonesia.Laporan Keuangan Tahunan 2016, 2017, dan 2018. (diakses di http://www.idx.co.id)

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 25. Universitas Diponegoro: Semarang.

Helina dan Meiryananda Permanasari. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Laba Pada Perusahaan Publik Manufaktur. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi. Vol. 19, No. 1a.

Penman, S. H. 2001. “On Comparing Cash Flow and Accrual Accounting Models For Use In Equity Valuation: A Response to Lundholm and O’Keefeâ€. Working Paper.Contemporary Accounting Research Vol. 18 No. 4.Columbia University.

Pratama, Angga Dwi dan Sunarto. 2018. Struktur Modal, Komisaris Independen, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kualitas Laba. Dinamika AKuntansi Keuangan dan Perbankan.Vol. 7, No. 2.

Reyhan, Arief. 2014. Pengaruh Komite Audit, Asimetri Informasi, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Laba dan Profitabilitas terhadap Kualitas Laba. JOM FEKON. Vol. 1 No.2.

Risdawaty, Iin Mutamainah Eka dan Subowo. 2015. Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Asimetri Informasi, Dan Profitabilitas Terhadap Kualitas Laba. Jurnal Dinamika Akuntansi. Vol. 7, No. 2.

Romasari, Sonya. 2013. (Skripsi). Pengaruh Persistensi Laba, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Asimetri Informasi, dan Profitabilitas Terhadap Kualitas Laba(Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI).Padang : Program S1 Universitas Negeri Padang.

Septiyani, Glor., Elly Rasyid dan Emerald G Tobing. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Laba Pada Perusahaan Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015. Fundamental Management Journal Online.Vol. 2, No. 1.

Setiawan, Bagus Rahmat. 2017. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Likuiditas, dan Laverage Terhadap Kualitas Laba Pada Perusahaan Manufaktur Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di BEI. Menara Ilmu. Vol. XI Jilid 1, No. 77.

Situmorang, Christina Verawaty. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Laba Studi Kasus Pada sub Sektor Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Kewirausahaan. Vol.3, No.2.

Sunyoto, Danang. 2013. Metodologi Penelitian Akuntansi. PT. RefikaAditama Anggota IKAPI: Bandung.

Unduhan

Diterbitkan

2020-07-01

Terbitan

Bagian

Artikel