PENGARUH STRUKTUR MODAL, RASIO AKTIVITAS, DAN RASIO HUTANG TERHADAP PROFITABILITAS PADA SEKTOR ANEKA INDUSTRI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014 – 2018

Penulis

  • Wahyudi Irwan Setiady Unisla

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh struktur modal, rasio aktivitas, dan rasio hutang terhadap profitabilitas yang menggunakan profitabilitas (Return On Asset) pada perusahaan Aneka Industri di Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusaaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada sektor aneka industri dan yang menerbitkan laporan keuangan secara berturut-turut pada tahun 2015 – 2018. Sampel penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling dan jumlah sampel yang yakni sebanyak 19 perusahaan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah studi pustaka dan akses internet. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi berganda.

Hasil penelitian ini menujukkan bahwa variabel independen dalam penelitian ini yaitu struktur modal, rasio aktivitas, dan rasio hutang secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependen yakni profitabilitas Return On Asset (ROA). Secara parsial, variabel struktu modal berpengaruh berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA. Sedangkan variabel rasio aktivitas dan rasio hutang tidak berpengaruh signifikan terhadap ROApada perusahaan sektor aneka indutri di Bursa Efek Indonesia periode 2015 – 2018.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Elke, dan Leny. 2019. Pengaruh Biaya Produksi, Debt to equity ratio, dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas. Jurnal Aset (Akuntansi Riset), Volume 11, Nomor 1.

Fahmi, Irham. 2015. Pengantar Manajemen Keuanagan Teori dan Soal Jawab. Alfabeta, Bandung.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 21. Universitas Diponegoro, Semarang.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 2. Edisi 9. Unversitas Diponegoro, Semarang.

Halim, Abdul. 2015. Auditing (Dasar-dasar Audit Laporan Keuangan ).Jilid 1. Edisi Kelima. UPP STIM YKPN, Jogjakarta.

Hanny dan Syukri. 2019. Pengaruh Rasio Aktivitas Terhadap Profitabilitas. Jurnal Ilmiah Akuntansi, Volume 03, Nomor 02.

Harahap, Sofyan Syafri. 2015. Analisis Kritis Laporan Keuangan. Edisi 1-10. Rajawali Pers, Jakarta.

Hery. 2016. Analisis Laporan Keuangan (Integrated and Comprehensive Edition). PT Grasindo, Jakarta.

I Dewa Gd Gina Sanjaya, I Md. Surya Negara Sudirman, dan M. Rusmala Dewi, 2015.Pengaruh Likuiditas dan Aktivitas terhadap Profitabilitas.E- Jurnal Manajemen Unud, Volume0 4, Nomor 08.

Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Kurniasih, Wulan , dan Ahmad. 2015. Pengaruh Struktur Modal terhadap Profitabilitas.Junal Akuntansi, Volume 02, Nomor 01.

M. Basri. 2016. Pengaruh Receivalbel Turn over dan To Asset Ratio (DAR) terhadap Return on Asset (ROA). Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, Volume 17, Nomor 02.

Pontoring Marusya dan Mariam Mangantar, 2016.Pengaruh struktur modal terhadap profitabilitas.Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Volume 16, Nomor 03.

Reza. 2019. Pengaruh Struktur Modal, Aktivitas dan Modal Kerja terhadap Profitabilitas. Jurnal Financial, Volume 05, Nomor 01.

Riska, Sri. 2018. Pengaruh Perputaran Persediaan dan Rasio Hutang terhadap Profitabilitas.Jurnale-proceeding of Management, Volume 05, Nomor 02.

Rivai ,et al. 2013. Commercial Bank Management Manajemen Perbankan Dari Teori Ke Praktik. Rajawali Pers, Jakarta.

Sugiyono. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung

Suwandi, Jenny, Syakina, Munawarah dan Siti. 2019. Pengaruh Rasio Aktivitas, Solvabilitas dan Likuiditas terhadap Profitabilitas. Journal of education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), Volume 01, Nomor 03.

www.cnbcindonesia.com.

www.idx.co.id

Unduhan

Diterbitkan

2020-07-01

Terbitan

Bagian

Artikel