PENGARUH EPS, PER DAN ROE TERHADAP HARGA SAHAM (IMPACT OF EPS, PER AND ROE TO STOCK PRICE)

Penulis

  • Wahyu Indah Lestari Unisla

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER) Dan Return On Equity (ROE) terhadap Harga Saham perusahaan sektor property & real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2016 sampai 2018.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor property & real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2016 sampai 2018. Metode yang digunakan adalah Purposive Sampling. Terdapat 20 perusahaan yang termasuk dalam kriteria penelitian ini.Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada variabel Earning Per Share (EPS) berpengaruh positif terhadap Harga saham, Price Earning Ratio (PER) berpengaruh positif terhadap Harga saham dan Return On Equity (ROE) berpengaruh positif terhadap Harga saham.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Adrian Sutedi, Pasar Modal Mengenal Nasabah Sebagai Pencegahan Pencucian Uang, Alfabeta, Bandung, 2013.

Aletheari, jati. 2016. Pengaruh Earing Per Share, Price Earning Ratio, dan Book Value Per Share Pada Harga Saham Perusahaan Sektor Properti yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2014. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol XVII; 2.

Antareka, Lena. 2016. Pengaruh Current Ratio (CR), Return On Asset (ROA), Earning Per Share (EPS), dan Net Profit Margin (NPM), Terhadap Harga Saham Perusahaan Real Estate dan Property yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2010-2014. Skripsi. Surakarta: Program Strata 1 Manajemen Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Azis, Musdalifah, dkk. 2015. Manajemen Investasi: Fundamental, Teknikal, Perilaku Investor dan Return Saham. Yogyakarta: Deepublish.

Faida, Riska. 2017. Pengaruh Earning Per Share, Return On Equity, Debt To Equity Ratio dan Current Rasio Terhadap Harga Saham dengan Price Earning Ratio sebagai Variabel Moderating pada perusahaan LQ-45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Universitas Nusantara PGRI Kediri. Vol I; 10.

Fahmi, Irham. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan ke-5. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2016.Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII.Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Irwandi, Maulana. 2014. Pengaruh Dividend Per Share dan Earning Per Share terhadap harga saham industri manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Politeknik Sekayu, Vol I;1.

Kasmir. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan ke-8. Jakarta: Rajawali Pers.

Pande Widya Rahmadewi. 2018. Pengaruh eps, per, cr, dan roe terhadap harga saham di bursa efek indonesia, Jurnal Manajemen Unud. Vol VII; 4.

Rheza Dewangga Nugraha . 2015. Analisis pengaruh dpr, der, roe, dan tato Terhadap harga saham (studi kasus pada perusahaan industri dasar dan kimia yang Terdaftar di bei periode 2010-2014). Jurnal Akuntansi. Universitas Diponegoro .Vol V; 4.

Riyanto, Uka Wikarya. 2018. Statistika Ekonomi dan Bisnis. Jakarta: Mitra Wacana Pedia.

Samsul, M. 2015. Pasar Modal dan Manajemen Portofolio. Erlangga, Jakarta.

Sartono, R Agus. 2008. Manajemen Keuangan (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta : BPFE

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :Alfabeta.

Sunariyah, Pengantar Pengetahuan Pasar Modal (Jakarta : Unit Penernit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN,2011).

Syahyunan. (2015). Manajemen Keuangan. Medan: USU Press.

Syamsuddin, Lukman. 2009. Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Yumia, Martisa Nabilah, Khairunnisa. 2015. Pengaruh Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS), dan Price Earning Ratio (PER) Terhadap Harga Saham (studi kasus pada perusahaan pertambangan logam dan mineral yang Terdaftar di BEI periode 2010-2014).Jurnal Proceeding of Management. Vol III; 3.

Unduhan

Diterbitkan

2020-07-01

Terbitan

Bagian

Artikel