PENGARUH PENJUALAN, BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA PEMASARAN TERHADAP LABA PERUSAHAAN (PADA PT. BINA MEGAH INDOWOOD GRESIK TAHUN 2015-2018)

Penulis

  • Zeni Imroatin Silvia Unisla

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan varibel penjualan, biaya produksi, biaya pemasaran terhadap laba perusahaan pada PT. Bina Megah Indowood Gresik Tahun 2015-2018. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yaitu penelitian dengan cara eksperimen dan survei dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 48 laporan bulanan, dengan menggunakan uji normalitas, multikolonearitas, heteroskedastisitas dan autokorelasi, uji hipotesis yaitu ujit t, uji f, uji koefesien determinasi (R2) dengan SPSS versi 24.

Dari hasil pengujian uji t dapat diketahui bahwa (X1) Penjualan diperoleh dengan nilai signifikan yaitu 0,000 lebih kecil dari 0,05 menunjukkan bahwa Penjualan berpengaruh signifikan terhadap Laba Perusahaan, (X2) Biaya Produksi diperoleh dengan nilai 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang berarti Biaya produksi berpengaruh signifikan terhadap Laba perusahaan, (X3) Biaya pemasaran diperoleh dengan nilai signifikansi sebesar 0,165 lebih besar dari 0,05 yang berarti Biaya pemasaran tidak berpengaruh signifikan terhadap Laba perusahaan, sedangkan dari hasil pengujian uji F diketahui bahwa penjualan, biaya produksi dan biaya pemasaran berpengaruh terhadap laba perusahaan secara bersama-sama atau simultan.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Arga Putra, Yonnade. 2014. Analisis Pengaruh Biaya Produksi dan Penjualan Terhadap Laba Perusahaan. Skripsi. Surakarata: Program Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Biaya Distribusi Terhadap Laba Perusahaan Dengan Volume Penjualan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Pada Cv. Citra Sari Makassar). Skripsi. Makassar: Program Sarjana UIN Alauddin Makassar.

Cipta, Wayan. 2016. Pengaruh Penjualan dan Modal Sendiri Terhadap Laba Pada UD Aneka Jaya Motor Sendiri Di Singaraja.Jurnal Manajemen Vo 4 No 3

Fajria, Noviza. 2017. Perhitungan Harga Pokok Produksi dengan Metode Full Costing pada Musi Ii Aluminium Palembang. Skripsi. Palembang: Progra Sarjana Universitas Negeri Sriwijaya Palembang.

Harahap, Baru. 2019. Pengaruh Biaya Produksi Dan Harga Jual Terhadap Laba Penjualan Pada Pt.Shimano Batam. Jurnal Akuntansi Barelang Vol 3 No 2.

Hasmoro, Andri Kusumo Broto. Rusbiyanti Sripeni, dan Retno Windu Permatasari. 2018. Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Administrasi Umum, dan Biaya Pemasaran Terhadap Laba Pada Perusahaan Food and Beverages Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi. Volume 7 Nomor 2.

Januarsah, Irpan. 2019. Pengaruh Biaya Produksi Dan Biaya Pemasaran TerhadapLaba Perusahaan Pada Pt. PP London Sumatera Indonesia,Tbk Yang Terdaftar Di Bursam Efek Indonesia. Jurnal Financial Vol 5 no 1.

Maulana, Irvak. 2016. Pengaruh Biaya Produksi, Biaya pemasaran dan Gaji Karyawan Terhadap Hasil Penjualan (studi kasus di katering warga sendiri kota Semarang). Skripsi. Semarang: Program Sarjana UIN Semarang.

Mulyadi. 2015. Akuntansi Biaya Edisi 5. UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

Mulyana, Asep. 2018. Pengaruh Penjualan Dan Biaya Produksi Terhadap Laba Usaha Pada Pt.Mayora Indah, Tbk tahun 2009-2015. Jurnal Indonesia Membangun Vol 17 No 2.

Prihandoko, Wisnu. 2016. Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Penjualan Terhadap Laba (studi kasus pada industri tahu di kecamatan bantul). Skripsi. Yogyakarta: Program Sarjana Universitas PGRI Yogyakarta.

Puji, Indra Laksana. 2016. Pengaruh Biaya Produksi, Harga jual, Dan Pelayanan Terhadap Laba Industri Genteng Di Desa Kedungwinangun Kecamatan Klirong Kabpatenu Kebumen. Skripsi. Purworejo: Program Sarjana Universitas Muhammadiyah Purworejo .

Putranto, Agus. 2017. Analisis Pengaruh Biaya Produksi Dan Penjualan Terhadap Laba Perusahaan (Studi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kecamatan Wonosobo Kabupaten wonosobo). Jurnal PPKM III.

Rahmanita, Maulidina. 2017. Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Produksi Terhadap Laba Bersih Dengan Volume Penjualan Sebagai Variabel Intervening. Skripsi. Surakarta: Program Sarjana IAIN Surakarta.

Sayyida. 2017. Pengaruh Biaya Produksi Terhadap Laba perusahaan. Jurnal Performance Vol 4 No 1

Sugiono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung.

Susilawati, Endang. Asep Mulyana. 2018. Pengaruh Penjualan Dan Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih Pt Indocement Tunggal Prakarsa (persero) Tbk Periode 2010-2017. Jurnal Saintifik Manajemen dan Akuntansi Vol 01 No 02.

Syukriadi, Muhammad. 2016. Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, Dan

Zahaa1, Ani. Rachma Zannati. 2018. Pengaruh Total Hutang, Modal kerja, DanPenjualan Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Sub Sektor Batu Bara Terdaftar Di BEI. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 3 No 2.

Unduhan

Diterbitkan

2020-07-01

Terbitan

Bagian

Artikel