PENGARUH RELIABILITY LAYANAN DALAM PENJAMINAN KETEPATAN WAKTU FASTER BETTER TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. ENVILAB INDONESIA

Penulis

  • Muhammad kharis junaidi universitas islam lamongan

Abstrak

Persaingan bisnis akan selamanya berlangsung, termasuk perusahaan yang bergerak di bidang jasa PT.Envilab indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel bebas tersebut mempengaruhi secara parsial maupun simultan terhadap variabel terikat dan untuk yang digunakan dalam penarikan sampel yaitu berdasarkan teknik sampling jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Setelah itu dilakukan analisis data kuantitatif uji validitas, uji reliabilitas,uji asumsi klasik regresi linier berganda, korelasi berganda, uji t, dan uji F dengan hasil tiap variabel dinyatakan valid dan reliable.Dari hasil uji t diperoleh t hitung variabel Ketepatan waktu X1 (3,579) ≥ t tabel (1,984) Sehingga dapat ditarik variabel Ketepatan waktu X1 mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen PT.Envilab Indonesia serta diperoleh t hitung variabel Keahlian X2 (2,269) < t tabel (1,984), t hitung Variabel Performance (3,860) < t tabel (1,984) sehingga dapat ditarik kesimpulan ada pengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen Y pada PT. Envilab Indonesia. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi peningkatan kepuasan konsumen

Referensi

Philip Kotler, Kelvin Keller, 2016. Manajemen Pemasaran : Jakarta Erlangga.

Tjiptono, 2016. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan : Surabaya Salemba.

Setiawan F.D. 2018. Manajemen Pemeliharaan Mesin : Yogyakarta Media Pressindo.

Daryus A. 2013. Maintenance dan Pheriperall Mesin : Jakarta Grasindo

Joko Susetyo. 2012. Teknik Penjadwalan Produksi : Yogyakarta Gajah Mada University press.

Prof. DR. Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Bisnis : Bandung Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan : Jakarta PT. Rineka Cipta

Agus Ahyari, 2010. Management Produksi : Yogyakarta BPFE Universitas Gajah Mada.

Prof. Dr. Imam Ghozali, M.Com, Akt, 2013. Desain Penelitian Eksperimental Teori Konsep dan Analisis Data : Semarang Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Dimitriadis, Sergios. 2016. Testing Perceived Relational Benefits As Satisfaction And Behavioral Outcomes Drivers. International Journal of Bank Marketing, Vol. 28, No. 4, pp. 297-313.

Djunaidi. 2016. Statistik Inferensial. Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang Cetakan Pertama. Semarang

Su L., Hsu M.K., Swanson S. (2017), The effect of tourist relationship perception on destination loyalty at a world heritage site in China: The mediating role of overall destination satisfaction and trust, “Journal of Hospitality & Tourism Researchâ€, No. 41(2).

Sugiyono. 2017. Metode Peneitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan Kedua puluh. Bandung: CV. Alfabeta.

Zheithaml, Valerie A., Mary Jo Bitner, and Dwyne D. Gremler. 2016. Service Marketing-Integrating Customer Focus Across The Firm. 4th Edition. New York: McGraw Hill.

Wismantoro, Yohan.2016. Pengaruh self service technology (isst) terhadap kepuasan dan loyalitas : dengan mediasi Relational benefits. International Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis (JPEB), Vol. 60 – 69.

Ghozali. 2015. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Kedua. Penerbit Alfabeta Bandung .

Unduhan

Diterbitkan

2020-09-01

Terbitan

Bagian

Artikel