PENGARUH KOMPENSASI FINANSIAL DAN NON FINANSIAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA CV. SAHABAT TANI TIMUR LAMONGAN

Penulis

  • Intan Dwi Novitasari Unisla

Abstrak

Sumber daya manusia sangat penting bagi perusahaan dalam mengelola dan mengatur kinerja perusahaan, salah satunya dapat dilihat dari pemberian kompensasi. Dalam praktiknya manajemen CV. Sahabat Tani Timur Lamongan menerapkan pemberian kompensasi finansial dan non finansial kepada seluruh karyawan guna meningkatkan kinerja karyawan, produktivitas kerja, loyalitas, disiplin dan tanggung jawab karyawan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi finansial dan kompensasi non finansial terhadap kinerja karyawan CV. Sahabat Tani Timur Lamongan. Selain itu untuk menguji kelayakan uji regresi pengaruh variabel kompensasi finansial dan kompensasi non finansial terhadap kinerja karyawan secara simultan pada karyawan CV. Sahabat Tani Timur Lamongan.

Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan CV. Sahabat Tani Timur Lamongan. Dengan 100 responden yang didapat dari perhitungan rumus slovin. Data penelitian dikumpulkan melalui metode wawancara, dokumentasi  dan observasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Menggunakan teknik simple random sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji t, uji F. Dari analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 5,391 + 0,595 X1 + 0,510 X2 + e. Hasil uji t Uji parsial telah dilakukan dan dihasilkan thitung lebih besar daripada ttabel (X1 = 3,817>1,985. X2 = 3,612>1,985.). Sehingga dapat diketahui bahwa kompensasi finansial dan kompensasi non finansial terdapat pengaruh parsial terhadap kinerja karyawan. Dan uji simultan telah dilakukan, dihasilkan Fhitung lebih besar daripada Fabel (28, 607>1,39). Sehingga dapat diketahui  bahwa kompensasi finansial dan kompensasi non finansial mempunyai pengaruh simultan terhadap kinerja karyawan.

Hasil pengelolaan data dalam penelitian ini dapat ditarik kesimpulan yaitu variabel kompensasi finansial (X1) dan kompensasi non finansial (X2), masing-masing keduanya berpengaruh secara parsial terhadap kinerja karyawan (Y). Juga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Variabel bebas yang lebih dominan dalam mempengaruhi kinerja karyawan adalah kompensasi finansial.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Afrianto, Mukhlas. 2017. Pengaruh Kompensasi Finansial dan Nonfinansial terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada PT. Jaya Diri Katering Jakarta dan Makassar). Skripsi. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Amrullah, Asriyanti. 2016. Pengaruh Kompensasi Finansial dan Non Finansial terhadap Kinerja Karyawan: Studi pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Wilayah Makassar. Jurnal Administrasi Bisnis. Volume 35. Nomor 2; 53-59.

Ariska, Deni. 2018. Penaruh motivasi, disiplin kerja dan keselamatan kerja terhadap kinerja karyawan: Studi pada PT. Arumbai Kasembadan Banyumas. Jurnal Ekonomi dan Riset Manajemen. Volume 5. Nomor 1; 6-22.

Dj, Yunni Rusmawati. 2016. Pengaruh Motivasi, Komunikasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan: Studi Kasus pada PT. Andalan Pasific Samudra di Surabaya. Jurnal EKBIS. Volume XV. Nomor 1; 749-764.

Dj, Yunni Rusmawati. dan Safa’atillah, Nurus. 2017. Pengaruh Disiplin Kerja dan Pelatihan Broadbrand Learning Center (BLC) terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil: Studi Kasus di Wilayah Kecamatan Benowo Kota Surabaya. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi. Volume II. Nomor 2; 491-501.

Kasmir, 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

M, Kadarisman. 2016. Manajemen Kompensasi. Jakarta : Rajawali Pers.

Marliani, Mita D. dkk. 2016. Pengaruh Kompensasi Finansial Langsung, Kompensasi Finansial Tidak Langsung dan Kompensasi Nonfinansial terhadap Kinerja Karyawan: Studi pada PT. Telkom Manado. Jurnal EMBA. Volume 4. Nomor 4; 1108-1117.

Nabiila, Nadaa. 2017. Pengaruh Kompensasi Finansial dan Kompensasi Nonfinansial terhadap Kinerja Karyawan pada PT.PLN (Persero) Distribusi Lampung. Skripsi. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Priansa, D. J. (2016). Perencanaan & pengembangan SDM. Bandung : Alfabeta.

Sembel, Sinta Santi. dkk. 2018. Pengaruh Kompensasi Finansial dan Kompensasi Nonfinansial terhadap Motivasi Kerja Karyawan: Studi pada PT. Bank Mandiri (Persero) Area Manado. Jurnal EMBA. Volume 6. Nomor 4; 3108-3117.

Sudaryo, Yoyo. dkk. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia Kompensasi Tidak Langsung dan Lingkungan Kerja Fisik. Bandung : Penerbit Andi.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sulhi, Irham Rif’an. 2017. Pengaruh Kompensasi Finansial dan Nonfinansial terhadap Kinerja Karyawan Rumah Sakit Mata DR YAP Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Yusman, Yunny. 2017. Pengaruh Kompensasi Finansial dan Nonfinansial terhadap Kinerja Karyawan. Skripsi. Palembang:

Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

Unduhan

Diterbitkan

2020-11-01

Terbitan

Bagian

Artikel