RENCANA PEMBANGUNAN DAN PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DALAM PENGUATAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA SIDOBINANGUN

Penulis

  • Muhammad Syariful Anam universitas islam lamongan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembangunan dan pengelolaan badan usaha milik desa (BUMDes) dalam penguatan ekonomi masyarakat di desa Sidobinangun metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi perpustakaan dan internet. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan (lingkungan internal) serta peluang dan ancaman (lingkungan eksternal) serta merumuskan strategi pembangunan dan pengelolaan BUMDes yang tepat melalui analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities dan Threath) pada desa Sidobinangun. Dari hasil penelitian di simpulkan strategi yang tepat yang dapat digunakan oleh BUMDes desa sudobinangun adalah strategi S-O (Mendukung strategi agresif) dengan menggabungkan kekuatan dan peluang.

Referensi

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Pendirian dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa. Pusat Kajian Dinamika Sistem Pembangunan (PKDSP). Fakultas Ekonomi. Universitas Brawijaya.

Kessa, Wahyudin. 2015. Perencanaan Pembangunan Desa. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Putra, Surya Anom. 2015. Badan Usaha Milik Desa: Spirit Usaha Kolektif Desa. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Rangkuti, Freddy. 2015. Personal SWOT Analysis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Cetakan ke-26. Alfabeta. Bandung

Wijanarko, Agung Septiawan. 2012. Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalam Pemberdayaan Masyarakat di Desa Pandan Krajan Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto (Skripsi). Surabaya: Universitas Pembangunan Nasional “Veteranâ€.

Unduhan

Diterbitkan

2020-09-01

Terbitan

Bagian

Artikel