ANALISIS EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN KARYAWAN PADA KSU KENCANA MAKMUR

Penulis

  • Lani Kurniawati

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem penggajian karyawan yang diterapkan pada KSU Kencana Makmur Sugihan dan untuk mengetahui efektivitas sistem penggajian karyawan di KSU Kencana makmur Sugihan. penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data penulis menggunakan alat pengumpulan data berupa wawancara, dan studi pustakaan. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder.

 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem informasi akuntansi penggajian yang diterapkan belum efektif. Hal ini dibuktikan dengan adanya evaluasi bahwa tidak adanya kartu harga pokok produk, kartu biaya, kartu penghasilan karyawan dalam pencatatan akuntansinya. Efektivitas sistem informasi akuntansi penggajian karyawan belum sepenuhnya efektif. Hal ini dapat dibuktikan bahwa tidak terdapatnya fungsi dalam koperasi yang bertanggung jawab untuk pengawasan khusus dibagian absensi dikarenakan absensi menggunakan (fingerprint).

Referensi

Agatha, C. K dan Mulyadi. 2018. Analisis Sistem Infromasi Akuntansi Atas Penggajian Dan Pengupahan Pada PT. Batik Arjuna Cemerlang Sukoharjo. Jurnal Skripsi. Vol. 5 No 2, Hal. 7-19.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta, Jakarta.

Baridwan, Zaki. 2013. Sistem Informasi Akuntansi, BPFE, Yogyakarta.

Bodnar, G. H. dan William, S. H. 2014. Sistem Informasi Akuntansi. Andi, Yogyakarta.

Faishol, Ahmad. 2017. Analisis Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi Penggajian Karyawan Pada CV. Gunung Dono Putra. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi. Vol. 2 No 1, Hal. 281-291.

Fibriyanti, Y. V. 2017. Analisis Informasi Akuntansi Penggajian Dalam Rangka Efektivitas Pengendalian Internal Perusahaan (Studi Kasus pada PT. Populer Sarana Medika, Surabaya). Jurnal Skripsi. Vol. 2 No. 1, Hal. 371-384.

Intishar, A. Y dan Muanas. 2018. Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Penggajian Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Penggajian. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan. Vol. 6 No. 2.

Jermias, Randy Richi Wuaya. 2016. Analisis Sistem Infromasi Akuntansi Gaji dan Upah pada PT. Bank Sinarmas Tbk. Manado. Jurnal EMBA. Vol. 4 No. 2 Juni 2016, Hal. 814-827.

Langi, Brenda., David P.E.S dan Natalia, Y.T.G. 2019. Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penggajian Dan Pengupahan Dalam Upaya Pengendalian Internal Pada PT. Gemilang Emas Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi. Vol. 14 No. 1, Hal. 148-153.

Mulyadi. 2016. Sistem Akuntansi. Salemba Empat, Jakarta.

Prasetya, A., Moch.Dzulkirom, A.R dan Zahro, Z.A. 2017. Analisis Sistem Akuntansi Penggajian dan Pengupahan Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Pengendalian Intern (Studi kasus pada PT Selecta Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 43 No. 1, Hal. 203-212.

Pratama, R.P., Moch.Dzulkirom, A.R dan Zahro, Z.A. (2016). Analisis Sistem Akuntansi Penggajian Dalam Rangka Meningkatkan Pengendalian Intern (Studi Pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 31, No. 1, Hal. 118-123.

Qudus, Iradatul., Muhammad, S. dan Maria. 2015. Analisis Sistem Akuntansi Penggajian Dan Pengupahan Dalam Upaya Mendukung Pengendalian Intern (Studi pada PT. SUN STAR MOTOR Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 25 No. 2 Agustus 2015.

Ravianto, J. 2014. Produktivitas dan Pengukuran. Binaman Aksara, Jakarta.

Setiawan, Ade dan Helti, N.A. 2019. Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penggajian di Industri Mebel ABC. Jurnal Akuntansi Volume 3 No.1, Hal. 47-57.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Unduhan

Diterbitkan

2020-09-01

Terbitan

Bagian

Artikel