ANALISIS BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN PELAYANAN KONSUMEN PADA BUTIK MODISA LAMONGAN
Abstract
Setiap perusahaan selalu berusaha untuk dapat bertahan hidup, berkembang dan mampu bersaing. Maka setiap perusahaan selalu menetapkam dan menerapkan strategi dan cara pelaksanaan kegiatan pemasarannya. Kegiatan pemasaran yang dilakukan, diarahkan untuk dapat mencapai sasaran perusahaan yang dapat berupa tingkat laba yang diperoleh perusahaan dalam jangka panjang. Kebijakan pemasaran tentunya sejalan dengan konsep pemasaran yang menekankan pemberian pelayanan yang memuaskan pada konsumen.
Dalam penelitian ini permasalahan yang dihadapi dalam proses penelitian dapat dirumuskan Apakah bauran pemasaran (product, price, place, promotion) berpengaruh secara parsial, secara simultan, dan secara dominan terhadap kepuasan pelayanan konsumen pada Butik Modisa Lamongan.
Hasil uji validitas seluruh item pertanyaan variabel dinyatakan valid dengan nilai korelasi > 0,1966. Hasil uji reliabilitas seluruh item pertanyaan variabel dinyatakan reliabel karena nilai Cronbach’s Alpha > 0,70 (standart reliabel). Hasil uji asumsi klasik terbagi menjadi 3 yaitu (uji normalitas) seluruh item variabel menunjukkan hasil sebesar 0,361 sehingga dinyatakan distribusi normal, (uji multikolonieritas) nilai VIF seluruh variabel < 10 maka disimpulkan tidak terjadi gejala multikolonieritas dalam model regresi, (uji heteroskedastisitas) seluruh item variabel menunjukkan hasil > 0,05 dapat disimpulkan bahwa tidak terjadi masalah heteroskedastisitas.
Hasil analisis regresi linier berganda didapatkan persamaan Y = - 2,987 + 0,281X1 + 0,325X2 + 0,248X3 + 0,326X4 +0,651 yang artinya semua variabel independent berpengaruh positif terhadap variabel dependent. Hasil analisis korelasi berganda memiliki nilai korelasi (R) sangat kuat sebesar 0,949 disimpulkan bahwa variabelnya berkolerasi. Hasil analisis koefisien determinasi semua item variabel diperoleh sebesar 0,897 (89%). Hasil uji T semua item variabel diperoleh nilai thitung > ttabel (1,985) dapat disimpulkan bahwa semua variabel berpengaruh signifikan terhadap variabel Y. Hasil uji F semua item variabel diperoleh Fhitung sebesar 215,439 > Ftabel 2,47 dengan nilai Sig. Sebesar 0,000 maka disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan.
Kesimpulan dari hasil uji T diperoleh nilai thitungpada semua variabel independent disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan terhadap dependent. Dari hasil uji F diperoleh nilai yang signifikan dan dapat disimpulkan bahwa variabel independent berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependent. Dari hasil uji regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = - 2,987 + 0,281X1 + 0,325X2 + 0,248X3 + 0,326X4 +0,651 sehingga disimpulkan bahwa variabel yang paling dominan dalam mendorong konsumen untuk meningkatkan Kepuasan Pelayanan Konsumen adalah X4 (promotion) sebesar 0,326.References
DAFTAR PUSTAKA
Amirullah. 2015. Pengantar Manajamen, Fungsi-Proses-Pengendalian. Mitra Wacana Media. Jakarta.
Anggraeni, Tri Novia. 2018. Pengaruh Marketing Mix dan Kualitas Pelayanan guna Meningkatkan Volume Penjualan. Skripsi. Universitas Islam Lamongan. Lamongan.
Assauri, Sofjan. 2017. Manajemen Pemasaran. Dasar, Konsep dan Strategi. Ed. 1. Rajawali Pers. Jakarta.
Dj, Yunni Rusmawati. 2016. Pengaruh Motivasi, Komunikasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan : Studi Kasus pada PT. Andalan Pasific Samudra di Surabaya. Jurnal EKBIS. Volume XV. Nomor 1; 749-764.
Farida. 2019. Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Konsumen Produk Pangan Organik. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Fakultas Ekonomi UNIAT. Volume 4. Nomor 5 : 295-306.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Karji. 2018. Analisis Strategi Pemasaran ( Marketing Mix ) dalam Rangka Meningkatkan Volume Penjualan Produk. Skripsi. Universitas Islam Lamongan. Lamongan.
Muliadi, Arief. 2013. Manajemen Pemasaran. Ekonomi Rabbani. (http://ariefmuliadi30.blogspot.com/2013/04/manajemen-pemasaran-strategi-produk_7852), diakses 18 November 2019.
Putri, Aggraeni. 2018. Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan Alfamart di Kelurahan Srondol Wetan Semarang. Jurnal Majalah Ilmiah Inspiratif. Volume 3. Nomor 5 : 3-4.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Tjiptono, Fandy dan Diana, Anatasia. Pemasaran, 2016. Pemasaran, Esensi & Aplikasi. Ed. 1. Andi. Yogyakarta.
Triyanto, Bayu. 2014. Analisis Pengaruh Produk, Harga, Tempat dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Wandy, Jonathan dan Dharmayanti, Diah. 2014. Analisa Pengaruh Marketing Mix terhadap Minat Beli Konsumen akan Produk Mie Lopo Timor melalui Motivasi Sebagai Variable Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Volume 2. Nomor 1 : 1-12.