PENGARUH TINGKAT PERPUTARAN KAS DAN JUMLAH KREDIT TERHADAP PROFITABILITAS PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH MAWAR PERIODE 2012-2018 (THE EFFECT OF CASH TURNOVER AND TOTAL CREDIT TO PROFITABILITY)

Penulis

  • Lutfiatur Rohmah Unisla

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tingkat perputaran kas dan jumlah kredit tehadap profitabilitas. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Populasi yang diambil adalah data-data koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah Mawar yang diperoleh dari laporan keuangan. Sampel dalam penelitian ini adalah data laporan keuangan tahun 2012-2018. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistika deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel tingkat perputaran kas (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (Y) dan variabel jumlah kredit (X2)  secara parsial tidak berpengaruh  terhadap profitabilitas (Y). Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel tingkat perputaran kas (X1) dan jumlah kredit (X2) berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (Y) .

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Andini, A.M.P., Anik, Y. dan Made, S. 2019. Pengaruh Pertumbuhan Tabungan, Deposito, Kecukupan Modal dan Kredit terhadap Profitabilitas pada Bank Perkreditan Rakyat Se-Kabupaten Badung. Jurnal Sains, Akuntansi dan Manajemen. Volume 1, No. 3; 283-316.

Andriani, N.L.Y., Putu, J. dan Anantawikrama, T. A. 2017. Pengaruh Pertumbuhan Jumlah Nasabah, Tingkat Perputaran Kas dan Jumlah Kredit Bermasalah terhadap Profitabilitas Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Kabupaten Buleleng. E-Journal S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha.Volume 8, No. 2.

Betariatisna, Anom. 2019. Pengaruh Tingkat Perputaran Kas, Efektifitas Pengelolaan Hutang dan Tingkat Kredit yang disalurkan terhadap Profitabilitas Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kabupaten Tabanan. Jurnal Sains, Akuntansi dan Manajemen. Volume 1, No. 3; 241-282.

Dewi, N.K.O.K., Anantawikrama, T.A. dan Nyoman, T.H. 2017. Pengaruh Jumlah Kredit, Tingkat Suku Bunga Kredit dan Jumlah Debitur terhadap Profitabilitas Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di Kecamatan Sawan. E-Jurnal SI Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 8, No. 1.

Erawati, I.A.K.F. dan Dewa, N.B. 2015. Pengaruh Jumlah Kredit, Tabungan, Deposito dan Pengalaman Badan Pengawas pada Profitabilitas. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Volume 11, No. 2; 320-326.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multifariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Makaomboe, Y.N., Ventje, I. dan Harijanto, S. 2014. Rasio Likuiditas dan Jumlah Kredit terhadap Profitabilitas Perbankan di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Emba. Volume 2, No. 1; 616-626.

Meithasari, Rio. 2017. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profitabilitas. Skripsi. Yogyakarta : Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurmawardi, F. dan Iman, L. 2019. Pengaruh Perputaran Kas dan Perputaran Piutang terhadap Profitabilitas PT. Indofood Sukses Makmur TBK. Jurnal Madani. Volume 2, No. 1 ; 103-112.

Rahayuningsih, N.N.T., Edy, S. dan Gusti, A.P. 2015. Pengaruh Jumlah Kredit, Jumlah Simpanan Nasabah, Tingkat Suku Bunga Kredit TerhadapPendapatan Lembaga Perkreditan Desa (LPD)di Kecamatan Sawan. E-Jurnal S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3, No. 1.

Sedana, K.A., Gusti, A.P. dan Made, A.W. 2017. Analisis Tingkat Perputaran Kas, Jumlah Kredit, Jumlah Simpanan, Jumlah Nasabah, Jumlah Tenaga Kerja, dan Jumlah NPL terhadap Profitabilitas pada PT. BPR Nusamba Kubutambahan. E-Jurnal S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 8, No. 2.

Unduhan

Diterbitkan

2020-11-01

Terbitan

Bagian

Artikel