PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) SEBAGAI TOLAK UKUR PENILAIAN KINERJA KARYAWAN PADA PERUMDA BPR BANK DAERAH LAMONGAN

Penulis

  • Zahrotul Ithriyah Universitas Islam Lamongan

Kata Kunci:

TQM, kinerja karyawan

Abstrak

Total Quality Management berpengaruh secara parsial terhadap kinerja karyawan pada PERUMDA BPR Bank Daerah Lamongan. Untuk mengetahui Total Quality Management berpengaruh secara simultan terhadap kinerja karyawan pada PERUMDA BPR Bank Daerah Lamongan. Untuk mengetahui diantara variabel Total Quality Management yang paling berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada PERUMDA BPR Bank Daerah Lamongan.

Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y= 0,191+0,275X1+0,245X2+0,232X3+0,416X4+0,503X5. Hasil analisis secara parsial menggunakan uji t diperoleh t hitung variabel kerjasama tim  X5  adalah 3,244. Variabel perbaikan sistem berkesinambungan X2 adalah 3,117. Variabel pendidikan dan pelatihan X3 adalah 2,129. Kesatuan tujuan X5 adalah 3,585 dengan tarif 5% t tabel 1,998. TQM secara positif berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis keterlibatan dan pemberdayaan karyawan yang menunjukan nilai t hitung sebesar 4,461 dengan taraf 5% t tabel 1,998. Hasil perhitungan dari uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 268,738 sedangkan F tabel sebesar 2,36. Hasil nilai R square + 0,955 artinya Total Quality Management mempengaruhi kinerja karyawan sebesar 95,5% sedangkan sisanya 4,5% dipengaruhi oleh variabel diluar seperti budaya kerja, fokus pada pelanggan dan komitmen jangka panjang.

Variabel Total Quality Management (kerjasama tim, perbaikan sistem berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan, kesatuan tujuan dan keterlibatan dan pemberdayaan karyawan) berpengaruh secara parsial terhadap kinerja karyawan. TQM (kerjasama tim, perbaikan sistem berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan, kesatuan tujuan dan keterlibatan dan pemberdayaan karyawan) berpengaruh secara simultan terhadap kinerja karyawan. Variabel keterlibatan dan pemberdayaan karyawan merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada PERUMDA BPR Bank Daerah Lamongan

Referensi

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23, (edisi 8). Cetakan ke Dua. Badan Penerbit Universitas Dipongoro.Semaarang

Rismawanti, Erni. 2016. Penerapan Total Quality Management (TQM) Dalam Meningkatkan Laba PT. Joyfull Bakery Makassar. Jurnal Economix. 4(1), 35-42.

Sallis, Edward. 2011. Total Quality Management in Education. Jogjakarta: Ircisod

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantittatif, Kualitataif dan R&D, Cetakan ke Empat Belas. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantittatif, Kualitataif dan R&D, Cetakan ke Dua puluh. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantittatif, Kualitataif dan R&D, Cetakan ke Empat Puluh Satu. Alfabeta, Bandung.

Tanady, H. 2017. Manajemen Sumber daya manusia. Yogyakarta : expert

Tjiptono fany dan Anastasia Diana, 2003 Total Quality Management. Penerbit Andi Yogyakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2021-11-15

Terbitan

Bagian

Artikel