PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN VARIASI PRODUK TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA UMKM SINAR PERMATA (TIKUNG - LAMONGAN)

Penulis

  • Devi Alfia Putri Unisla

Abstrak

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh kualitas produk dan variasi produk terhadap pengembangan usaaha UMKM Sinar Permata Tikung Lamongan. penelitian ini  digunakan untuk menguji persamaan regresinya baik secara parsial, simultan maupun paling dominan diantara variabel kualitas produk dan variasi produk terhadap pengembangan usaha UMKM Sinar Permata Tikung Lamongan Penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen yang sudah melakukan pembelian produk selama 1 tahun terakhir sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 96 responden. Metode analisis data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi liniear berganda, uji korelasi berganda,uji koefesien determinasi, uji t, dan uji f, Hasil dari uji t penelitian ini menunjukka bahwa terdapat pengaruh secara parsial dan signifikan antara kualitas Produk dan variasi produk terhadap pengembangan usaha UMKM Sinar Permata Tikung Lamongan. Hasil dari uji F kualitas Produk dan variasi produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan usaha UMKM Sinar Permata Tikung Lamongan. dari hasil persamaan regresi diatas menunjukkan variabel variasi produk berpengaruh paling dominan terhadap pengembangan usaha.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Ghozali,Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21,Ed 7. Semarang: Universitas Diponegoro.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks. Levi, D., Kaminsky, P., & Levi, E. (n.d.). Managing The Supply Chain: The Definitive Guide for the Business Professional. USA: Mc Graw- Hill International Edition.

Kotler & Keller. 2016. Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Edisike 13. Jakarta Erlangga.

Omoruyi, S., & Mafini, C. (2016). Supply Chain Management And Customer Satisfaction In Small To Medium Enterprises. Studia UBB Economica, 61(3), 43–58.

Oentoro, Dellyanti. 2016. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta Laksbang PRESSindo

Perdana, Echo. 2016. Olahan Data Skripsi Dengan SPSS 22. Bangka Belitung. Penerbit: Lab Kom Manajemen Fe UBB.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung

Sulaeman, Moh. Muklis. and Mugi Harsono (2021) “Supply Chain Ontology: Model Overview and Synthesisâ€, Jurnal Mantik, 5(2), pp. 790-799. doi: 10.35335/mantik.Vol5.2021.1401.pp790-799.

Sulaeman, Moh Muklis (2019) “Sosialisasi Kewirausahaan dalam Upaya Peningkatan UMKM Desa Palangan Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamonganâ€. Jurnal Abdimas Berdaya Litbang Pemas Unisla. DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v2i01.34. Vol. 2 No.1

Swastha dan Irawan. 2017. Manajemen Pemasaran Modern, (Edisi II, Get.VHI),; Libert Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2016. Strategi Pemasaran edisi III. Yogyakarta : ANDI.

Tjiptono, Fandy dan Greorius Chandra. 2012. Service Quality & Satidfaction Edisi ketiga. Yogyakarta: Andi Offset.

Unduhan

Diterbitkan

2021-07-01

Terbitan

Bagian

Artikel