ANALISIS RELATIONAL BENEFITS (CONFIDENCE BENEFITS, SOCIAL BENEFITS DAN SPECIAL TREATMENT BENEFITS) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA GALLERY WALLPAPER 3D BIMA GRAFIKA YUDHISTIRA LAMONGAN

Penulis

  • Fatimatuz Zahroh Unisla

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial, simultan dan dominan Confidence Benefits (X1), Social Benefits  (X2), dan Special Treatment Benefits (X3) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah regresi linier berganda yaitu keseluruhan variabel bebas mempunyai nilai yang signifikan dengan arah positif. Hal ini berarti mempunyai arah perubahan yang searah dengan variabel terikat, yaitu confidence benefits, social benefits dan special treatment benefits akan mempengaruhi kepuasan pelanggan. Uji t menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan. Dari uji F menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara confidence benefits, social benefits dan special treatment benefits terhadap kepuasan pelanggan. Dari koefisien determinasi menunjukkan confidence benefits, social benefits dan special treatment benefits secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Bandiyono, Agus. 2017. Proses Bisnis Seksi Pengawasan Dan Konsultasi I Di Kantor Pelayanan Pajak Penanaman Modal Asing. Jurnal Aplikasi Bisnis. Vol 8 No. 1, Oktober 2017.

Christianti, F. P. 2018. Studi Deskriptif Respon Pelanggan Terhadap Relational Benefits Dengan Menjadi Member di Erha Dermatology Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. Vol 7 No. 1 Tahun 2018.

Dj, Y. R. 2019. Pengaruh Pelayanan, Fasilitas Dan Tarif Kamar Inap Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rsi Darus Syifa Di Surabaya. Jurnal Ekbis: Analisis, Prediksi Dan Informasi. Vol 20 No. 1, 1252-1260.

Dj, Y. R. 2019. Pengaruh Harga Kamar Dan Fasilitas Hotel Terhadap Kepuasan Konsumen Di Shangrila Hotel Surabaya. Jpim (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen). Vol 4 No. 1, 889-896.

Fatikhatur dan Arieba. 2018. Pengaruh Relational Benefits Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah: Survei Pada Nasabah Bank Syari’ah Mandiri Syari’ah Kota Pasuruan. Jurnal Sketsa Bisnis. Vol 5, No.2, Desember 2018, 72-85.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi Ke Delapan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Maulana dan Yunus. 2018. Pengaruh Pemasaran Relasional Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Nasabah Dan Kepercayaan Nasabah Tabungan Bank Bri Syariah Di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen. Vol 3 No. 1, Februari 2018, 36-45.

Nikmah, N. R. 2017. Hubungan Relationship Marketing, Customer Satisfaction Dan Customer Loyalty. Jurnal Kompetensi. Vol 11 No. 2, Oktober 2017.

Nurcholidah, Lilik & Sulaeman, Moh Muklis (2021). â€Comparative Consumer Perceptions To Purchase Decisions Of Drinking Water In Packed Brand Le Mineral And Aqua In Tikung, Lamongan Regencyâ€. Journal Of Himanities And Social Studies.Vol.5 No.3.

Nurul et.al,. 2020. Strategi Relational Benefits Terhadap Peningkatan Kepuasan Pelanggan Pada Alvira Mart Tikung Lamongan. Jurnal Sains Sosio Huaniora. Vol 4 No. 1, Juni 2020.

Rusmawati, Y., & Ristyanadi, B. 2018. Analisis Pelayanan Cs (Customer Service) Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Danamon Di Sukodadi Lamongan. Jurnal Ekbis. Vol 19 No. 1, 1092-1099.

Sari, Milya. 2020. Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA. Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA. Vol 6 No. 1 Tahun 2020, 41-53.

Sopiah dan Sangadji. 2016. Salesmanship (Kepenjualan). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono, S. 2016. Metode Penelitian Kuantittif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sulaeman, Moh. Muklis. and Mugi Harsono (2021) “Supply Chain Ontology: Model Overview and Synthesisâ€, Jurnal Mantik, 5(2), pp. 790-799. doi: 10.35335/mantik.Vol5.2021.1401.pp790-799.

Sulaeman, Moh Muklis (2019) “Sosialisasi Kewirausahaan dalam Upaya Peningkatan UMKM Desa Palangan Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamonganâ€. Jurnal Abdimas Berdaya Litbang Pemas Unisla. DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v2i01.34. Vol. 2 No.1

Tjiptono dan Chandra. 2016. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan dan Penelitian). Yogyakarta: Andi

Triadinda dan Hussein. 2018. Peranan Relational Benefits Dan Perceived Value Dalam Meningkatkan Trust Dan Loyalitas Pelanggan Klinik Kecantikan: Studi Pada Miracle Aesthetic Clinic Malang. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol. 5 No.1, Januari 2018, 65-78.

Ulfah, E. M. 2018. Relational Benefits Pada Loyalitas Pelanggan :Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna XL Axiata di IAIN Surakarta. Skripsi. Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Wismantoro, Yohan. 2016. Pengaruh Self Service Technology (Isst) Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas: Dengan Mediasi Relational Benefits.. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Vol 1 No. 1 Tahun 2016, 60-69.

Yaskun, Mohammad. 2017. Peranan Relational Benefits Dalam Peningkatan Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Mebel Lamongan. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis. Vol 4 No. 2 Tahun 2017.

Unduhan

Diterbitkan

2021-07-01

Terbitan

Bagian

Artikel