PENGARUH PERSONAL ATTITUDE, SELF EFFICACY DAN LOVE OF MONEY TERHADAP MINAT BERWIRAUAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI

Penulis

  • Anggun Hidayati Unisla

Abstrak

Absrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh personal attitude, self efficacy dan love of money secara parsial maupun simultan terhadap minat berwirausaha. Serta untuk mengetahui variabel mana yang berpengaruh paling dominan terhadap minat berwirausaha. Penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan pendekatan proportional random sampling, menggunakan 100 jumlah sampel dari mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Islam Lamongan. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t dan uji F. Dari hasil analisis regresi linier berganda diketahui variabel self efficacy (0,391) lebih dominan dibandingkan dengan nilai Personal Attitude (0,210) dan Love Of Money (0,295). Sedangkn untuk uji t diperoleh hasil perhitungan  thitung > ttabel  yang berarti variabel bebas berpengaruh secara parsial terhadap variabel terikat. Dan hasil uji F diperoleh nilai Fhitung = 124,897 > Ftabel = 3,09 sehingga variabel bebas berpengaruh secara simultan terhadap variabel terikat.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Admin LinovHR, 2020. 7 Attitude buruk di dalam Kantor, Kamu Termasuk yang Mana? [Online] Available At: https://www.linovhr.com. [Diakses 02 November 2020].

Alma, Buchari. 2018. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Aziz, T., & Taman, A. (2016). Pengaruh Love Of Money Dan Machiavellian Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi UNY Angkatan 2013 dan Angkatan 2014). Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 4(2). doi: 10.21831/nominal.v4i2.7998

Darmawan dan warmika. 2016. Pengaruh Norma Subjektif, Personal Attitude, Perceived Behavior Control, Dan Aspek Psikologis Terhadap Minat Wirausaha (Entrepreneurial Intention).jurnal manajemen, Vol. 5, No.7, 2016: 4660-4689.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hapsah, R., & Savira, S. (2015). Hubungan Antara Self Efficacy Dan Kreativitas Dengan Minat Berwirausaha. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 5(2), 80. doi: 10.26740/jptt.v5n2.p80-89

Intan Kusumawathi Nikara, I., & Mimba, N. (2019). Pengaruh Love of Money, Machiavellian, Idealisme dan Religiusitas pada Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 536. doi: 10.24843/eja.2019.v26.i01.p20

Kholifah, Yola Nur. (2020) Pengaruh Perceived Ease Of Use Dan Perceived Usefulness Terhadap Pembelian Impulsif Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Kabupaten Lamongan. UNISLA Lamongan.

Mahanani, E., & Sari, B. (2018). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Persada Indonesia Y.a.i. Vol 2, No. 2, Retrieved 19 November 2020, from (https://www.neliti.com/publications/226368/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-minat-berwirausaha-mahasiswa-fakultas-ekonomi-un)

Maulana, Robi. 2016. Definisi Self Efficacy (Efikasi Diri) Menurut Para Ahli. (Online), (https://psikologihore.com/self-efficacy-efikasi-diri/), [Diakses 02 November 2020]

Prawirokusumo, Soeharto. 2010. Kewirausahaan dan Manusia Usaha Kecil. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.

Prawironegoro, Darsono. 2017. Kewirausahaan Abad 21. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Rochdianingrum, W.A., Palupi, D., T. (2018). Meningkatkan Minat Berwirausaha Mahasiswa Di Jawa Timur - Stiesia Surabaya Repository. Retrieved 19 November 2020, from https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/2717/.

Rosmiati, R., Junias, D., & Munawar, M. (2015). Sikap, Motivasi, Dan Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan (Journal Of Management And Entrepreneurship), 17(1). doi: 10.9744/jmk.17.1.21-30.

Sari, N., & Widanaputra, A. (2019). Pengaruh Love of Money, Equity Sensitivity, dan Machiavellian Pada Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 28(2), 1522. doi: 10.24843/eja.2019.v28.i02.p27.

Sudaryono. 2019. Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Depok: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta,Cv.

Suryana. 2016. Kewirausahaan, Kiat dan proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Yulianto, A., & Lestari, R.A.P. (2017). Pengaruh Efikasi Diri, Lingkungan Sosial, Akses Kepada Modal, Dan Kepemilikan Jaringan Sosial Terhadap Sikap Kewirausahaan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2013 Universitas Negeri Semarang. Retrieved 19 November 2020, [Online] from http://lib.unnes.ac.id/29580/1/7101412258.pdf.

Unduhan

Diterbitkan

2021-05-01

Terbitan

Bagian

Artikel