ANALISIS EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PIUTANG PADA PT SID LAMONGAN

Penulis

  • Nif Atul Maghfiroh Unisla

Abstrak

Abstrak

Perusahaan menerapkan strategi dengan melakukan penjualan secara kredit untuk memperoleh laba dan omset yang besar, dengan begitu akan berakibat timbulnya piutang. Penerapan yang baik atas sistem pengendalian internal piutang akan mempengaruhi keberhasilan kebijakan perusahaan. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas sistem pengendalian internal piutang pada PT SID Lamongan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada PT SID Lamongan telah menerapkan sistem pengendalian internal piutang cukup baik, tetapi kurang efektif karena tidak ada pemisahan tugas antara fungsi penjualan dan fungsi penagihan. Jika ditinjau dari piutang yang belum dibayarkan pelanggan >361 juga terbilang cukup banyak yaitu sebesar 17% dari keseluruhan total piutang, sehingga membuat kurang efektif dan perlu evaluasi kembali.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Ariyati. 2019. Analisis Pengendalian Internal Piutang Usaha Untuk Meminimalkan Piutang Tak Tertagih PT XYZ. Jurnal Bina Akuntansi, Juli 2019, Vol.6. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Wiyatamandala.

Arya P, Jullie J, Jessy. 2016. Analisis Efektivitas Sistem Pengendalian Internal Piutang Kerugian Piuang Tak Tertagih Pada PT Surya Wenang Indah Manado. Jurnal EMBA 1498 Vol.4. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Hanum, S. 2016. Sistem Informasi Akuntansi. L.-T. Pres, Ed. La-Tansa press.

Herry. 2015. Pengantar Akuntansi. PT. Grasindo, Jakarta.

Herry. 2016. Akuntansi Dasar 1 dan 2. Grasindo, Ed. Grasindo, Jakarta.

Indrayati. 2016. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi 2. Aditya Media Publishing, Malang.

Kariyoto. 2018. Konsep dan Implementasi Manajemen Keuangan, UB Press, Malang.

Moleong, Lexy. J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Novi, Fitriani 2018. Analisis Sistem Akuntansi Piutang dan Piutang Tak Tertagih Untuk Meningkatkan Efektivitas Pengendalian Internal Pada PT Semen Indonesia Logistik Cabang Tulungagung. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Rendi, Masyhad. 2017. Analisis Sistem Pengendalian Internal Atas Piutang Untuk Meminimalkan Jumlah Piutang Tak Tertagih Pada PT MNC Kabel Mediakom Cabang Surabaya. Jurnal Ekonomi Akuntansi Vol. 3. Universitas Bhayangkara Surabaya.

Saparuddin Siregar, Nurlaila dkk. 2016. Akuntansi Syariah. Madenatera, Medan.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Afabeta, CV, Bandung.

Yulyana, Fauziah . 2016. Analisis Sistem dan Prosedur Akuntansi Piutang Untuk Menilai Pengendalian Intern Pada Koperasi Wanita Sejahtera Desa Gayam Kec. Gurah. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Unduhan

Diterbitkan

2021-05-01

Terbitan

Bagian

Artikel