PENGARUH PERPUTARAN MODAL KERJA, PERPUTARAN KAS, DEBT TO EQUITY RATIO, DAN CURRENT RATIO TERHADAP PROFITABILITAS

Authors

  • Eka Ayu Puspitasari Unisla

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perputaran modal kerja terhadap profitabilitas, perputaran kas, debt to equity ratio, current ratio terhadap profitabilitas perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2019. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial variabel perputaran modal kerja, debt to equity ratio dan current ratio berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Sedangkan variabel perputaran kas secara parsial tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap profitabilitas. Secara simultan variabel perputaran modal kerja, perputaran kas, debt to equity ratio, dan current ratio berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas.

References

DAFTAR PUSTAKA

Anissa, Anya Riana. 2019. Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Pertumbuhan Penjualan Dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Ritel Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia. Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta. Volume 10, No.1; 125-145.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Gultom, Dedek Kurniawan., Manurung, Mukhritazia., dan Sipahutar, Roni Parlindunan. 2020. Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Total Asset Turnover Terhadap Return On Assets Pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik Dan Keperluan Rumah Tangga Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Humaniora Universitas Abulyatama. Volume 4, No.1; 1-14.

Harjayanti, Diana Riyana., Pujiati, Puput. dkk. 2020. Current Ratio (CR) dan Debt To Asset Ratio (DAR) Terhadap Return On Assets (ROA) Pada PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Periode 2009-2018. Jurnal MADANI Universitas Pamulang. Volume 3, No.1; 56-65.

Hasbir. 2020. Pengaruh Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Perusahaan. Jurnal Ilmu Ekonomi Universitas Patria Artha Makassar. Volume 2, No.2; 99-109.

Kasmir. 2015. Analisis Laporan Keuangan. PT Raja Graafindo Persada, Jakarta.

Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Rajawali Pers, Jakarta.

Napitupulu, Elli Frisca., dkk. 2020. Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang dan Leverage (DER) Terhadap Profitabilitas (ROA) Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di BEI 2016-2017. Jurnal Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah. Universitas Prima Indonesia. Volume 2, No.1; 132-138.

Rifany, Dedek. 2019. Pengaruh Current Ratio (CR) Dan Debt To Equity Ratio (DER) Terhadap Return On Assets (ROA) Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Birsa Efek Indonesia Periode 2013-2017. Skripsi. Medan: Program Sarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Santoso, Singgih. 2012. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung, Alfabeta.

Sudana ,I Made. 2015. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik Edisi 2. Erlangga, Jakarta.

Wartono, Tri. 2018. Pengaruh Current Ratio (CR) Dan Debt To Equity Ratio (DER) Terhadap Return On Assets (ROA) Studi Kasus Pada PT Astra Internasional Tbk. Jurnal KREATIF Universitas Pamulang. Volume 6, No.2; 78-97.

Wilasmi, Ni Kadek., Kepramareni, Putu dan Ardianti, Putu Novia Hapsari. 2020. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas. Jurnal KHARISMA Universitas Mahasaraswati Denpasar. Volume 2, No.2; 96-115.

Published

2021-05-01

Issue

Section

Artikel