ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN BIBIT JAGUNG PERTIWI PADA MASA COVID – 19 DI DESA SLAHARWOTAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, citra merek, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian bibit jagung pertiwi di masa pandemi covid-19 pada Desa Slaharwotan. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Deskriptif Kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan sample random sampling, populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Slaharwotan dengan jumlah sampel yang diambil 63 responden. Analisis data dilakukan dengan cara pengelompokkan data berdasarkan variabel dan jenis responden, kemudian dilakukan uji parsial dan uji simultan dengan cara menguji variabel bebas satu persatu dengan nilai signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial terdapat hubungan yang signifikan antara variabel Kualitas Produk, Harga, Citra Merek dan Kualitas Pelayanan thitung lebih besar dari ttabel terhadap Keputusan pembelian. Dari hasil uji simultan Fhitung mempunyai nilai lebih besar dari pada nilai Ftabel (57,280>2,53). Sehingga dapat diketahui bahwa variabel Kualitas Produk, Harga, Citra Merek, dan Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian
References
DAFTAR PUSTAKA
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methode). Alfabeta, Bandung.
Ernawati, Diah (2019) Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan PromosiTterhadap Keputusan Pembelian Produk HI Jack Sandalas Bandung. Jurnal Wawasan Manajemen, Vol 7 Nomor 1, 2019.
Adipramita, Vionna, dkk (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Perhiasan Emas Lancar Jaya Sekaran Lamongan. Jurnal Ekonomi Manajemen (JEM17) Vol 4, Nomor 1, Mei 2019, Hal 80-90.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian dan Pengembangan. Alfabeta, Bandung.
Hakim, Lukmanul, dkk, 2019. Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen NPK Mutiara Di UD.Barelang Tani Jaya Batam. Jurnal Ecobisma, Vol.6 No.2 2019.
Rendika, Putri Kartika Sari, dkk (2019). Pengaruh Brand Image, Gaya Hidup dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Cafe Tiga Tjeret di Surakarta. Edunomika-Vol. 03, No. 1 (Februari 2019).
Romadhiani, Gandes Swari, dkk (2017). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Honda Brio Pada Kaonsumen Honda Semarang Center.
Munir, Sirozul (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cat Nippont Paint (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Siwalan Rejo Kecamatan Sukodadi).
Soenawan, Alfredo Dwitama, dkk (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen D’Stupid Baker Spazio Graha Family Surabaya.
Mustika, Ayu Winda (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Terhadap Eliter GM PT. Vinivici Prima Lestari (Tupperware) Di Lamongan. Skripsi Lamongan : Program Sarjana Universitas Islam Lamongan.
Arma, Makmur Jaya, dkk (2013). Pertumbuhan Dan Produksi Jagung (Zea mays I..) Dan Kacang Tanah (Arachis Hypogaea I..) Melalui Pemberian Nutrisi Organik Dan Waktu Tanam Dalam Sistem Tumpangsari. Jurnal Agroteknos Maret 2013. Vol. 3 No. Hal 1-7 ISSBN: 2087-7706.
Pradana, Dedhy, dkk (2017). Pengaruh Harga Kualitas Produk Citra Merek Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Montor.
Sugiyono, 2012 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methode). Alfabeta, Bandung.
Maupa, Haris, dkk (2019). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse di Makassar. JBMI Vol. 16 No. 2 Oktober 2019.
Fetrizen, dkk, (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek AICOS Produksi PT. Bumi Sarimas Indonesia.