PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, LIKUIDITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN PROFITABILITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL

Penulis

  • Uswatun Khasanah univeristas islam lamongan

Kata Kunci:

Struktur Aktiva, likuiditas, Ukuran Perusahan, Profitabilitas, dan Struktutr Modal

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh struktur aktiva, likuiditas, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap struktur modal pada perusahaan manufaktur sektor aneka industri yang terdaftar di BEI periode 2016-2019. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah data-data laporan keuangan pada perusahaan manufaktur sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2019. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 13 perusahaan yang termasuk dalam kriteria penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial struktur aktiva, likuiditas, ukuran perusahaan berpengaruh terhadap struktur modal, sedangkan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap struktur modal. Secara simultan struktur aktiva, likuiditas, ukuran perusahaan, dan profitabilitas berpengaruh terhadap struktur modal.

Referensi

Ambarsari, Ririt dan Hermanto, Suwardi Bambang. 2017. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas, Struktur Aktiva, Likuiditas Terhadap Struktur Modal. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi.

Brigham, F. Eugene and F. J. Houston. 2001. Manajemen Keuangan,Edisi 8, Edisi Indonesia. Erlangga. Jakarta.

Bursa Efek Indonesia. 2020. Laporan Keuangan tahunan. (Online), (http://www.idx.co.id), diakses 11 November 2020.

Efendi, Muhammad dkk.2021. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, Dan Tax Avoidance terhadap Struktur Modal. Ekonomis: Journal of Economics and Business.

Fahmi, Luthfillah Zul dan Kurnia. 2017. Pengaruh Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, Dan Likuiditas Terhadap Struktur Modal. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi.

Hanafi, Mamduh dan Halim Abdul.2012. Analisis Laporan keuangan.Yogyakarta.

Sari, Aliftia Nawang dan Oetomo, Hening Widi. 2016. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Pertumbuhan Aset dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.

Watung, Abraham Kelli Sion, Saerang, Ivonne S dan Hizkia, H. D. Tasik. 2016. Pengaruh Rasio Likuiditas, Aktivitas, Profitabilitas, Dan Struktur Aktiva Terhadap Struktur Modal Industri Barang Konsumsi Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA.

Weston, J. F. dan T. E. Copeland. 1992. Manajemen Keuangan. Edisi 8. Jilid 2. Terjemahan Yohanes Lamarto.1996.Manajemen Keuangan.Edisi 8. Jilid 2.Erlangga. Jakarta.

Weston, J. Fred dan Thomas, E Copeland. 2010. Manajemen keuanagan. jilid 2, Binarupa Aksara Publisher. Jakarta

Wirawan, Putu Artha. 2017. Pengaruh Struktur Aktiva, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Likuiditas Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sektor Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2014- 2015.Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha.

Zalukhu, Evander Paskah, Simarmata, Pandang Kristian, Sinambela, Ruslina E, dan Purb,a Nurleli Octresia. 2020. Pengaruh Likuiditas, Pajak,Profitabilitas terhadap Struktur Modal pada Sektor Aneka Industri yang terdaftar di BEI. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi.

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-15

Terbitan

Bagian

Artikel