PENGARUH ARUS KAS OPERASI, LABA BERSIH DAN RETURN ON ASSET (ROA) TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN INDEKS LQ 45 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2016-2019

Penulis

  • Rani Fahira universitas islam lamongan

Kata Kunci:

Arus Kas Operasi, Laba Bersih, Return On Asset (ROA), Return Saham

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Arus Kas Operasi, Laba Bersih dan Return On Asset (ROA) secara parsial terhadap Return Saham dan untuk mengetahui pengaruh secara simultan Arus Kas Operasi, Laba Bersih dan Return On Asset (ROA) terhadap Return Saham pada perusahaan indeks LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2019. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berupa data laporan keuangan tahunan perusahaan yang telah dipublikasikan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Arus Kas Operasi berpengaruh secara parsial terhadap Return Saham, Laba Bersih tidak berpengaruh secara parsial terhadap Return Saham dan Return On Asset (ROA) berpengaruh secara parsial terhadap Return Saham. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa Arus Kas Operasi, Laba Bersih dan Return On Asset (ROA) berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap Return Saham.

Referensi

Almira, Ni Putu Alma Kalya dan Wiagustini, Ni Luh Putu. (2020). Pengaruh Return On Asset, Return On Equity, dan Earning Per Share Terhadap Return Saham. E-Jurnal Manajemen.

Anggraeni dan Fitria, Astri. (2020). Pengaruh Perubahan Arus Kas, Laba Akuntansi dan Kebijakan Hutang Terhadap Return Saham. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi.

Diana, Sandra, dkk. (2019). Pengaruh Laba, Arus Kas dan Size Perusahaan Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Progresse Conference.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 21. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hartono, Jogiyanto. (2013). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. BPFE, Yogyakarta.

Marlina, Neni. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage Terhadap Return Saham Perusahaan Manufaktur di BEI. Jurnal Akuntansi Keuangan dan Bisnis.

Setia, Monika, dkk. (2018). Pengaruh Laba Akuntansi, Arus Kas Operasi dan Return On Equity (ROE) Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi.

Setyawan, Budi. (2020). Pengaruh Arus Kas Operasi, Arus Kas Investasi, Arus Kas Pendanaan dan Laba Akuntansi Terhadap Return Saham Pasar Emiten Sub Sektor Makanan dan Minuman. Jurnal Equilibrium.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, Bandung.

Sunariyah. (2011). Pengantar Pengetahuan Pasar Modal. UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

Tumbel, Gilbert Ayub, dkk. (2017). Pengaruh Laba Akuntansi dan Arus Kas Operasi Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA.

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-15

Terbitan

Bagian

Artikel