JEKMA https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/JEKMA <table class="data" width="100%" bgcolor="#f0f0f0"><tbody><tr valign="top"><td width="20%">Journal title</td><td width="80%"><strong>JEKMA (Jurnal Ekonomi Mahasiswa)</strong></td></tr><tr valign="top"><td width="20%">Initials</td><td width="80%"><strong>JEKMA</strong></td></tr><tr valign="top"><td width="20%">Grade</td><td width="80%"> </td></tr><tr valign="top"><td width="20%">Frequency</td><td width="80%"><strong>Six issues per year (January, March, May, July, September &amp; November)</strong></td></tr><tr valign="top"><td width="20%"><strong></strong>DOI</td><td width="80%"><strong><br /></strong></td></tr><tr valign="top"><td width="20%">Print ISSN</td><td width="80%"><span style="text-decoration: underline;"><span style="color: #000120;">2715-9094</span></span></td></tr><tr valign="top"><td width="20%">Online ISSN</td><td width="80%"> </td></tr><tr valign="top"><td width="20%">Editor-in-chief</td><td width="80%"><strong>Moh. Muklis Sulaeman(+6281952687001)</strong></td></tr><tr valign="top"><td width="20%"><strong></strong>Man. Editor</td><td width="80%"><strong><strong>Fitri Nurjanah</strong> (+6281553035022)</strong></td></tr><tr valign="top"><td width="20%">Publisher</td><td width="80%"><strong>LITBANG PEMAS, Universitas Islam Lamongan</strong></td></tr><tr valign="top"><td width="20%">Cite Analysis</td><td width="80%"><a title="Google scholar" href="https://scholar.google.com/citations?hl=en&amp;user=mr5TBksAAAAJ" target="_blank"><strong>Google Scholar</strong></a></td></tr><tr valign="top"><td width="20%">Indexing</td><td width="80%"><a title="Google scholar" href="https://scholar.google.com/citations?hl=en&amp;user=mr5TBksAAAAJ" target="_blank"><strong>Google Scholar</strong></a><strong><strong> </strong></strong><h3 class="LC20lb"> </h3></td></tr></tbody></table><p align="justify"> </p><p style="text-align: justify;" align="justify"><strong>JEKMA (Jurnal Ekonomi Mahasiswa)</strong> adalah Jurnal ilmiah mahasiswa, penerbitan Penelitian nasional di seluruh bidang Ekonomi manajemen dan akuntansi yang diterbitkan oleh Litbang Pemas Universitas Islam Lamongan. <strong>JEKMA</strong> terus mencari artikel penelitian mahasiswa, dan menyajikan pemikiran terbaru dan penelitian inovatif tentang topik manajemen dan akuntansi, sementara masih dapat diakses dan menarik untuk non-spesialis.</p><p style="text-align: justify;" align="justify"><strong> JEKMA</strong> mencakup bidang ilmu manajemen Pemasaran, manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen strategic dan manajemen Operasional dan Produksi serta Akuntansi. Artikel JEKMA dari waktu ke waktu dicirikan oleh keingintahuan intelektual mereka dan pendekatan metodologi yang beragam, yang menyebabkan kontribusi yang berdampak secara signifikan pada ilmu manajemen dan akuntansi baik secara empiris dan praktek. Kami menyambut penelitian mahasiswa untuk menyajikan penemuan baru pada tantangan kontemporer di domain yang luas dalam dunia Ekonomi Manajemen dan Akuntansi.<strong> JEKMA</strong> adalah jurnal yang terbit setahun enam kali yaitu bulan (Januari, Maret, Mei, Juli, September dan November).</p> en-US jekma@unisla.ac.id (Moh. Muklis Sulaeman) liliknurcholidah@unisla.ac.id (lilik nurcholidah) Sat, 05 Nov 2022 11:31:48 +0000 OJS 3.3.0.13 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGARUH SERVICE QUALITY DAN RELATIONSHIP QUALITY TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI BENGKEL AHASS MITRA MOTOR HONDA LAMONGAN https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/JEKMA/article/view/1340 <p>Abstrak</p><p>Latar belakang penelitian ini memberikan gambaran kebutuhan masyarakat terhadap sarana transportasi menjadi kebutuhan yang sanggat penting dan yang paling diminati sepeda montor. Bengekel motor sangat di perlukan oleh para pengguna sepeda motor agar alat transportasi mereka tidak rusak. Dengan berkembangnya berbagai tempat servis dituntut memberikan pelayanan yang baik berbagai fasilitas dan keunggulan masing-masing, saling bersaing dengan strategi pemasaran yang tepat guna mencapai target yang telah direncanakan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh <em>service quality</em> dan <em>relationship quality</em> terhadap loyalitas konsumen berpengaruh secara parsial, simultan dan dominan di Bengkel Ahass Mitra Motor Honda Lamongan.</p><p>Hasil penelitian dari analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan  Y = 1,647 + 0,327 X<sub>1</sub> + 0,558 X<sub>2 </sub>+ e. Maka berdasarkan nilai koefisien standart beta yang paling dominan adalah 0,558 X<sub>2</sub>sehingga variabel bebas (X) <em>Relationship Quality</em> (X<sub>2</sub>) lebih dominan mempengaruhi loyalitas konsumen di Bengkel Ahass Mitra Motor Honda Lamongan. Hasil uji t dihasilkan X<sub>1</sub> = 2,943&gt;1,298 dan  X<sub>2</sub> = 5,350&gt;1,298 menyatakan bahwa <em>Service Quality</em> (X<sub>1</sub>) dan <em>Relationship Quality</em> (X<sub>2</sub>) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen (Y). uji simultan dihasilkan F<sub>hitung</sub> &gt; F<sub>tabel</sub> (53,513&gt;3,19). Dapat diketahui uji F berpengaruh signifikan antara <em>Service Quality</em> (X<sub>1</sub>) dan <em>Relationship Quality</em> (X<sub>2</sub>) secara silmutan terhadap variabel terikat yaitu loyalitas konsumen.</p><p>Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa <em>servic qualit</em>y dan<em> relationship quality</em> berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas konsumen dapat dilihat dari t<sub>hitung</sub> &gt; t<sub>tabel</sub>. <em>Servic quality</em> dan <em>Relationship quality </em>secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dapat dilihat dari hasil F<sub>hitung</sub> &gt; F<sub>tabel</sub> dan <em>Relationship Quality</em> mempunyai pengaruh lebih dominan terhadap loyalitas konsumen.</p> Karina Dwi Wulandari Copyright (c) 2023 JEKMA https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/JEKMA/article/view/1340 Sat, 01 Jan 2022 00:00:00 +0000 PENGARUH HARGA, KERAMAHAN KARYAWAN, DAN VARIASI BARANG TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (STUDI KASUS DI AWAM SWALAYAN NGIMBANG) https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/JEKMA/article/view/1341 <p>Abstrak</p><p>Pesatnya perkembangan perekonomian saat ini diikuti juga berkembangnya berbagai tempat berbelanja modern. Untuk itu kita sebagai salah satu penerus generasi bangsa harus mengetahui faktor apa saja yang dapat memperkuat persaingan di dalam bidang perdagangan ini. Untuk itu riset ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, keramahan karyawan dan variasi barang terhadap loyalitas konsumen di Awam Swalayan Ngimbang.</p><p>Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dan menggunakan metode pengambilan sampel dengan metode <em>simple random sampling</em> yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 67 responden yang dihitung menggunakan rumus Slovin.</p><p>Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi berganda, uji regresi linier berganda, uji koefesien determinasi, uji t dan uji F. Hasil analisis regresi linier berganda Y= -10,719+0,802 + 0,561 + 0,362 – e. Berdasarkan hasil uji F (simultan) diperoleh  sebesar 32,821 dengan tingkat sig. Sebesar 0,000. Pada taraf nilai signifikan  = 0,05 dan = 2,75. Berdasarkan pernyataan tersebut  yaitu sebesar 32,821 &gt; 2,75 dengan sig. (0,000 &lt; 0,05)  yang artinya dari variabel Harga, Keramahan Karyawan dan Variasi Barang berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen Loyalitas Konsumen di Awam Swalayan Ngimbang. Karena  yaitu sebesar 32,821 &gt; 2,75 dengan sig. (0,000 &lt; 0,05). Dari hasil uji t diperoleh variabel harga (4,355), keramahan karyawan (4,747), variasi barang (2,311) sedangkan sebesar (1,669). Dari ketiga variabel yang artinya variabel independet harga, keramahan karyawan dan variasi barang berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen.</p><p>Dari hasil uji t (parsial) Koefesien variabel harga = 0,802, Keramahan karyawan = 0,561 dan Variasi barang = 0,362 .Variabel yang memiliki pengaruh lebih besar atau yang paling dominan terhadap loyalitas konsumen adalah variabel Harga (X1) yang memiliki nilai koefesien 0,802 yang berarti hipotesis ketiga terbukti kebenaranya yaitu variabel Harga (X1) yang berpengaruh paling dominan terhadap loyalitas konsumen di Awam Swalayan Ngimbang.</p> Lailiya Mahmudah Copyright (c) 2023 JEKMA https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/JEKMA/article/view/1341 Sat, 01 Jan 2022 00:00:00 +0000 PENGARUH DISIPLIN KERJA, MOTIVASI, PELATIHAN DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN UD. MIXMEX LAMONGAN https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/JEKMA/article/view/1342 <p>Abstrak</p><p>Produktivitas adalah kemampuan karyawan dalam berproduksi dibandingkan dengan input yang digunakan, seorang karyawan dapat dikatakan produktif apabila mampu menghasilkan barang atau jasa sesuai dengan diharapkan dalam waktu yang singkat atau tepat. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 53 orang. Dari hasil uji t diperoleh nilai t hitung variabel Disiplin Kerja (X<sub>1</sub>) dengan nilai t hitung 2,409 &gt; t tabel 2,010, variabel Motivasi (X<sub>2</sub>) nilai t hitung 2,456 &gt; t tabel 2,010, variabel Pelatihan (X<sub>3</sub>) nilai t hitung 2,198 &gt; t tabel 2,010, variabel Pengalaman Kerja (X<sub>4</sub>)nilai t hitung 2,559 &gt; t tabel 2,010, maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya bahwa ada pegaruh yang signifikan secara parsial terhadap produktivitas (Y) pada UD. Mixmex. Variabel bebas Disiplin Kerja, Motivasi, Pelatihan dan Pengalaman Kerja mempunyai pengaruh yang simultan terhadap produktivitas. Hal ini bisa di buktikan dengan nilai F<sub>hitung</sub> 78,171 ˃ F<sub>tabel</sub> 2,57 dengan tingkat signifikan kurang dari 0,05 yaitu 0,000. Dari persamaan regresi linier berganda diperoleh nilai Y = 1,132 + 0,288 X<sub>1 </sub>+ 0,288 X<sub>2 </sub>+ 0,241 X<sub>3 </sub>+ 0,326 X<sub>4</sub><sub>.</sub>Diperoleh hasil variabel pengalaman kerja (X<sub>4</sub>) = 0,326 lebih besar dari pada variabel variabel lainya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengalaman kerja (X<sub>4</sub>) merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap produktivitas (Y) pada UD. Mixmex.</p> M. Hanif Kamaludin Copyright (c) 2023 JEKMA https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/JEKMA/article/view/1342 Sat, 01 Jan 2022 00:00:00 +0000 ANALISIS PENGARUH TOTAL QUALITY MANAJEMENT (TQM) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDY KASUS PADA KANTOR POS CABANG KECAMATAN MODO KABUPATEN LAMONGAN) https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/JEKMA/article/view/1343 <p>Abstrak</p><p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fokus pada pelanggan, obsesi terhadap kualitas dan kepuasan pelanggan secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan pelanggan. Serta untuk mengetahui variabel mana yang berpengaruh paling dominan terhadap kepuasan pelanggan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik total sampling dengan jumlah sampel 54. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t dan uji F. Dari hasil analisis regresi linier berganda diketahui variabel fokus pada pelanggan mempunyai nilai yang paling tinggi atau dominan dibandingkan dengan variabel lainnya. Sedangkan untuk uji t diperoleh hasil perhitungan t<sub>hitung</sub> &gt; t<sub>tabel</sub> yang berarti variabel bebas berpengaruh secara parsial terhadap variabel terikat.Dan hasil uji F diperoleh nilai F<sub>hitung</sub> &gt; F<sub>tabel</sub> sehingga variabel bebas berpengaruh secara simultan terhadap variabel terikat.</p> Siti Mei Fia Musyarofah Copyright (c) 2023 JEKMA https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/JEKMA/article/view/1343 Sat, 01 Jan 2022 00:00:00 +0000 PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH dan DANA ALOKASI UMUM TERHADAP BELANJA MODAL https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/JEKMA/article/view/1344 <p>Abstrak</p><p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa (1) Pengaruh Pendapatan Asli daerah terhadap Alokasi Belanja Modal. (2) Pengaruh Dana Alokasi Umum terhadap alokasi Belanja Modal. (3) Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum terhadap Alokasi Belanja Modal.</p><p>Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah Kabupaten Kota di Provinsi Jawa Timur sebanyak 38 kab/kota. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 5 Kabupaten dan 2 Kota yang berada di wilayah GerbangKertosusila di Provinsi Jawa Timur. Peneltitian ini menggunakan rentang waktu 6 tahun antara 2014-2019, sehingga total sampel sebanyak 42 data dari realisasi anggaran. Metode pengumpulan datanya yang digunakan adalah metode dokumentasi dan studi kepustakaan. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Dan data diolah dengan menggunakan windows INM SPSS versi 24.</p><p>Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pendapatan Asli Daerah berpengaruh terhadap Alokasi Belanja Modal dengan nilai signifikan sebesar 0,000 &lt; 0,05 dan nilai thitung &lt; ttabel yaitu 4,52 &gt; 1,692. (2) Dana Alokasi Umum berpengaruh terhadap alokasi belanja modal dengan nilai signifikan 0,000 &lt; 0,05 dengan nilai thitung &lt; ttabel yaitu 5,973 &gt; 1,692. (3) Kedua variabel tersebut berpengaruh secara signifikan karena hasil uji simultan Uji F menghasilkan nilai F sebesar 67,821 lebih besar dari F tabel (3,26) dan nilai signfikan 0,000 lebih kecil dari 0,05.</p> Mohammad Bayu Ainul Iqbal Copyright (c) 2023 JEKMA https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/JEKMA/article/view/1344 Sat, 01 Jan 2022 00:00:00 +0000 ANALISIS PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH SEKTOR KESEHATAN, SEKTOR PENDIDIKAN DAN PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI PROVINSI-PROVINSI DI PULAU JAWA https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/JEKMA/article/view/1345 <p>Abstrak</p><p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa (1) Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Sektor Pendidikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia. (2) Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Sektor Kesehatan terhadap Indeks Pembangunan Manusia. (3) Pengaruh Produk Domestik Regional Bruto terhadap Indeks Pembangunan Manusia.</p><p>Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah Provinsi yang ada di Negara Republik Indonesia sebanyak 34 Provinsi. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 6 Provinsi yang berada di Pulau Jawa. Peneltitian ini menggunakan rentang waktu 5 tahun antara 2015-2019, sehingga total sampel sebanyak 30 data dari realisasi anggaran. Metode pengumpulan datanya yang digunakan adalah metode dokumentasi dan studi kepustakaan. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Dan data diolah dengan menggunakan windows IBM SPSS versi 24.</p><p>Hasil dari penelitian ini adalah Produk Domestik Regional Bruto berpengaruh negative terhadap Indeks Pembangunan Manusia Meskipun dalam konteks yang negatif Produk Domestik Regional Bruto tetap berpengaruh terhadap Indeks Pembangunan Manusia. Artinya ada variable-variabel tak terduga yang menyebabkan PDRB Berpengaruh negatif terhadap Indeks Pembangunan Manusia. Pengeluaran Pemerintah Sektor Pendidikan tidak berpengaruh terhadap Indeks Pembangunan Manusia artinya meskipun sarana dan prasarana sudah dibangun dengan baik akan tetapi kualitas pengajar haruslah tinggi agar dapat meningkatkan kualitas SDM yang ada sedangkan Pengeluaran Pemerintah Sektor Kesehatan Berpengaruh Positif signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia Artinya Produktivitas dan kualitas gizi masyarakat akan lebih menentukan Kualitas SDM masyarakat.</p> Muhammad Alifudin Aguspriyanto Copyright (c) 2023 JEKMA https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/JEKMA/article/view/1345 Sat, 01 Jan 2022 00:00:00 +0000 PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND PERSONALITY TERHADAP MINAT BELI SEPEDA POLYGON DI ERA NEW NORMAL https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/JEKMA/article/view/1346 <p>Abstrak</p><p><span lang="EN-US">Dunia bisnis menuntut peran brand image yang dapat menunjang kemajuan usaha bisnis. Selain brand image, brand personality juga menjadi kunci keberhasilan perusahaan melalui minat beli konsumen. Mengingat semakin ketatnya persaingan dalam menembus pasar, maka diperlukan suatu karakter produk yang bisa diterima dikalangan masyarakat agar target penjualan tercapai sesuai dengan tujuan yang diharapkan.</span></p> Muhammad Nurul Ibad Copyright (c) 2023 JEKMA https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/JEKMA/article/view/1346 Sat, 01 Jan 2022 00:00:00 +0000 PENGARUH WORD OF MOUTH, DIGITAL MARKETING DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE REALME https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/JEKMA/article/view/1347 <p>Abstrak</p><p>Kebutuhan akan komunikasi adalah hal yang sangat penting bagi setiap kalangan masyarakat. Kebutuhan tersebut berdampak pada meningkatnya permintaan akan berbagai jenis alat komunikasi yang mengakibatkan semakin banyaknya persaingan dalam dunia bisnis dibidang telekomunikasi salah satunya adalah Realme, smartphone ini sangat menarik perhatian karena dalam waktu yang sangat singkat penjulannya sangat bagus dan berhasil menjadikan realme sebagai merek smartphone paling berkembang di dunia.</p><p>Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif.sampel yang digunakan berjumlah 100 responden. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas ,uji regresi linier berganda, uji korelasi berganda, uji asumsi klasik, uji koefiensi determinasi, uji t,dan uji F.</p><p>Berdasarkan hasil perhitungan uji t bahwa <em>Word Of Mouth </em> 7,312&gt;1,985 Digital Marketing 4,732&gt; 1,985, Harga 3,816&gt; 1,985, ketiga variabel bebas tersebut secara persial berpengaruh terhadap variabel terikat. Hasil uji F hitung&gt; F tabel yaitu (88,559 &gt;3,091) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Ketiga variabel bebas tersebut secara simultan berpengaruh terhadap variabel terikat. Hasil uji regresi linier berganda Y= -1,053 + 0,487 X<sub>1</sub>+ 0,193 X<sub>2 </sub> + 0,350 X<sub>3</sub>. Maka yang paling dominan adalah<em> Word Of Mouth </em> (X1).</p><p>Berdasarkan hasil pengolahan data, diketahui bahwa bahwa <em>Word Of Mouth, Digital Marketing</em>, Harga secara persial berpengaruh terhadap Keputusan pembelian. dan diketahui bahwa bahwa <em>Word Of Mouth, Digital Marketing</em>, Harga secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan pembelian.dan diketahui bahwa variabel yang paling dominan adalah<em> Word Of Mouth</em>.</p> Nur Habibi Ihya Copyright (c) 2023 JEKMA https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/JEKMA/article/view/1347 Sat, 01 Jan 2022 00:00:00 +0000 ANALISIS PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK NATA DE COCO (Studi Kasus Cahaya Nata Lamongan) https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/JEKMA/article/view/1348 <p>Abstrak</p><p><span>Dalam penelitian ini penulis mengambil variabel bebas kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek dan loyalitas merek untuk digunakan sebagai acuan terhadap keputusan pembelian konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel bebas tersebut mempengaruhi secara parsial maupun simultan terhadap variabel terikat dan untuk yang digunakan dalam penarikan sampel yaitu berdasarkan teknik sampling jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 57 responden. Setelah itu dilakukan analisis data kuantitatif uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier berganda, korelasi berganda, uji determinasi, uji t, dan uji F dengan hasil tiap variabel dinyatakan valid dan reliable. Dari hasil uji t diperoleh t hitung variabel Kesadaran Merek X1 sebesar 2,391 &gt; 2,007 Persepsi Kualitas X2 3,142 &gt; 2,007 Asosiasi Merek X3 3,844 &gt; 2,007 Loyalitas Merek 2,303 &gt; 2,007. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada Cahaya Nata Lamongan adalah Asosiasi Merek.</span></p> Rivaldi Septian adinata Copyright (c) 2023 JEKMA https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/JEKMA/article/view/1348 Sat, 01 Jan 2022 00:00:00 +0000 ANALISIS PENGARUH RASIO LIKUIDITAS DAN LEVERAGE TERHADAP FINANCIAL DISTRESS (STUDI KASUS PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017 – 2019) https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/JEKMA/article/view/1349 <p>Abstrak</p><p>Analisis rasio keuangan diperlukan untuk mengindikator perkembangan perusahaan sehingga dapat diketahui kinerja perusahaan mengalami peningkatan atau <em>financial distress</em>. <em>Financial distress</em> keadaaan dimana perusahaan mengalami kesulitan keuangan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh likuiditas (<em>Current Ratio</em>) dan leverage (<em>Debt to Asset</em>) terhadap kondisi <em>financial distress</em>. Penelitian menggunakan data sekunder dokumentasi. Jenis penelitian kuantitatif laporan keuangan annual report perusahaan <em>food and beverage.</em> Populasi dan sampel sebanyak 12 perusahaan <em>food and beverage</em> di BEI tahun 2017-2019. Metode analisis data yang digunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji t, uji F analisis regresi linier berganda, koefisiensi detereminasi R<sup>2. </sup>Hasil penelitian menunjukan likuiditas dan leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap <em>financial distress</em>. Hasil uji F nilai Sig. 0,129 &gt; 0,05 dan F<sub>hitung </sub>2,184 &lt; 3,28 disimpulkan secara simulatan variabel CR DAR tidak berpengaruh signifikan terhadap <em>financial distress.</em></p> Nydia Arian Dini Copyright (c) 2023 JEKMA https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/JEKMA/article/view/1349 Sat, 01 Jan 2022 00:00:00 +0000