Dampak Sosial Ekonomi UMKM Kota Malang di tengah Masa Pandemi

Authors

  • Siska Yustika Stie Indonesia Malang
  • David Kasidi Stisospol Waskita Darma Malang

Abstract

Pandemi Covid-19 telah melanda banyak negara, termasuk Indonesia. Covid-19 telah menimbulkan dampak di berbagai sektor termasuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah diantaranya yakni turunnya jumlah penjualan. Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat dilakukan untuk memberi bimbingan dalam mengatasi dampak tersebut melalui penggunaan dan pengelolaan media digital yang sesuai. Dengan menggunakan dan mengelola media digital, diharapkan para pelaku usaha dapat menentukan jenis media digital yang tepat untuk produk yang dipasarkan, meningkatkan awareness serta ketertarikan masyarakat mengenai produk. Metode yang digunakan adalah pelatihan secara virtual menggunakan Zoom Meeting.  Materi kegiatan berupa ini adalah strategi penggunaan dan pengelolaan media digital, optimalisasi digital marketing serta branding produk untuk meningkatkan kemampuan pembuatan konten yang menarik, promosi serta sebagai media alternatif bagi pelaku usaha bidang jasa. Media digital yang digunakan antara lain Instagram, Facebook WhatsApp, GrabFood/Go-Food, Tokopedia dan platform lainnya. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan dan bimbingan yang diberikan memberikan dampak positif bagi para pelaku usaha dengan adanya peningkatan pengetahuan tentang media digital, peningkatan pengetahuan berbagai media yang dapat digunakan dan adanya peningkatan keterampilan dalam penggunaan dan pengelolaan media digital dalam branding. Rekomendasi yang dapat disampaikan adalah adanya keberlanjutan program pembinaan bagi para pelaku usaha sehingga dapat menerapkan dan mengelola media digital secara optimal.

References

Adi, M Kwartono. 2007. Analisis Usaha Kecil dan Menengah. Yogyakarta:Andi Offset.

Alegre, J., & Chiva, R. (2013). Linking Entrepreneurial Orientation and Firm Performance: The Role of Organizational Learning Capability and Innovation Performance. Journal of Small Business Management, 51(4),491–507. https://doi.org/10.1111/jsbm.12005

Amri, A. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap UMKM Di Indonesia. Jurnal Brand, 2 (1) hal 123-130 .

Asmaya, F. (2015). Pengaruh penggunaan media sosial facebook terhadap perilaku prososial remaja di kenagarian koto Bangun. Jom FISIP, hal 1-15.

Bala, M., & Verma, D. (2018). A Critical Review of Digital Marketing International Journal of Management, 8(10), pp 321–339.

Han, Z., and J. Nigg. 2011. The influences of business and decision makers’ characteristics on disaster preparedness—A study on the 1989 Loma Prieta Earthquake. International Journal of Disaster Risk Science 2(4) pp 22–31.

Irwansyah. 2011. Corporate and Marketing Communication. Jakarta: Puskombis Universitas Mercu Buana.

Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan E-commerce Dalam Dunia Bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis Edisi Ke-VI (November), hal 95–112.

Kotler, Philip And Gary Armstrong., 2018., Principle Of Marketing, 17e Global Edition, Pearson Education Limited, New York.

Downloads

Published

07-07-2022

How to Cite

Yustika, S., & Kasidi, D. (2022). Dampak Sosial Ekonomi UMKM Kota Malang di tengah Masa Pandemi. Seminar Nasional Riset Ekonomi Dan Bisnis, 1(1). Retrieved from https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/Semnas/article/view/1197