Generasi Z dan Industri 4.0: Studi Perilaku Pelaku dan Konsumen Pasar Tradisional Masa Kini (Studi Pelaku UMKM Kota Malang)
Abstract
Kemajuan zaman merupakan penyebab utama dari berubahnya komposisi dan karakteristik penduduk dari setiap generasi. Generasi Z memiliki karakteristik sebagai masyarakat yang mengedepankan efisiensi waktu dan sangat fasih dengan teknologi. Tentunya, generasi ini berperan besar dalam sektor ekonomi karena generasi ini merupakan bagian dari perubahan nyata yang bergerak sejalan dengan adanya industri 4.0. Generasi Z pun tentu akan terlibat dalam berbagai sektor baik sebagai pekerja, pelaku ekonomi, atau pun peran lain dalam bermasyarakat. Berkenaan dengan fenomena tersebut, tulisan ini mencoba untuk memberikan contoh nyata dari adanya bisnis tradisional yang melibatkan target market Generasi Z sebagai pangsa pasarnya. Seperti yang diketahui bahwa pasar tradisional saat ini mulai ditinggalkan karena terdapat beberapa alternatif berbelanja lain yang lebih mudah dan sesuai dengan karakteristik dari Generasi Z yang sangat memanfaatkan teknologi dalam kehidupannya.References
Wiweka, Kadek, Suci Sandi W, Nurayadina Agus Rini, I Nyoman Adnyana, dan Putu Pramania Adnyana. (2019. Perilaku Berwisata Wisatawan Generasi Milenial di Jakarta Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol 4 No 3, p 313-334
Napitupulu, Rut Oktaviani. (2020) Adanya Perubahan Perilaku Konsumtif Masyarakat Dari Pasar Tradisional ke Pasar Modern.
Rakasyifa, Isfihana dan Gema Wibawa Mukti. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sayur dan Buah di Ritel Online (Suatu Kasus pada Konsumen Ritel Online di Jakarta). Mimbar Agribisnis, Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis 6(1): 275 – 289
Wijoyo, Hadion, Irjus Indrawan, Agus Ie Handoko, dan Ruby Santamoko. (2020). Generasi Z dan Revolusi Industri 4.0. Penerbit CV Pena Persada Purwoketo
https://binus.ac.id/knowledge/2019/05/mengenal-lebih-jauh-revolusi-industri-4-0/ diakses pada 30 Maret 2022