Pengaruh Manajemen Laba Terhadap Return Saham Dengan Kualitas Audit Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi empiris pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2020)

Authors

  • Muntiani Muntiani Akuntansi, Universitas Islam Lamongan
  • Indah Kurniyawati Akuntansi, Universitas Islam Lamongan

Abstract

Return saham adalah salah satu faktor yang memotivasi investor untuk berinvestasi, oleh karena itu perusahaan berusaha meningkatkan return saham melalui manajemen laba. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh manajemen laba terhadap return saham dengan kualitas aduit sebagai variabel pemoderasi. Penelitian ini menunggunakan seluruh perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI sebanyak 64 perusahaan, dan diperoleh sampel sebanyak 20 perusahaan dengan total keseluruhan data sampel sebanyak 80 data dengan menggunakan teknik penarikan sampel purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu MRA (Moderated Regression Analysis). Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa manajemen laba tidak berpenaruh terhadap return saham dan kualitas audit tidak memoderasi hubungan antara manajemen laba dengan return saham.

References

Adiwibawa, Akhmad S. (2018). Pengaruh Manajemen Laba, Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap Return Saham dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Universitas Pamulang. Volume 6 (2); 216-218.

Anggraini, Elsa T. (2019). Pengaruh Manajemen Laba terhadap Return Saham dengan Kualitas Audit sebagai Variabel Pemoderasi. Skripsi. Kediri: Universitas Nusantara PGRI.

Ats’tsaqafiyah, Inayah. (2016). Pengaruh Good Corporate Governance dan Kualitas Audit dalam Memoderasi Hubungan Manajemen Laba terhadap Return Saham. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Darmawan, Putu E. (2020). Kualitas Audit sebagai Pemoderasi Pengaruh Manajemen Laba terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akademi Akuntansi. Volume 3 (2); 186-188.

Fitrianingsih, Dwi. (2018). Pengaruh Manajemen Laba dan Kinerja Keuangan terhadap Return Saham dengan Kualitas Audit sebagai Variabel Moderating: studi empiris pada sektor perbankan di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi. Volume 14 (2); 118-120.

Hawari, Muhamad N., dan Putri Zuwesty E. (2020). Pengaruh Kinerja Keuangan, Ukuran Perusahaan dan Manajemen Laba terhadap Return Saham dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmu Akuntansi. Volume 13 (1); 30-32.

Indrayanti, Ni Putu A. D., dan Wirakusuma Made G. (2017). Pengaruh Manajemen Laba pada Return Saham dengan Kualitas Audit dan Corporate Governance sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Volume 20 (3); 1782-1785.

Istiqomah, Aisyah dan Andhariani, Desi. (2017). Pengaruh Manajemen Laba terhadap Stock Return dengan Kualitas Audit dan Efektifitas Komite Audit sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Volume 19 (1); 9-10.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Downloads

Published

07-07-2022

How to Cite

Muntiani, M., & Kurniyawati, I. (2022). Pengaruh Manajemen Laba Terhadap Return Saham Dengan Kualitas Audit Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi empiris pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2020). Seminar Nasional Riset Ekonomi Dan Bisnis, 1(1). Retrieved from https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/Semnas/article/view/1204