Analisis SWOT Penerapan Aplikasi Sistem Manajemen Informasi BAZNAS (SiMBA) pada Pengelolaan Dana Zakat Infaq dan Sedekah BAZNAS Kabupaten Banjar

Authors

  • Nika Rusanti IAI Darussalam Martapura
  • Lola Malihah IAI Darussalam Martapura
  • Husna Karimah IAI Darussalam Martapura

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengelolaan zakat, infaq, dan sedekah dengan penerapan aplikasi Sistem Manajemen Informasi Baznas (SiMBA) pada Baznas Kabupaten Banjar dan untuk mengetahui efektivitas pengelolaan zakat, infaq, dan sedekah melalui penerapan aplikasi Sistem Manajemen Informasi Baznas (SiMBA) pada Baznas Kabupaten Banjar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif analisis. Dalam penelitian ini, wawancara dilakukan pada seluruh pengurus yang ada di Baznas. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pengelolaan dana ZIS dilakukan pencatatan secara manual dengan menggunakan Microsoft excel dan melakukan peng-inputan melalui aplikasi SiMBA dimana dukungan infrastruktur seperti laptop, komputer dan jaringan internet yang sudah memadai. Akan tetapi, kesulitan akses aplikasi dan kurangnya pegawai yang berpengalaman mengoperasikan SiMBA dapat menghambat pendataan yang seharusnya dapat diselesaikan sesuai target. Aplikasi SiMBA merupakan aplikasi teknologi informasi Baznas yang terbukti mampu meningkatkan efektivitas pengelolaan zakat sehingga dapat meningkatkan kepercayaan dan animo para muzakki untuk menyalurkan zakatnya melalui lembaga Baznas Kabupaten Banjar jika pemanfaatan teknologi sistem informasi bisa dimaksimalkan. Selain itu, penggunaan aplikasi ini akan membuktikan bahwa Baznas merupakan lembaga yang transparan dan akuntabel dalam penerimaan, pengelolaan, dan penyaluran dana Zakat, Infaq, dan Sedekah.

References

Badan Amil Zakat Nasional, 2021. Agus, Marimin, and Tira Nur Fitria. “Zakat Profesi (Zakat Penghasilan) Menurut Hukum Islam.†Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 1, no. 01 (2015): 50–60.

Al-Aziiz, Arief Nur Rahman. Ibadah Zakat. Edited by Paramita Perdani. Klaten: Cempaka Putih, 2019.

Bahri, Efri Syamsul, and Sabik Khumaini. “Analisis Efektivitas Penyaluran Zakat Pada Badan Amil Zakat Nasional.†Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking 1, no. 2 (2020): 164–75.

Budaya, Adang, and Syamsuddin Ali Nasution. “Pengembangan Mandatori Zakat Dalam Sistem Zakat Di Indonesia.†Jurnal Ilmiah Living Law 13, no. 1 (2021): 1–10.

Fatimah, Fajar Nur’aini Dwi. Teknik Analisis SWOT. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia, 2020.

Hastuti, Qurratul ’Aini Wara. “Infaq Tidak Dapat Dikategorikan Sebagai Pungutan Liar.†ZISWAF : Jurnal Zakat Dan Wakaf 3, no. 1 (2017): 40–62.

Hisamuddin, Nur. “Telaah Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pada Badan 101 Amil Zakat Infaq Dan Shadaqoh.†ZISWAF : Jurnal Zakat Dan Wakaf 3, no. 1 (2017): 166–85.

Komala, Risma Dwi, and Tri Indra Wijaksana. “Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT Studi Pada Eduplex Coworking Space Bandung.†E- Proceeding of Management 6, no. 1 (2019): 920–27.

Kurniawati, Fitri. “Filosofi Zakat Dalam Filantropi Islam.†Adzkiya: Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah 5, no. 2 (2017): 231–54.

Miles, and Huberman. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1992.

Nasional, Badan Amil Zakat. Bagian Liaison dan Pelaporan, 2018. Panduan SiMBA. Kedua.

Nawawi, Kholil, and Witri Aulia Maudy. “Pengaruh Implementasi Sistem Informasi Manajemen Zakat BAZNAS (SIMBA) Terhadap Pengelolaan Zakat Kota Bogor.†Ekonomi Islam 10, no. 2 (2019): 227–41.

Rahman, Taufikur. “Akuntansi Zakat, Infaq Dan Sedekah (PSAK 109): Upaya Peningkatan Transparansi Dan Akuntabilitas Organisasi Pengelola Zakat (OPZ).†Muqtasid : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah 6, no. 1 (2015): 141–64.

Sabiq, Sayyid. Fikih Sunnah 14. Bandung: Pt. Alma’arif, 1987. Sari, Elsi Kartika. Pengantar Hukum Zakat Dan Wakaf. Jakarta: PT. Grasindo, 2006. Shihab, Quraish.

Sugiyono. Metedologi Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2017.

Profit Lembaga Pengawas Zakat. Jakarta: Departemen RI, 2012 dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Downloads

Published

07-07-2022

How to Cite

Rusanti, N., Malihah, L., & Karimah, H. (2022). Analisis SWOT Penerapan Aplikasi Sistem Manajemen Informasi BAZNAS (SiMBA) pada Pengelolaan Dana Zakat Infaq dan Sedekah BAZNAS Kabupaten Banjar. Seminar Nasional Riset Ekonomi Dan Bisnis, 1(1). Retrieved from https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/Semnas/article/view/1206