Pengaruh Product Placemen Terhadap Minat Beli Konsumen Study Kasus Pada Produk Cimory Di Youtube

Authors

  • Nanto Purnomo Universitas Islam Lamongan

Abstract

Seringkali kita menjumpai iklan yang sebelumnya hanya di televisi sekarang sudah banyak yang beriklan di youtube.  Pembaruan sumber daya periklanan Google menunjukkan bahwa YouTube memiliki 139,0 juta pengguna di Indonesia pada awal 2022. Angka ini berarti jangkauan iklan YouTube 2022 setara dengan 50,0 persen dari total penduduk Indonesia di awal tahun. Banyaknya iklan terkadang membuat perhatian penonton pada iklan produk menurun baik itu di televisi maupun di youtube. Tak heran khusunnya di konten-konten youtube kini mulai banyak menerapkan strategi marketing yang dapat mengikuti perkembangan media komunikasi masa yaitu product placement. Dalam hal ini pengamatan dilakukan pada chanel youtube nihongo mantapu yang sering menempatkan product placemen produk-produk cimory.Dari fenomena inilah peneliti ingin mengetahui apakah terdapat hubungan antara product placemen terhadap minat beli konsumen dan berapa besar pengaruh product placemen mempengaruhi minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data menggunakan kuisioner menggunakan teknik Purposive sampling. Uji validitas instrument penelitian menggunakan convergent validity dengan melihat nilai masing-masing indikator factor loading pada item kuesioner. Pengujian reliabilitas dengan melihat nilai cronbach’s alpha Pengujian penelitian dilakukan dengan bantuan alat Statistic Structural Equation Modelling (SEM) berbasis Partian Least Square versi 3. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa variabel product placemen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk. Dan nilai koefisien determinasi pada variabe Minat Beli Konsumen sebesar 0,480 artinya variabel minat beli konsumen dipengaruhi oleh variabel product placemen sebesar 48% sedangkan sisanya sebesar 52 % dijelaskan oleh variabel lain diluar dari model penelitian ini.

References

Amelia, Vicky Rizky & Udung Noor Rosyad.(2020). Pengaruh Product Placement Iklan Samsung Galaxy Note 10 terhadap Minat Beli. Prosiding Manajemen Komunikasi,6(2),357-364

Dwiriyanto, andi(2022, februari 19).Data digital indonesia tahun 2022. Kompasiana.com. https://www.kompasiana.com/andidwiriyanto/620fe14651d76471ad402f76/data-digital-indonesia-tahun-2022?page=all

Fatmasari, Fajria & Christian Kuswibowo.(2020). Strategi Product Placement Pada Kanal Youtube. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Industri Dan Rantai Pasok. 1(1),238-244

Fikri, Ahsanul Haikal.(2022, Juni 30).Dampak perkembangan teknologi terhadap televisi di indonesia.kumparan.com. https://kumparan.com/ahsanul-haikal-fikri/dampak-perkembangan-teknologi-terhadap-televisi-di-indonesia-1yFRRPqk81U/3

Hair, J. F., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2011). PLS-SEM: Indeed a Silver Bullet. Journal of Marketing Theory and Practice , 19 (2), 139-152.

Kaskus.co.id.(2022 maret 13). 7 negara dengan pengguna youtube terbanyak di dunia, Indonesia nomor berapa?. https://m.kaskus.co.id/thread/622d817d0e85ba4fde25bbc2/7-negara-dengan-pengguna-youtube-terbanyak-di-dunia-indonesia-nomor-berapa/?ref=forumlanding&med=thread_list

Kristanto, Harris dan Ritzky Karina M.R. Brahmana. (2016). Pengaruh Product Placement pada Film Indonesia terhadap Brand Awareness dan Purchase Intention Masyarakat Surbaya, Jurnal Manajemen Pemasaran, 10(1), 21

Mahmudan, Ali(2022, May 11).Pengguna Youtube Indonesia Terbesar Ketiga di Dunia pada 2022. Dataindonesia.id.https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-youtube-indonesia-terbesar-ketiga-di-dunia-pada-2022

Millenia, Diah Permata, dkk. (2021). Analisis Pengaruh Brand Awareness, Brand Image Dan Product Placement Terhadap Minat Beli Konsumen Kopiko Dalam Drama Korea Vincenzo. Konferensi Nasional Sosial dan Engineering Politeknik Negeri Medan. 580-588

Pancaningrum, E & T. ULani. (2020). The Effect of Product Placement on Customer Interests in Mediation by Brand Awareness. 17th International Symposium on Management (INSYMA), 115(1), 177-182

Rahmawati, sintia & Zulfebriges Rahman.(2020). Pengaruh Product Placement dalam Music Video terhadap Minat Beli Konsumen. Prosiding Manajemen Komunikasi,6(2), 444-450

Razati, Girang & dkk.(2020). The Effect of Product Placement on Interest in Using Grab as An Online Transportation Services. Proceedings of the 5th Global Conference on Business, Management and Entrepreneurship (GCBME), 187(1), 565-569

Riyanto, Galuh Putri(2022, Januari 12).Youtube diramal jadi raja streaming tahun ini kalahkannetflix.Kompas.com.https://tekno.kompas.com/read/2022/01/12/15150017/youtube-diramal-jadi-raja-streaming-tahun-ini-kalahkan-netflix?page=all

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2000). Consumer Behavior. New Jersey : Prentice Hall

Setiawan, Agung Bayu & dkk.(2020). Pengaruh Penempatan Produk Di Film/Drama Korea terhadap Keputusan Pembelian, Dimediasi Oleh Minat Beli Brand Samsung.Jurnal Ekonomak,6(3), 38-46

Subianti, T., & Hudrasyah, H. (2013). Analysis of movies product placement and its effect towards the audience case study: Ayat Ayat Cinta, Perahu Kertas, Habibie & Ainun movie. Journal of Buiness and Management, 2(2), 163–189.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Downloads

Published

07-07-2022

How to Cite

Purnomo, N. (2022). Pengaruh Product Placemen Terhadap Minat Beli Konsumen Study Kasus Pada Produk Cimory Di Youtube. Seminar Nasional Riset Ekonomi Dan Bisnis, 1(1). Retrieved from https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/Semnas/article/view/1223