Pendampingan Pemanfaatan Media Bahan Alam Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak PAUD

Authors

  • Neneng Nurhasanah Institut Madani Nusantara, Indonesia
  • Dede Ridwan Institut Madani Nusantara, Indonesia
  • Irsan Apriandinata Institut Madani Nusantara, Indonesia
  • Ridwan Agustian Nur Institut Madani Nusantara, Indonesia
  • Ade Ruslan Hidayat Institut Madani Nusantara, Indonesia

Abstract

Permasalahan yang terjadi di lapangan yaitu berkurangnya kreativitas pada anak karena lingkungan yang tidak mendukung seperti metode pembelajaran yang digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran kurang bervariasi sehingga proses pembelajaran menjadi terasa membosankan. Tujuan kegiatan pengabdian yaitu  memberikan pengetahuan dan keterampilan untuk memfasilitasi proses bermain anak, dengan menggunakan media seperti media bahan alam dengan menggunakan Daun Suji. Metode yang digunakan yaitu pendampingan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini yaitu bahwa media bahan alam sebagai media pembelajaran oleh guru secara tepat akan membantu anak dalam menggembangkan berbagai aspek perkembangan anak baik aspek kognitif, social, emosional, bahasa, motorik, moral dan nilai-nilai agama serta kecakapan hidup.

References

Afrianingsih, A., Salsabillah, A. P., Hidayah, F. N., Farida, N., Junaidi, M. H., Sa’adah, I., Musdalifah, A., Afrianingsih, I. P. A., Salsabillah, A. P., Hidayah, F. N., Farida, N., Junaidi, M. H., Sa’adah, I., Musdalifah, A., & Astuti8, I. P. (2021). KEGIATAN PEMBELAJARAN TK BUMI UKIR BERBASIS KEARIFAN LOKAL BUDAYA DI JEPARA. Jurnal Tumbuhkembang, 8(1).

Arpan, M. (2015). Pengaruh Kreativitas Dosen, Kompetensi Dosen, Dan Fasilitas Laboratorium Komputer Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Komputer Mahasiswa. Jurnal Edukasi, 13(2), 203–217.

Filtri, H., & Novitasari, Y. (2020). Media Pembelajaran Bernilai Ekonomis Berbasis Recycle System untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 813–819. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.296

Hanifah, N. (2017). Meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan bermain warna. Jurnal PG- - PAUD Trunojoyo, 4(1), 64–75.

Munawar, M., Prasetyo, A., & Pusari, R. W. (2013). Pengembangan model pembelajaran inovatif melalui pendekatan in house training berbasis kearifan budaya lokal. Jurnal Penelitian PAUDIA, 2(1), 1–13.

Prahesti, S. I., & Fauziah, S. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Kearifan Lokal Kabupaten Semarang. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 505–512. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.879

Sari, D. P. (2020). Kreativitas Dosen Sebagai Youtuber Pada New Normal. Jurnal AKRAB JUARA, 5(3), 183–195.

Suwardi. (2011). Efektivitas Media Pembelajaran bagi Pendidik PAUD. Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 1(2), 72–77.

Downloads

Published

07-07-2022

How to Cite

Nurhasanah, N., Ridwan, D., Apriandinata, I., Nur, R. A., & Hidayat, A. R. (2022). Pendampingan Pemanfaatan Media Bahan Alam Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak PAUD. Seminar Nasional Riset Ekonomi Dan Bisnis, 1(1). Retrieved from https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/Semnas/article/view/1227