Ketahanan UMKM Menghadapi Masa Pandemi Covid (Studi Kasus Pada UMKM Olahan Pangan dan Toko Klontong di Kota Semarang)

Authors

  • Sinta Petri Lestari Universitas Pandanaran
  • Andi Tri Haryono Universitas Wahid Hasyim
  • Aziza Restu Febrianto Universitas Nasional karang turi

Abstract

Banyak UMKM telah mengalami penurunan pendapatan penjualan sebagai dampak kondisi pandemi Covid 19 saat ini. Akhir-akhir ini secara Internasional banyak negara yang terjadi krisis multidimensional, termasuk di dalamnya adalah bangsa Indonesia, di Kota Semarang salah satunya, penyebabnya adalah adanya wabah virus pandemi Covid-19 yang berkepanjangan sampai dengan tahun 2022 sampai saat ini pun masih belum berakhir. Dampak negatif yang ditimbulkan adalah dapat melumpuhkan dunia usaha, menggoyahkan sendi kesejahteraan masyarakat luas, dunia kerja semakin sempit, sementara masyarakat yang membutuhkan pekerjaan yang terus meningkat, muncul masalah pengangguran yang terus meningkat. Sebagai solusi yang tepat untuk fenomena permasalahan tersebut adalah menumbuhkembangkan jiwa wirausaha. Penelitian ini bertujuan menganalisis variabel-varibel yang mempengaruhi ketahanan UMKM dalam melewati masa pandemi ini. Beberapa variabel yang diduga dapat mempengaruhinya adalah; Produk, Strategi Promosi dan Kecerdasan Emosional Sebagai Variabel Moderating. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM Olahan Pangan dan Kelontong di Kota Semarang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 304 (10 x 30) + 4. Para pelaku usaha di sektor UMKM berupaya mempertahankan bisnis atau usahanya di tengah pandemi Covid 19 dengan tetap mengikuti peraturan pemerintah dan protokol kesehatan serta keamanan dengan berbagai upaya yang diamati (observe), diidentifikasi (to orient), membuat keputusan (decide), dan melakukan aktivitas kembali (to act) dengan terus melakukan observasi, mengidentifikasi, membuat keputusan, dan bertindak secara terus menerus dalam satu siklus yang tidak dibatasi waktu. Para pelaku usaha menerapkan strategi pemasaran yang efektif serta memaksimalkan kemampuan kecerdasan emotional mereka untuk tetap mempertahankan siklus bisnis merekan dengan memperhatikan setiap perubahan yang terjadi sewaktu-waktu.

References

DAFTAR PUSTAKA

Apriliani, M. F., & Widiyanto, W. (2018). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha Dan Tenaga Kerja Terhadap Keberhasilan Umkm Batik. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 761-776.

Balik, Dessy. "Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Potensi Kewirausahaan Terhadap Keberhasilan Berwirausaha: Studi Terhadap Wirausaha Etnis Toraja Di Kota Ambon." Management Studies And Entrepreneurship Journal (Msej) 1.2 (2020): 110-117.

Bitsch, V. 2008. Spirituality And Religion Developments In The Management Literature Relevant To Agribusiness And Entrepreneurship? Annual World And Symposium Of The International Food And Agribusiness Management Association. Bitsch@Msu.Edu

Chandra, Purdi E., 2001. Menjadi Entrepreneur Sukses. Jakarta: Pt Gramedia Widiasarana Indonesia

Daryanto, H., Nurhayati, P., K., Sarianti, T., & Muflikh, Y. N. (2012). Analisis Pengaruh Karakteristik Kewirausahaan Terhadap Kinerja Wirausaha Pada Unit Usaha Kecil-Menengah (Ukm) Di Provinsi Jawa Barat.

Erliah. 2007. Pengaruh Persaingan, Promosi Dan Keunikan Produk Terhadapkeberhasilan Usaha Para Pengerajin Batik Desa Trusmi Kulon Kecamatan Plared Kabupaten Cirebon.Skripsi Upi Tidak Dipublikasikan

Ghozali, Imam, 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 19â€, Edisi 5 Cetakan V, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hajar, Siti, And I. Putu Gde Sukaatmadja. "Peran Keunggulan Bersaing Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran." E-Jurnal Manajemen Unud 5.10 (2016): 6580-6609.

Liana, Lie. "Penggunaan Mra Dengan Spss Untuk Menguji Pengaruh Variabel Moderating Terhadap Hubungan Antara Variabel Independen Dan Variabel Dependen." Dinamik 14.2 (2009).

Mirnawati, E., Yusuf, M., & Habibah, G. W. I. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Wirausaha Pada Peternakan Sapi Potong Di Kota Jambi (Doctoral Dissertation, Uin Sulthan Thaha Saifuddin).

Noor, H. F. (2012). Ekonomi Manajerial. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Noor, Henry Faizal. (2007). Ekonomi Manajerial. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada

Prakosa, Bagas, And Ghozali Imam. "Effect Of Market Orientation, Innovation And Learning Orientation On Company Performance To Achieve Competitive Advantages (Empirical Studies In Manufacturing Industry In Semarang)." Journal Of Management And Organizational Studies 2.1 (2005): 8-27.

Pritandhari, M. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Dan Dampaknya Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Pada Bmt Amanah Ummah Sukoharjo). Jurnal Pendidikan Ekonomi Um Metro, 3(1), 41-56.

Riyanti, Benedicta Prihatin And Dwi Novalina, Dominica,. "Pengaruh Gaya Berpikir Kreatif Dan Optimisme Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Wirausaha Batik Di Daerah Istimewa Yogyakarta." Manasa-Old 3.1 (2014): 48-64.

Saiman, L. (2014). Kewirausahaan Teori, Praktik Dan Kasus - Kasus. Jakarta Salemba Empat.

Soetjipto, Dr. HM. Noer. (2020) “ Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemic Covid 19†Yogyakarta: K-Media

Sunar, Dwi, 2010, Edisi Lengkap Tes IQ, EQ, dan SQ, Cetakan Pertama, Penerbit Flash Books, Jogjakarta

Suryabrata, Sumadi. (2004). Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali Press.

Suryana. (2014). Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat Dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Suryana. Y. Bayu. (2010). Kewirausahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Kencana.

Uno, B. Hamzah. (2006). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jogkakarta: Ptbumi Aksara

Zimmerer, W. Thomas., Norman M. Scarborough Dan Dough Wilson (2008), Kewirausahaan Dan Manajemen Usaha Kecil, Jakarta: Salemba Empat

Downloads

Published

15-01-2023

How to Cite

Lestari, S. P., Haryono, A. T., & Febrianto, A. R. (2023). Ketahanan UMKM Menghadapi Masa Pandemi Covid (Studi Kasus Pada UMKM Olahan Pangan dan Toko Klontong di Kota Semarang). Seminar Nasional Riset Ekonomi Dan Bisnis, 1(1). Retrieved from https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/Semnas/article/view/1236