Menumbuhkan Intensi Berwirausaha pada Generasi Milenial Universitas Pandanaran
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik kewirausahaan melalui pengaruh pendidikan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha terhadap intensi berwirausaha pada generasi milenial Universitas Pandanaran. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei dengan populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Pandanaran sebagai generasi milenilal. Pengambilan sampel yang digunakan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria mahasiswa Universitas Pandanran yang sudah mengambil mata kuliah kewirausahaan. Dengan adanya pendidikan kewirausahaan diharapkan mahasiswa memiliki jiwa wirausaha serta wadah bagi mahasiswa untuk berwirausaha. Pendidikan kewirausahaan digunakan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha dan memberikan bekal pengetahuan kepada mahasiswa supaya dapat menciptakan lapangan pekerjaan setelah lulus nanti.Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil pengujian hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa: tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha, lalu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi berwirausaha terhadap intensi berwirausaha, dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara pendidikan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha terhadap intensi berwirausaha . Sehinggan secara tak langsung karakteristik kewirausahaan mempengaruhi generasi milenial
Â
References
Aini, Q., & Oktafani, F. (2020). Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas …. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), 151–159. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845
Basu, A., and Meghna Virick. 2007. Assesing Entrepreneurial Intentios Among Students: A Comparative Study. Peer-Reviewed Papers, 71-86.
Barba-Sánchez, V., & Atienza-Sahuquillo, C. (2018). Entrepreneurial intention among engineering students: The role of entrepreneurship education. European Research on Management and Business Economics, 24(1), 53–61.
Chandra, Purdi E., 2001. Menjadi Entrepreneur Sukses. Jakarta: Pt Gramedia Widiasarana Indonesia
Daryanto, H., Nurhayati, P., K., Sarianti, T., & Muflikh, Y. N. (2012). Analisis Pengaruh Karakteristik Kewirausahaan Terhadap Kinerja Wirausaha Pada Unit Usaha Kecil-Menengah (Ukm) Di Provinsi Jawa Barat.
Ekpoh, U. I., & Edet, A. O. (2011). Entrepreneurship education and career intentions of tertiary education students in Akwa Ibom and Cross River States, Nigeria. International Education Studies, 4(1), 172–178.
Ghozali, Imam, 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 19â€, Edisi 5 Cetakan V, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Rolph E. Anderson. (2010). Multivariate Data Analysis. Upper Side River, NJ: Prentice Hall. https://doi.org/10.1002/9781119409137.ch4
Mirnawati, E., Yusuf, M., & Habibah, G. W. I. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Wirausaha Pada Peternakan Sapi Potong Di Kota Jambi (Doctoral Dissertation, Uin Sulthan Thaha Saifuddin).
Noor, H. F. (2012). Ekonomi Manajerial. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.
Noor, Henry Faizal. (2007). Ekonomi Manajerial. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada
Prakosa, Bagas, And Ghozali Imam. "Effect Of Market Orientation, Innovation And Learning Orientation On Company Performance To Achieve Competitive Advantages (Empirical Studies In Manufacturing Industry In Semarang)." Journal Of Management And Organizational Studies 2.1 (2005): 8-27.
Riyanti, Benedicta Prihatin And Dwi Novalina, Dominica,. "Pengaruh Gaya Berpikir Kreatif Dan Optimisme Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Wirausaha Batik Di Daerah Istimewa Yogyakarta." Manasa-Old 3.1 (2014): 48-64.
Saiman, L. (2014). Kewirausahaan Teori, Praktik Dan Kasus - Kasus. Jakarta Salemba Empat.
Soetjipto, Dr. HM. Noer. (2020) “ Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemic Covid 19†Yogyakarta: K-Media
Suharti, L., & Sirine, H. (2012). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Niat Kewirausahaan (Entrepreneurial Intention). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 13(2). https://doi.org/10.9744/jmk.13.2.124-134
Sukidjo. 2011. Membudayakan Kewirausahaan. WUNY Majalah Ilmiah Populer Tahun XII, Nomor 1, Januari 2011. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Suryabrata, Sumadi. (2004). Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali Press.
Suryana. (2014). Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat Dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.
Suryana. Y. Bayu. (2010). Kewirausahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Kencana.
Wijaya, Tony. 2008. Kajian Model Empiris Perilaku Berwirausaha UKM DIY dan Jawa Tengah. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan 10(2): 93-104