KEPUASAN PELANGGAN DITINJAU DARI KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN PELAYANAN PADA OUTLET 3 SECOND SURAKARTA (Consumer Purchase Interest Assessed From The Atmosphere Store, Location, And Word Of Mouth Case Study On Solo Boutique)

Authors

  • Erna Mada Lena Fakultas Ekonomi Manajemen
  • Bambang Mursito Fakultas Ekonomi Manajemen
  • Sri Hartono Fakultas Ekonomi Manajemen

DOI:

https://doi.org/10.30736/je.v22i1.697

Keywords:

kualitas produk, citra merek, pelayanan, kepuasan pelanggan

Abstract

Persaingan bisnis fashion saat ini pelaku usaha dituntut mempunyai strategi yang mampu untuk menarik dan mempertahankan konsumen guna keberlangsungan perusahannya. Penelitian ini bertujuan guna untuk menguji kualitas produk, citra merek dan pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Outlet 3 Second Surakarta. Sampel penelitian sampel accidental sampling sebanyak 100 konsumen dengan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian kualitas produk, citra merek dan pelayanan secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Outlet 3 Second Surakarta. Kontribusi dari ketiga variabel independen dapat menjelaskan kepuasan pelanggan sebesar 38,6%  dan sisanya dipengaruhi dari variabel lain

Author Biographies

Erna Mada Lena, Fakultas Ekonomi Manajemen

Fakultas Ekonomi Manajemen

Bambang Mursito, Fakultas Ekonomi Manajemen

Fakultas Ekonomi Manajemen

Sri Hartono, Fakultas Ekonomi Manajemen

Fakultas Ekonomi Manajemen

References

Alfiah, & Nitasari, A. (2020). Pengaruh Antara Harga , Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Sport Station Kota Batu. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis, 106-119.

Ayuningtias, T., & Djoko W, H. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Kartu XL Prabayar Di Kota Semarang (Studi Kasus Pada Pengguna Kartu Xl Prabayar Di Kota Semarang). Diponegoro Journal Of Social And Political, 1-6.

DJ, Y. R., & Titin, T. (2020, October). THE EFFECT OF E-RECRUITMENT AND SPIRIT AT WORK ON EMPLOYEE ACHIEVEMENT AT PT X IN SURABAYA. In 1st International Conference of Business and Social Sciences.

DJ, Y. R. (2019). PENGARUH HARGA KAMAR DAN FASILITAS HOTEL TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI SHANGRILA HOTEL SURABAYA. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 4(1), 889-896.

DJ, Y. R. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SMARTPHONE OPPO. Media Mahardhika, 17(3), 463-466.

Efendi, Y., Mauladi, K. F., Rahmi, C. A., & Afifah, D. N. (2020). Pelatihan Dan Bantuan Dalam Program Pemberdayaan Ekonomi Pada Masa Pandemi Di Desa Tiwet Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 711-714.

Fandy, Tjiptono. (2012). Service Management: Mewujudkan Pelayanan Prima. Service Management: Mewujudkan Pelayanan Prima.

Frendy. Tjiptono (2011). Metode Penelitian untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Ghofur, A., Agustina, N., & Elvierayani, R. R. (2019). Evaluation Of Production Cost Control Using Flexible Budget And Direct-Cost Variance In Restaurant Lamongan Sport Center: Evaluation Of Production Cost Control Using Flexible Budget And Direct-Cost Variance In Restaurant Lamongan Sport Center. Jurnal Mantik, 3(3), 162-166.

Hanila, S., & Hidayat , R. (2019). Hubungan Harga Dan Kualitas Produk Dengan Kepuasan Pelanggan Pada Toko Perlengkapan Baju Sekolah Elis Kota Bengkulu. Ekombis Review, 50-57.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Marketing Managemet. New Jersey: Pearson Education.

Lumentut, F., & Palandeng, I. (2014). Fasilitas, Servicescape, Dan Kualitas Pelayanan, Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Mcdonald’s Manado. Jurnal EMBA, 02(03), 126-136, ISSN 2303-1174.

Marsellina, & Budiono, H. (2019). Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Uniqlo Di Jakarta. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 788-794.

Pasaribu, V. D., & Prayoga, M. S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Baju Batik Hem Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Home Industri Batik Sahara Indah. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 77-83.

Rafidah, & Lasika, M. D. (2019). Pengaruh Kepercayaan Merek, Kualitas Pelayanan Islami Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Outlet Rabbani Di Kota Jambi. Iltizam Journal Of Shariah Economic Research, 58-78.

Robustin , T. P. (2018). Pengaruh Atribut Produk Dan Kualitas Pelayanan Dalam Menciptakan Kepuasan Pelanggan Produk Sophie Paris Di Kecamatan Kaliwates Jember. Global, 57-64.

Suharyadi, D. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Toko Yoehan Wanaherang Bogor. Jurnal ilmu pengetahuan dan komputer, 289-296.

Susanto, A. (2019). Pengaruh Merek, Desain Produk Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Persebaya Store Gresik. JRE: Jurnal Riset Entrepreneurship, 62-67.

Published

2021-03-20