PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN DITINJAU DARI LINGKUNGAN KERJA DAN PELATIHAN KERJA DI HOTEL THE OBEROI BEACH RESORT BALI (EMPLOYEE WORK PRODUCTIVITY ASSESSED FROM WORK ENVIRONMENT AND WORK TRAINING AT THE OBEROI BEACH RESORT HOTEL BALI)

Authors

  • Dewiwati Sujadi Universitas Triatma Mulya
  • Ni Kadek Ayu Fitriani Universitas Triatma Mulya
  • Made Yudi Darmita Universitas Triatma Mulya

DOI:

https://doi.org/10.30736/je.v22i2.840

Keywords:

Lingkungan Kerja, Pelatihan Kerja, Produktivitas Kerja

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan, pengaruh Kerja Praktek terhadap Produktivitas Kerja Karyawan, pengaruh Lingkungan Kerja dan Pelatihan Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan dan serta variabel independen mana yang paling dominan. Tehnik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji validitas, reliablitas, asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi, uji standardized coefisient beta dan uji hipotesis-t. Hasil penelitian didapatkan bahwa Lingkungan Kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Produktivitas Kerja Karyawan, Pelatihan Kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Produktivitas Kerja Karyawan, Lingkungan Kerja dan Pelatihan Kerja secara bersama-sama memberikan kontribusi terhadap peningkatan Produktivitas Kerja Karyawan. Pelatihan Kerja berpengaruh dominan terhadap Produktivitas Kerja.

References

Agustin, Ririn Pratiwi. 2014. Hubungan antara Produktivitas Kerja Terhadap Pengembangan Karis Pada Karyawan PT. Bank Mandiri Tarakan. Ejournal Psikologi.

Aditya,M. Riksa. 2015. Pengaruh Pelatihan dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Primatexco Indonesia Batang. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang.

Anoraga,P. 2014. Psikologi Kerja. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Ardipayasa, I Wayan. 2015. Pengaruh Disiplin Kerja Dan Pelatihan kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Hotel Anantara Vacation Club Seminyak, Bali. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Manjemen Ekonomi. Sekolah Tinggi Ekonomi Triatma Mulya. Dalung.

Algifari. 2012. Analisis Regresi, Teori, Kasus, dan Solusi. BPFE.Yogjakarta.

Almigo, Nuzep. 2004. Hubungan Antara Kepuasan Kerja Dengan Produktivitas Kerja Karyawan. Journal Psikologi. Volume 1 nomor 1 Desember 2004. Palembang. Fakultas Psikologi Universitas Bina Darma. Palembang.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta

Edyun, Neti. 2012. Hubungan Antara Stress Kerja Dengan Produktivitas Kerja Karyawan.

Eko, Widodo Suparno. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Pustaka Pelajar. Yogjakarta.

GHOFUR, A., RUSMAWATI DJ, YUNNI, AFIN, R., RUSWAJI, R., & MUHTAROM, A. (2021). Pandemi COVID 19 dan Efek Spasial Ekonominya: Bukti Empiris di Jawa Timur. Jurnal Isu Kontemporer dalam Bisnis dan Pemerintah , 27 (3), 39-46.

Hasibuan, Malayu S. P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. PT. Bumi Aksara. Jakarta

Indriyani, Safitri. 2015. Pengaruh Pelatihan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Paradise Island Furniture. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta

Isyandi, B. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia dan Perspektif Global.Unri Press. Pekanbaru.

Mardiana. 2005. Manajemen Produksi. Penerbit Badan Penerbit IPWI. Jakarta.

Mangkunegara A. A. Anwar Prabu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Manullang, M. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Maurits, S.L. 2010. Selintas Tentang Kelelahan Kerja. Amara Books. Yogjakarta.

Najiah, E. F., & DJ, Y. R. (2018). PENGARUH PROGRAM DANA BERGULIR OLEH UPK DAN TENAGA KERJA TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN KUWA DI DESA BAMBANG KECAMATAN TURI LAMONGAN. Media Mahardhika, 17(1), 46-53.

Nitisemito, Alex, S. 2015. Manjemen Personalia. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Nitisemito, Alex, S. 2015. Manajemen Personalia. Cetakan Ketiga. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Nuriani, T. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yayasan Aini Syam. Pekanbaru.

Rachmawati, Ike Kusdyah. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Andi Offset. Yogjakarta.

Rusmawati, Y. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Hutang, Dan Umur Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Makanan & Minuman Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi , 1 (2), 111-126.

Robbins dan Coulter. 2010. Manajemen Edisi Kesepuluh. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Sedarmayanti. 2011. Tata Kerja dan Produktivitas Kerja. CV Mandar. Bandung.

Siagian, Sondang, P. 2006. Organisasi Kepemimpinandan Prilaku Administrasi, Penerbit Gunung Agung, Jakarta.

Salinding, Rony. 2011. Analisi Pengaruh Pelatihan Terhadap Produk,tivitas Kerja Karyawan Pada PT. Erajaya Swasembada Cabang Makasar.Skripsi. Tidak diterbitkan. Universitas Hassanudin Makasar. Makasar

Sedarmayanti. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Pradnya. Jakarta.

Solihah, Q., dan Kuncoro, W. 2013. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Konsep, Perkembangan, dan Implementasin Budaya Keselamatan). Penerbit Buku Kedokterran EGC. Jakarta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. CV. Bandung.

Sutrisno, Edi. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Pertama. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Suwatno & Priansa, D. 2011. Manajemen SDM Dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Alfabeta. Bandung.

Rivai, Veithzal dan Sagala, Ella Jauvani. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perushaan Dari Teori ke Praktik, PT Raja Grafindo. Jakarta.

Titin, T., DJ, Y. R., & Azizah, L. N. (2021, June). Karakteristik Pekerjaan, Quality Of Work Life Dan Kepuasan Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior (Ocb) Pada Pt Djasa Bahari Di Surabaya. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL EKONOMI DAN BISNIS (pp. 133-139).

Wexley & Yulk. 2012. Prilaku Organisasi dan Psikologi Personalia. Rineka Cipta. Jakarta

Published

2021-09-30