PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, PERSEPSI DAYA GUNA, PERSEPSI KEPERCAYAAN, DAN PERSEPSI MANFAAT TERHADAP MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAAN E-MONEY PADA BANK BRI LAMONGAN

Penulis

  • Alifatul Laily Romadloniyah Universitas Islam Lamongan
  • Dwi Hari Prayitno Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpensi.v3i2.164

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi daya guna, persepsi kepercayaan dan persepsi manfaat  berpengaruh terhadap minat nasabah untuk menggunakan e-money. Penelitian ini merupakan penelitian survey yaitu suatu penelitian yang dilakukan melalui pengambilan data. Metode analisis data yang digunakan adalah asumsi klasik, metode linier berganda dan analisis koefisien determinsi. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengujian hipotesis melalui uji F dan uji t. penelitian mengambil sampel 100 responden nasabah yang menggunakan e-money di Bank BRI Cabang Lamongan. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda, diperoleh persamaan Y = -0.621 + 0.331 X1 + 0.250 X2 + 0.277 X3 + 0.169 X4, Persepsi Kemudahan Penggunaan (X1) menjadi faktor terbesar yang mmempengaruhi minat nasabah dengan nilai koefisien regresi sebesar 6.539. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Daya Guna, Persepsi Kepercayaan dan Persepsi Manfaat secara simultan berpengaruh terhadap minat nasabah PT. BRI Cabang Lamongan. Dari penelitian ini diperoleh nilai R Square sebesar 0.811, yang artinya seluruh variabel bebas yakni persepsi kemudahan penggunaan, persepsi daya guna, persepsi kepercayaan dan persepsi manfaat mempunyai kontribusi secara bersama-sama sebesar 81.1% terhadap variabel terkait yaitu minat nasabah, sedangkan 18.9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.

 

Kata kunci: Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Daya Guna dan Persepsi Kepercayaan, Persepsi Manfaat, Minat Nasabah, E-money.

Referensi

Adji, and Semuel. 2011. “Pengaruh Satisfaction dan Trust terhadap minat beli konsumen di Starbucks The Square Surabaya.†Jurnal Manajeme Pemasaran Petra Vol. 2 No.1.

Amijaya. 2010. “Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Kemudahan, Resiko dan Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking†(Studi Pada Nasabah Bank BCA). Skripsi Universitas Diponegoro Semarang.

Baridwan, Tjini. 2013. “Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan Internet Banking.â€

Bougie, Roger dan Uma Sekaran, 2010. Research Methods For Business, 5th Edition. John Wiley and Sons Ltd.

Chellappa, R. and Paul 2014. “Perceived Information Security, Financial Liability, and consumer Trust in Electronic Commerce Transactions.†Journal of Logistics Information Management.

Ferdinand, Augusty, 2006. Metode Penelitian Manajemen, Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jogiyanto, 2007. Sistem Informasi Keprilakuan, Yogyakarta

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2012. Manajemen Pemasaran, Edisi 14, Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks.

Mahardika, A. and Basuki, R. 2011. Factor Determining Acceptance Level of Internet Banking Implemantation. Journal of Economics, Business, and Acccountancy.

Malhotra, Naresh K., 2009. Riset Pemasaran, Edisi 4. Jakarta: PT. Indeks.

Muhibbin, 2010. Pendidikan Psikologi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Priyatno, Duwi, 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta : Mediakom.

Sanusi, A, 2011. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sekaran, Uma, 2007. Research Method For Business (Metodologi Penelitian Untuk Bisnis), Edisi 4. Jakarta: Salemba 4.

Sugiyono, 2010. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono F., dan Chandra G., 2005. Service Quality and Satisfaction, Edisi 2. Yogyakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2018-06-25