PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED DAN PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP RETURN SAHAM PERTAMBANGAN DI BEI DENGAN INTELLECTUAL CAPITAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Penulis

  • Nurdina Nurdina Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Hermono Widiarto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpensi.v3i3.187

Abstrak

Perusahaan yang sehat merupakan perusahaan yang memiliki kinerja yang baik di sisi keuangan maupun sisi manajemennya. Kinerja keuangan perusahaan yang baik akan dapat menunjukkan besarnya nilai tambah yang akan dihasilkan, dan akan tercermin pada pengingkatan nilai perusahaan. Salah satu pendekatan dalam menilai kinerja suatu perusahaan adalah dengan menggunakan Economic Value Added (EVA). EVA adalah ukuran keberhasilan manajemen perusahaan dalam meningkatkan nilai tambah. Good Corporate Governance (GCG) merupakan konsep yang diajukan untuk meningkatkan kinerja perusahaan melalui pengawasan kinerja manajemen serta menjamin akuntabilitas terhadap stakeholder dengan mendasarkan pada peraturan. Agar dapat bertahan, perusahaan dengan cepat mengubah dari bisnis yang berdasarkan labor based business (tenaga kerja) kearah knowledge based business (bisnis berdasarkan pengetahuan) dimana karakteristik utamanya adalah ilmu pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh economic value added dan penerapan Good Corporate Governance terhadap return saham melalui intellectual capital sebagai variabel intervening. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Obyek penelitian ini menggunakan perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI, dengan periode penelitian mulai tahun 2012 - 2015. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah purposive sampling. Data yang dibutuhkan adalah data laporan keuangan tahunan audited dan data harga saham. Alat analisis menggunakan regresi linier berganda dengan SPSS versi 20 dan analisa path. Hasil penelitian adalah EVA berpengaruh terhadap Intellectual Capital (IC), GCG tidak berpengaruh terhadap IC, EVA tidak berpengaruh terhadap Return Saham, GCG  berpengaruh terhadap Return Saham. IC tidak memediasi EVA terhadap Return Saham, IC memediasi GCG terhadap return saham. Luaran penelitian adalah jurnal nasional tidak terakreditasi.

 

Kata kunci: Economic Value Added, Good Corporate Governance, Intellectual Capital,  

                   Return Saham

Referensi

Abdullah, Faisal. 2003. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Malang. UMM.

Brigham, E.F. & Joel F.H. 2001. Fundamentals of Financial Management. (9th edition). San Diego: Harcourt, Inc.

Carningsih. 2009. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Hubungan Antara Kinerja Keuangan Dengan Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jakarta. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma. (Online), (http://www.gunadarma.ac.id), diakses 10 April 2013).

El-Chaarani, H. 2014. The Impact of Corporate Governance on the Performance of Lebanese Banks. The International Journal of Business and Finance Research. 8(5):22-34.

Forum for Corporate Governance in Indonesia, 2003., Indonesian Company Law. (http://www.fcgi.org.id)

Goh, P.C. 2005. Intellectual Capital Performance of Commercial Banks in Malaysia. Journal of Intellectual Capital. 6 (3): 385 – 396.

Jogiyanto. 2003. Teori Portofolio dan Analisis Investasi, Edisi Ketiga, Cetakan Pertama, Yogyakarta. BPFE-Yogyakarta.

Kaunang, Cendy A.S. 2013. “Analisis Perbandingan Kinerja Perusahaan Menggunakan Rasio Profitabilitas dan Economic Value Added Pada Perusahaan Yang Tergabung Dalam LQ45â€. Jurnal EMBA.1(3): 648-657.

Murti, Bhisma. 2011. Validitas dan Realibiltas Pengukuran [online]. Tersedia: http:/si.uns.ac.id/profil/upload publikasi/Buku/Murti 06.pdf. [28 Nopember 2013].

Nuswandari, Cahyani. 2009. Pengaruh Corporate Governance Perception Index terhadap Kinerja Perusahaan Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. 16(2).

Pratiwi, Nining dan Suryanawa, I. Kt. 2014. Pengaruh Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility Disclosure Pada Return Saham. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. 9(2).

Rudianto. 2006. Akuntansi Manajemen. Jakarta.PT Grasindo.

Sawarjuwono, T. 2003. Intellectual capital: perlakuan, pengukuran, dan pelaporan (sebuah library research). Jurnal Akuntansi dan Keuangan. 5 (1): 35-57.

Susanti, Rika. 2010. Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Go Public yang Listed Tahun 2005-2008). Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

The Indonesian Institute for Corporate Governance. 2012. Laporan Program Riset dan Pemeringkatan CGPI Tahun 2011.Jakarta.

Tandelin, E.2010. Portofolio dan Investasi.Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Ujiyanto, Muh. Arief dan Pramuka, Bambang Agus. 2007. Mekanisme Corporate Governance, Manajemen Laba dan Kinerja Keuangan (Studi Pada Perusahaan go public Sektor Manufaktur). Simposium Nasional Akuntansi X. Makasar.

Ulum, Ihyaul. 2008. Intellectual Capital Performance Sektor Perbankan di Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. 10( 2). Universitas Muhammadiyah Malang.

Unduhan

Diterbitkan

2018-10-15