OPTIMALISASI PORTOFOLIO SAHAM MENGACU PADA MODEL INDEKS TUNGGAL (Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015 Studi Pada Saham Perbankan)

Penulis

  • ADYTIRA RAHMAN Program Studi Akuntansi Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpensi.v4i2.242

Abstrak

Investasi salah satu langkah positif mengalokasikan sesuatu yang berharga  dapat berupa asset: uang atau barang yang mempunyai nilai dengan tujuan /harapan dalam jangka waktu tertentu dapat memberikan nilai tambah kususnya bagi pemilik (Investor). Selain memperoleh keuntungan ada resiko yang mungkin bisa terjadi. Untuk memperkecil resiko investor memilih serta melakukan portofolio optimal, dengan pemilihan pencatatan portofolio  yang  optimal investor dapat menganalisis dan mencermati dipasar saham. Tujuan dari penelitian  ini  adalah mengetahui proses pembentukan optimalisasi portofolio yang mengacu pada model indeks tunggal saham, menganalisis  saham  yang membentuk portofolio optimal dari saham perbankan serta proporsi dari masing-masing saham optimal dan menentukan tingkat pengembalian yang di inginkan dan risiko yang dibentuk pada masing-masing saham yang optimal pada saham perbankan. Untuk mengetahui optimalisasi saham dalam penelitian ini mengacu pada model indeks tunggal.  Berdasarkan hasil penelitian terhadap 27 saham perbankan terbentuk 3 saham yang membentuk  portofolio optimal yaitu MAYA, BSWD dan SDRA dengan masing-masing proporsi sebesar MAYA 25,195%,  BSWD  sebesar  23,841% dan SDRA sebesar 28,58%. Rekomendasi bagi investor yaitu disarankan memilih saham-saham MAYA, BSWD dan SDRA untuk pilihan berinvestasi pada sekuritas-sekuritas yang ada dalam perusahaan jasa yang bergerak di bidang keuangan perbankan di Bursa Efek Indonesia, Sehingga saham-saham tersebut merupakan saham unggulan yang memiliki tingkat pengembalian relatif untuk risiko kecil.

Kata Kunci :Optimalisasi Portofolio Saham, Model Indeks Tunggal

Referensi

Ahmad Khotim, D. d. (2014). Analisis Pembentukan Portofolio Optimal dengan menggunakan Model Indeks Tunggal dan Stochastic Dominance. Jurnal Administrasi Bisnis.

Bank Indonesia. (2012, Mei 25). Retrieved from http://www.bi.go.id

Halim, A. (2003). Analisis Investasi. Jakarta: Salemba Empat.

Hapsari, L. C. (2013). Analisis Pembentukan Portofolio Optimal dengan Menggunakan Model Markowitz Untuk Saham LQ-45 Periode 2008-2012. Jurnal Manajemen.

Hartono, J. (2013). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Husnan, S. (2005). Dasar-dasar teori Portofolio dan Analisi Sekuritas. Yogyakarta: AMP YKPN.

Mukodim, S. (2012). Pembentukan Portofolio Saham dengan Model Indeks Tunggal pada Perusahaan Perbankan di Bursa Efek Indonesia . Jurnal manejemen.

Rahayu, S. B. (2014). Analisis Pembentukan Portofolio Saham Menggunakan Model Indeks Tunggal Untuk pengambilan k=Keoutusan Investasi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Syahyunan, S. d. (2013). Analisis Pembentukan Portofolio Optimal Saham dengan Model Indeks Tunggal (Studi pada Saham LQ-45 di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Manajemen.

Tandelilin, E. (2001). Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Trihariyanto, R. R. (2013). Analisis Portofolio Optimal Berdasarkan Model Indeks Tunggal (Study kasus pada Saham Syariah di BEI). jurnal Matematika.

www.idx.co.id

Unduhan

Diterbitkan

2019-06-17