PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN ONE STOP SERVICE TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA (Studi Pada STIE Malangkucecwara Malang)

Authors

  • TITA BOEDI ASTUTI Program Studi Manajemen STIE Malangkucecwara Malang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpensi.v4i2.247

Abstract

Pelayanan yang diberikan oleh organisasi kepada pihak yang berkepentingan adalah penting untuk diperhatikan, dengan pelayanan yang baik diharpkan dapat memberikan kepuasan kepada para pelanggan yang menggunakan jasa organisasi tersebut. Hal  penting dalam penelitian ini adalah mengkaji pengaruh langsung maupun tidak langsung Dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa. Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis secara simultan dan parsial variabel dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati yang mempengaruhi tingkat kepuasan mahasiswa. (2) Untuk menganalisis manakah diantara variabel dimensi kualitas pelayanan yang dominan mempengaruhi tingkat kepuasan mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah para mahasiswa berjumlah 100 responden yang ditentukan secara purposive sampling, teknik ini merupakan cara pengambilan sampel dengan kriteria: mahasiswa aktif STIE Malangkucecwara yang datang ke One Stop Service di salah satu ruangan kantor pusat STIE Malangkucecwara, menggunakan jasa One Stop Service pada saat dilakukan penelitian, lama menjadi mahasiswa minimal 3 semester. Alat analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa uji koefisien Determinasi diperoleh variabel independen lebih dari satu dilihat dari nilai Adjusted R Square yang menunjukkan nilai sebesar 0,218 yang berarti variabel independen pada penelitian ini memberikan kontribusi sebesar 21,8% terhadap variabel dependen, sedangkan sisanya sebesar 78,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Dimensi Kualitas Layanan, kepuasan mahasiswa

References

Aliman. 2000. Modul Ekonometrika Terapan. Yogyakarta: PAU Studi Ekonomi

Rifa’i, Muhamad, 2009, Hubungan antara gaya kepemimpinan, budaya organisasi, Motivasi berprestasi, dan komitemen pada organisasi dengan kinerja dosen pada Universitas dalam Pesantren di Jawa Timur, Disertasi, Universitas Negeri Malang. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/2418

Tjiptono, F, 2006, Pemasaran Jasa, Banyumedia, Malang.

Umar, H, 2005, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Gramedia Pustaka Tama, Jakarta.

Kotler, P, 2002, Manajemen Pemasaran: Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Edisi Kesermbilan, Jilid 1 dan Jilid 2, Penerbit PT. Prenhallindo, Jakarta.

Kotler, P, 2004, Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jilid 1, 2, PT. Prenhallindo, Jakarta

Kotler, P & Armstrong, G, 2006, Principle Of Marketing Eleventh Edition, Pearson Education International, Prentice Hall: Canada

Kuncoro, M. 2003. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta:

Santoso, S. 2000, Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik, PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Jakarta.

Setyawati, W., Rifa’i, M., & Sasmito, C. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Harga dan Citra Institusi Terhadap Kepuasan Pasien. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 10(2), 50-63. Retrieved from http://e-

jurnal.unisda.ac.id/index.php/MADANI/article/view/1052

Sugiyono, 2004, Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.

Wibisono. 2000. Metodologi Penelitian. BPFE, Yogyakarta

Published

2019-06-17