PENGARUH STRUKTUR MODALDAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YAN TER-DAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014-2016)

Penulis

  • Vina Nurrahmatia Effendi

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpensi.v4i3.265

Abstrak

Tujuan utama penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh struktur modal dan profitabilitas perusahaan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini dilakukan secara empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2016. Struktur Modal diukur dengan Debt to Equity Ratio, lalu untuk  Profitabilitas Perusahaan  diukur dengan Gross Profit Margin (GPM), Net Profit Margin (NPM), Return On Asset (ROA), dan Return On Equity (ROE), dan untuk Nilai Perusahaan diukur menggunakan Tobins’ Q. Populasi dalam Penelitian ini adalah 144 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2016. Dari 144 perusahaan manufaktur ini di pilih kembali yang sesuai dengan kriteria data sekunder untuk penelitian ini. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 82 perusahaan manufaktur. Data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data sekunder dan pemilihan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Unit analisis penelitian ini ialah organisasi dengan horizon waktu yang digunakan adalah data panel/full data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; 1) Struktur Modalyang diproksikan oleh Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan, 2) Profitabilitas yang diproksikan oleh Gross Profit Margin (GPM) tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, 3) Profitabilitas yang diproksikan oleh Net Profit Margin (NPM) tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, 4) Profitabilitas yang diproksikan oleh Return On Asset (ROA) berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan, 5) Profitabilitas yang diproksikan oleh Return On Equity (ROE) berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan, 6) Struktur Modal dan Profitabilitas Perusahaan yang diproksikan oleh Gross Profit Margin (GPM) secara simultan berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, 7) Struktur Modal dan Profitabilitas Perusahaan yang diproksikan oleh Net Profit Margin (NPM)  secara simultan berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, 8) Struktur Modal dan Profitabilitas Perusahaan yang diproksikan oleh Return On Asset (ROA)  secara simultan berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, 9) Struktur Modal dan Profitabilitas Perusahaan yang diproksikan oleh Return On Equity (ROE)  secara simultan berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan

Kata Kunci : Struktur Modal, Profitabilitas Perusahaan, Gross Profit Margin (GPM), Net Profit Margin (NPM), Return On Asset (ROA), dan Return On Equity (ROE), Nilai Perusahaan.

Referensi

Akerlof, G. A. (1970). The Market for Lemons. QuartelyJournal of Economics.

Ang , R. (1997). Buku Pintar Pasar Modal . Jakarta: Mediasoft Indonesia.

Anwar, et.al (2010). Perbaikan Kualitas Layanan Jasa Dengan Model Servqual. TesisUniversitas Diponegoro.

Baltagi, Badi H. (2005). Incomplete Panels, A Comparative Study of Alternative Estimators for The Unbalanced One-way Error Component Regression Model. Journal of Economics.

Bastian, Indra dan Suhardjono. 2006. Akuntansi Perbankan. Jakarta: Salemba

Empat.

Brealey, Myers. (2008). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta : Erlangga

Brigham, E. F., & Houston, F. J. (2014). Manajemen Keuangan Edisi Kedelapan. Jakarta : Erlangga.

Copeland, E. T., & Weston, F. (1997). Manajemen Keuangan. Jilid 2. Jakarta: Binarupa Aksara.

Driffield, et.al (2007). How Does Ownership Structure Affect Capital Structure and Firm Value. London.

Fama, E. F. (1978). The Effect of a Firm's Investment and Financing Decision on The Welfare of its Security Holders. Amerika Serikat: American Economic Review 68 .

Fahmi, Irham. (2011). Analisis Kinerja Keuangan. Bandung : ALFABETA

Fahmi, Irham. (2012). Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung : ALFABETA

Fiakas, D. (2005). Tobins' Q : Valuing Small Capitalization Companies. Crystal Equity Research.

Gitman, L. J. (2015). Principles Of Managerial Finance, Seventeenth edition. Massachusetts : Addison-Wesley Publishing Company.

Gozhali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pendekatan Spss.

Semarang : Badan UNDIP.

Handoko, Y. (2010). Effect on Value of Financial Performance Company with Corporate Social Responsibility Disclosure and as Good Corporate Governance Moderating Variable.Journal of Economics Universitas Gunadarma.

Haruman, T. (2008). Standar Kepemilikan, Keputusan Keuangan, dan Nilai Perusahaan. UU Pasar Modal no. 8 tahun 1995 Jurnal Keuangan & Perbankan Perbanas.

Hasnawati, S. (2005). Dampak Set Peluang Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Publik di Bursa Efek Jakarta. Lampung: Jurnal Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Lampung.

Hermuningsih, S. (2012). Pengaruh Profitabilitas, Size Terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening. Sleman, Yogyakarta: Jurnal Ekonomi Universitas Islam Indonesia.

Hery. (2016). Analisis Laporan Keuangan . Jakarta: Grasindo.

Horne , V., James C, & John M. Wachowicz. (2007). Fundamentals of Financial Management, Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan . Jakarta: Salemba Empat.

Husnan, S. (2015). Dasar-Dasat Teroi Portofolio dan Analisis Sekuritas. Yogyakarta: UPPN STIM YKPN, Indonesia

Ikatan Akuntan Indonesia. (2017). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Kasmir. (2009). Analisis Laporan Keuangan. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta

Kusumajaya, D. (2011). Pengaruh Struktur Modal dan Pertumbuhan Profitabilitas Terhadap Profitabilitas dab Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia . Denpasar: Universitas Udayana : Tesis yanng Tidak Dipublikasikan.

Lestari, P. V. (2016). Pengaruh Kebijakan Deviden, Likuiditas, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan.

Lifessy, M. (2011). Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening. Padang: Tesis Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Martin , J. D., Petty, J. W., Keown , P. J., Scott, J., & David F. (1992). Basic Financial Management. Englewood Cliffs N.J : Prentice-hall Inc.

Martini, Putri Dwi. (2014). Pengaruh Kebijakan Utang dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal STIESIA Surabaya

Martono, & Harjito , A. (2013). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Ekonisia.

Meythi. (2006). Pengaruh Arus Kas Operasi Terhadap Harga Saham dengan Persistensi Laba Sebagai Variabel Intervening . Simposium Nasional Akuntansi 9. Padang

Mogdiliani, F., & Miller. (1963). Corporate Income Taxses and The Cost of Capital : A Correction . Amerika Serikat: American Economics Review.

Munawir. (2015). Analisis Laporan Keuangan . Yogyakarta: Liberty.

Murhadi, W. R. (2015). Analisis Laporan Keuangan Proyeksi dan Valuasi Saham. Jakarta: Salemba Empat.

Myers, S.C. 1984. The Capital Structure Puzzle, Journal of Finance, vol.39: 572-592

Myers, S.C. 1984. Corporate Financing and Investment Decision when have information that investor do not have, Journal of Financial Economic

Nurlela dan Islahuddin. (2008). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta). Simposium Nasional Akuntansi XI. 23-24 Juli 2008.

Oke, S., & Babatunde, A. (2011). Capital Structure and Industrial Performance . Nigeria: Journal International of Bussiness and Management.

Parker, R. J., & Nouri H. (1996). The Effect of Organizational Commitment and Relation Between Budgetary Participation and Budgetary Slack.Behavior Research in Accounting.

Pertiwi, T. K., & Ferry Madi Ika Pratama. (2012). Pengaruh Good Corporate Governance dan Kinerja Keuangan Terhadap NIlai Perusahaan Food and Beverages. Simposium Nasional Akuntansi.

Ping, Liu., & Hu Caixia. (2011). Pengaruh keputusan struktur modal yang mempengaruhi nilai perusahaan. China.

Prasetia, dkk. (2014). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, dan Risiko Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2009-2012. Simposium Nasional Akuntansi.

Pratheepkanth, P. (2011). Capital Structure And Financial Performance:Evidence From Selected Business Companies In Colombo Stock Exchange. Sri Lanka: Journal International University of Jaffna.

PT IDX Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id)

PT Samuel Sekuritas (www.samuel.co.id)

Riyanto, B. (2013). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.

Ryanni, S. M. (2014). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013. Jakarta: Tesis Universitas Trisakti.

Sadjiarto, A. (2000). Akuntabilitas dan Pengukuran Kinerja pemerintahan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan .

Safrida, E. (2008). Pengaruh Struktur Modal dan Pertumbuhan Perus-ahaan Terhadap. Nilai Perus-ahaan Pada Perusahaan Man-ufaktur Di Bursa Efek. Jakarta.Journal of Financial Economics, Vol LIII, No.3: June, pp. 287 – 298. Sumatera Utara : Universitas Sumatera Utara.

Sari, & Zuhrotun. (2006). Keinformatifan Laba di Pasar Obligasi dan Saham: Uji Liquidation Option Hypotesis. Padang: Simposium Nasional Akuntansi 9.

Sartono, Agus. (2000). Manajemen Keuangan Teori & Aplikasi. BPFE UGM

Satmoko, A., & Sudarman. (2011). Impact of Personal Taxes on Corporate Dividend Policy and Capital Structure Decisions. Financial Management Association.

Scott, W. R. (2015). Financial Accounting Theory . Toronto: Pearson Prentice Hall.

Seftianne, & Ratih Handayani. (2011). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Publik Sektor Manufaktur . Jurnal Bisnis dan Akuntansi.

Smith, J. M., & K. Fred Skousen. (2007). Akuntansi Intermediate, Edisi Sembilan. Jakarta: Erlangga.

Soliha, E., dan Taswan. 2002. “Pengaruh Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan Serta Beberapa Faktor Yang Mempengaruhinyaâ€. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. September 2002.

Spence, M. (1973). The Quarterly Journal of Economics Vol. 87 . The MIT Press.

Sri, A., & Ari. (2013). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Denpasar: E-Jurnal Universitas Udayana.

Sudana, I. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktek. Jakarta :

Erlangga.

Sukamulja, Sukmawati. (2004). Dampak GCG Terhadap Kinerja Keuangan. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Jakarta.

Sunyoto, Danang. (2015). Perilaku Konsumen dan Pemasaran. Yogyakarta :CAPS.

Syamsudin, Lukman. (2009). Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta : Rajawali Pers.

Tobin, J. (1967). Tobin’s Q Ratio As An Indicator of The Valuation The Company. Journal of Financial Economics, Vol LIII, No.3: June, pp. 287 – 298.

Widarjono, Agus. (2013). Ekonometrika: Pengantar dan Aplikasinya. Jakarta

Wijaya, A., & Nanik Linawati. (2015). Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi.

Wolfe, J., & Sauaia A C. (2003). The Tobin's Q Company Performance Indicator. Development in Business Simulation and Experiential Learning.

Yuniangsih, N. W., & Made Gede Wirakusuma. (2007). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Reponsibility dan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi. Denpasar: E- Jurnal Universitas Udayana

Unduhan

Diterbitkan

2019-10-31