PENGARUH DISKON DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAAN PEMBELIAN PRODUK ONLINE SHOP SHOPEE (STUDI KASUS MAHASISWA STIE BIMA)

Penulis

  • Ardiansyah Ardiansyah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima
  • Herry Nurdin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima

DOI:

https://doi.org/10.30736/.v5i2.315

Abstrak

Penelitian ini adalah bertujuan  untuk mengetahui (1) mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial antara Diskon terhadap keputusan pembelian produk melalui online shop  Shopee pada Mahasiswa Stie bima. (2) Mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial antara Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan pembelian produk melalui online shop  Shopee pada Mahasiswa Stie bima. (3) mengetahui dan menganalisis pengaruh secara Simultan antara Diskon dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan pembelian produk melalui online shop  Shopee pada Mahasiswa Stie Bima. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif. Penelitian ini di lakukan di Kampus STIE Bima yang sasarannya bagi mahasiswa yang pernah berbelanja atau menggunakan aplikasi online shop Shopee. Populasi dalam penellitian ini sebanyak 100 mahasiswa yang menggunakan aplikasi Shopee dengan Sampel yang digunakan sebanyak 50 responden dengan hitungan rumus Slovin dengan teknik penggambilan sampel yaitu putposive sampling .Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji uji validitas dan reliabilitas, asumsi klasik (, uji normalitas, mu;tikoliniaritas, heterokeastisitas, autokorelasi) Regresi linear berganda, uji determinasi, uji koefesien korelasi, uji parsial, dan uji simultan..

 

Berdasarkan Hasil penelitian  menunjukan : (1) Variabel Diskon berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan pembelian produk melalui online shop  Shopee pada mahasiswa Stie Bima. (2) Variabel Kepercayaan Konsumen berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan pembelian produk melalui online shop  Shopee pada mahasiswa Stie Bima. (3) Variabel Diskon dan Kepercayaan Konsumen berpengaruh secara simultan  terhadap Keputusan pembelian produk melalui online shop  Shopee pada mahasiswa Stie Bima.

Referensi

Jayanti, R, D. (2015) Pengaruh Harga Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus Pada Harapan Maulina Hujab Jombang). Jurnal Eksis X(1): 14-27.

Kusnawan, A. Silaswara, D. Andy, dan Sefung, T. 2019. Pengaruh Diskon E-Wallet Terhadap Pertumbuhan Minat Pembelian Impulsif Konsumen Milenial Di Wilayah Tangerang. Jurnal Sains Manajemen 5(2): 137-160.

Prabarini, A. Heryanto, B, dan Astuti, P (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Kecantikan Wardah Di Toserba Bororbudur Kediri. Jurnal JIMEK 1(2): 259-270.

Setiawan, V, R. 2016. Keputusan dan loyalitas konsumen Luicious Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Vaariabel Mediasi. Jurnal manajemen dan star-up bisnis 1(2): 136-143.

Yusnidar. Samsir dan Restuti, s, s. (2014). Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Resiko terhadap Keputusan Pebelian Produk Fashion secara online di Kota Pekanbaru. Jurnal Sosial dan Ekonomi Pembangunan IV (12): 311-329.

Zulaicha, S. Dan Irawati, R. (2016) Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Morning Bakery Batam. Jurnal Inovasi dan Bisnis 4(2): 125-136.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philiph & Keller, Kevin Lane (2009) marketing management 13e. Edisi Bahasa Indonesia Jilid 1 & 2, Alih Bahasa Oleh Bob Sabran: Erlanngga Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Principle of Marketing. Edisi Keempat belas, Person Education, New Jersey

Mayer et al, 2007. E-Commers and Ebussiness. E-ASEAN Task Fource UNDP.

Rousseau, DM., S.B. Burt, and C. Camerer. 1998. Not So Different After All: A Cross-Discipline View of Trust. Academy Of Management Review 23:393-404

Sangadji, E.M., Supiah. (2013). Perilako Konsumen. Yogyakarta: CV Andi.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sutisna, 2012. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Edisi Kedua, Bandung: Remaja osdakarya

Diterbitkan

2020-06-18