Pajak, Ukuran Perusahaan dan Tunneling Incentive terhadap Keputusan Transfer Pricing

Authors

  • Mega Puspita Ayuningtyas

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpensi.v5i3.362

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pajak, ukuran perusahaan dan tunneling incentive terhadap keputusan transfer pricing pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini 2013-2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 11 perusahaan. Data diolah menggunakan SPSS 22. Teknik analisis data dalam penelitian adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pajak tidak berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing, ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap keputusan transfer pricing dan tunneling incentive berpengaruh positif terhadap keputusan transfer pricing. Koefisien determinasi sebesar 0,463. Hasil ini menunjukkan bahwa 46,3% transfer pricing dipengaruhi oleh variabel pajak, ukuran perusahaan dan tunneling incentive. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel bebas lainnya diluar penelitian.

References

Anh, N. H., Nguyen, iT. H., & Doan, T. N. (2018). Determinantsiof TransferiPricing

Aggressiveness: AiCase of Vietnam. iSouth East Asia Journaliof Contemporary

Bussiness, Economicsiand Law , XVI (5), 104-112.

Anouar, D., & Zaam, H. (2017). The Determinantsiof Tax Avoidance Within Corporate Groups:

Evidence fromiMoroccan Groups. International Journal of Economics, Financeiand

Management Sciences , V (1), 57-65.

FadjariHarimurti. (2007). Aspek PerpajakaniDalam Praktik TransferiPricing. Jurnal Ekonomi

daniKewirausahaan , VII (1), 53-61.

Horngen, iC. T., Datar, & F, G. (2008). AkuntansiiBiaya. Jakarta: Erlangga.

Khotimah, S. K. (2018). PengaruhiBeban Pajak, TunnelingiIncentive, dan UkuraniPerusahaan

Terhadap KeputusaniDalam Melakukan TransferiPricing (Studi Empirisipada

PerusahaaniMultinasional yang Listingidi Bursa EfekiIndonesia tahun 2013-2017).

JurnaliEkobis Dewantarai, I (12), 112-138.

Kusumasari, iR. D., Sri, F., & Edi, S. (2018). PengaruhiPajak, KepemilikaniAsing dan Ukuran

PerusahaaniTerhadap TransferiPricing. ProcidingiAkuntansi , IV (2), 766-774.

Lo, A. W., Raymond, M. K., & Michael, F. (2010). Tax, iFinancial Reporting, and Tunneling

Incentiveifor Income Shifting: An EmpiricaliAnalysis of the TransferiPricing Behaviour

of Chinese-ListediCompanies. American Accounting Association , XXXII (2), 1-26.

Melmusi, iZ. (2016). Pengaruh Pajak, iMekanisme Bonus, KepemilikaniAsing dan Ukuran

Perusahaan terhadap TransferiPricing pada Perusahaaniyang tergabung dalamiJakarta

Islamic Index dan terdaftar diiBursa Efek IndonesiaiPeriode 2012-2016. EKOBISTEK

Fakultas Ekonomi , V (7), 1-12.

Pratiwi, B. (2018). PengaruhiPajak, Exchange Rate, TunnelingiIncentive dan Leverage Terhadap

Transaksi TransferiPricing. Jurnal Ekobis Dewantara , I (2), 1-13.

Rahmawati, N., & Susi, D. M. (2020). Pengaruh MekanismeiBonus dan TunnelingiIncentive

terhadap Praktik TransferiPricing Dimoderasi TaxiAvoidance. ProsidingiSeminar

Nasional (pp. 1-7). Jakarta: Prosiding SeminariNasional Pakar Ke 3.

Richardson, G., Grantley, T., & Roman, L. (2013). Determinantsiof Transfer Pricing

Aggressiveness: EmpiricaliEvidence from Australian Firm. Journaliof Contemporary

Accounting and Economics , IX (2), 136-150.

Published

2023-01-25