Pajak, Ukuran Perusahaan dan Tunneling Incentive terhadap Keputusan Transfer Pricing
DOI:
https://doi.org/10.30736/jpensi.v5i3.362Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pajak, ukuran perusahaan dan tunneling incentive terhadap keputusan transfer pricing pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini 2013-2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 11 perusahaan. Data diolah menggunakan SPSS 22. Teknik analisis data dalam penelitian adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pajak tidak berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing, ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap keputusan transfer pricing dan tunneling incentive berpengaruh positif terhadap keputusan transfer pricing. Koefisien determinasi sebesar 0,463. Hasil ini menunjukkan bahwa 46,3% transfer pricing dipengaruhi oleh variabel pajak, ukuran perusahaan dan tunneling incentive. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel bebas lainnya diluar penelitian.References
Anh, N. H., Nguyen, iT. H., & Doan, T. N. (2018). Determinantsiof TransferiPricing
Aggressiveness: AiCase of Vietnam. iSouth East Asia Journaliof Contemporary
Bussiness, Economicsiand Law , XVI (5), 104-112.
Anouar, D., & Zaam, H. (2017). The Determinantsiof Tax Avoidance Within Corporate Groups:
Evidence fromiMoroccan Groups. International Journal of Economics, Financeiand
Management Sciences , V (1), 57-65.
FadjariHarimurti. (2007). Aspek PerpajakaniDalam Praktik TransferiPricing. Jurnal Ekonomi
daniKewirausahaan , VII (1), 53-61.
Horngen, iC. T., Datar, & F, G. (2008). AkuntansiiBiaya. Jakarta: Erlangga.
Khotimah, S. K. (2018). PengaruhiBeban Pajak, TunnelingiIncentive, dan UkuraniPerusahaan
Terhadap KeputusaniDalam Melakukan TransferiPricing (Studi Empirisipada
PerusahaaniMultinasional yang Listingidi Bursa EfekiIndonesia tahun 2013-2017).
JurnaliEkobis Dewantarai, I (12), 112-138.
Kusumasari, iR. D., Sri, F., & Edi, S. (2018). PengaruhiPajak, KepemilikaniAsing dan Ukuran
PerusahaaniTerhadap TransferiPricing. ProcidingiAkuntansi , IV (2), 766-774.
Lo, A. W., Raymond, M. K., & Michael, F. (2010). Tax, iFinancial Reporting, and Tunneling
Incentiveifor Income Shifting: An EmpiricaliAnalysis of the TransferiPricing Behaviour
of Chinese-ListediCompanies. American Accounting Association , XXXII (2), 1-26.
Melmusi, iZ. (2016). Pengaruh Pajak, iMekanisme Bonus, KepemilikaniAsing dan Ukuran
Perusahaan terhadap TransferiPricing pada Perusahaaniyang tergabung dalamiJakarta
Islamic Index dan terdaftar diiBursa Efek IndonesiaiPeriode 2012-2016. EKOBISTEK
Fakultas Ekonomi , V (7), 1-12.
Pratiwi, B. (2018). PengaruhiPajak, Exchange Rate, TunnelingiIncentive dan Leverage Terhadap
Transaksi TransferiPricing. Jurnal Ekobis Dewantara , I (2), 1-13.
Rahmawati, N., & Susi, D. M. (2020). Pengaruh MekanismeiBonus dan TunnelingiIncentive
terhadap Praktik TransferiPricing Dimoderasi TaxiAvoidance. ProsidingiSeminar
Nasional (pp. 1-7). Jakarta: Prosiding SeminariNasional Pakar Ke 3.
Richardson, G., Grantley, T., & Roman, L. (2013). Determinantsiof Transfer Pricing
Aggressiveness: EmpiricaliEvidence from Australian Firm. Journaliof Contemporary
Accounting and Economics , IX (2), 136-150.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi (JPENSI)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.