The Effect of Good Corporate Governance on Profitability with Corporate Csr Disclosure as Intervening Variables

Authors

  • Havit Kurniawan Purnama UPN Veteran Jawa Timur
  • Sri Trisnaningsih UPN Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.30736/ja.v7i1.907

Keywords:

Good Corporate Governance, Profitabilitas, Corporate Social Responsibility

Abstract

Pembahasan studi ini bertujuan untuk memahami dampak dari “GCG (kepemilikan institusional, kepemilikan manejerial, dewan komisaris, komite audit) serta profitabilitas pada pengungkapan CSR oleh perusahaan LQ45 Tahun 2016 – 2018â€. “Data penelitian†dicari melalui “BEI (Bursa Efek Indonesia)â€. “Jenis penelitian†yang diterapkan menerapkan teknik “penelitian kuantitatifâ€. “Populasi†pada pembahasan studi ini terbentuk atas “Perusahaan LQ 45 yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia tahun 2016 – 2018 yang berjumlah 56 Perusahaan†sedangkan sampel yang digunakan adalah 37 perusahaan. Pembahasan studi ini menggunakan “Partial Least Square dan uji t sebagai analisis dataâ€. Hasil penelitian menunjukkan dimana “dewan komisaris serta komite audit berdampak signifikan pada profitabilitasâ€, sedangkan “kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial dan corporate social responsibility tidak mempunyai dampak signifikan pada profitabilitasâ€.


This study aims to understand the impact of “GCG (institutional ownership, managerial ownership, board of commissioners, audit committee) and profitability on CSR disclosure in LQ45 companies in 2016 – 2018â€. Research data were obtained from “the IDX (Indonesia Stock Exchange)â€. This study is using “quantitative research methodâ€. The population is consisted of “LQ 45 companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2016 – 2018 with number of 56 companies†while the samples is 37 companies. This study is using “Partial Least Square and t test as data analysisâ€. The results showed that “the board of commissioners and audit committee had a significant effect on profitabilityâ€, while “institutional ownership, managerial ownership and corporate social responsibility had no significant effect on profitabilityâ€.

References

Agrawal, A., & Knoeber, C. R. (2013). Corporate Governance and Firm Performance. The Oxford Handbook of Managerial Economics, Vol. 1 (No. 1), 1-10. doi:10.1093/oxfordhb/9780199782956.013.0022.

Anjani, L. P. A., & Yadnya, I. P. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di BEI. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, Vol. 6 (No. 11), 5911–5940.

Fauzi, A. S., Suransi, N. K., & Alamsyah. (2016). Pengaruh GCG dan CSR Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal InFestasi, Vol. 12 (No. 1), 1–19.

Freeman, R. E. (1994). The Politics of Stakeholder Theory: Some Future Directions. Business Ethics Quarterly, Vol. 4 (No. 4), 409-421. doi:https://doi.org/10.2307/3857340.

Ghozali, I., & Chariri, A. (2007). Teori Akuntansi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Istighfarin, D., & Wirawati, N. G. P. (2015). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Profitabilitas Pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN). E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 13 (No. 2), 564–581.

Kotler, P., & Lee, N. (2005). Corporate Social Responsibility: Doing the Most Good for Your Company and Your Cause. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Murwaningsari, E. (2009). Hubungan Corporate Governance, Corporate Social Responsibilities dan Corporate Financial Performance Dalam Satu Continuum.

Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 11 (No. 1), 30-41. doi:https://doi.org/10.9744/jak.11.1.pp.%2030-41.

Nugroho, M. N., & Yulianto, A. (2015). Pengaruh Profitabilitas dan Mekanisme Corporate Governance Terhadap Pengungkapan CSR Perusahaan Terdaftar JII 2011-2013. Accounting Analysis Journal, Vol. 4 (No. 1), 1–12. doi:https://doi.org/10.15294/aaj.v4i1.7829.

Nurfadilah, W., & Sagara, Y. (2015). Pengaruh Good Corporate Governance, Karakteristik Perusahaan dan Regulasi Pemerintah Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Akuntabilitas, Vol. 8 (No. 1), 78–89.

Putra, I. B. D., & Wirakusuma, M. G. (2015). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 13 (No. 2), 2302–8556.

Suchman, M. C. (1995). Managing Legitimacy: Strategic and Institutional Approaches. The Academy of Management Review, Vol. 20 (No. 3), 571-610. doi:https://doi.org/10.2307/258788.

Trisnaningsih, S. (2007). Independensi Auditor dan Komitmen Organisasi Sebagai Mediasi Pengaruh Pemahaman Good Governance, Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Auditor. Simposium Nasional Akuntansi X, Vol. 10 (No. 1), 1-56.

Wardoyo, & Veronica, T. M. (2013). Pengaruh Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Dinamika Manajemen, Vol. 4 (No. 2), 132–149.

Wulandari, S., & Zulhaimi, H. (2017). Pengaruh Profitabilitas terhadap Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Manufaktur dan Jasa yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, Vol. 5 (No. 2), 1477–1488. doi:https://doi.org/10.17509/jrak.v5i2.8515.

Yushita, A. N., Rahmawati, & Triatmoko, H. (2013). Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, Kualitas Auditor Eksternal, dan Likuiditas Terhadap Kualitas Laba. Jurnal Economia, Vol. 9 (No. 2), 141-155. doi:https://doi.org/10.21831/economia.v9i2.1805.

Published

2022-02-28