INFLUENCE OF MARKETING RELATIONSHIPS, CUSTOMER VALUE, AND TRUST ON CUSTOMER LOYALTY (CASE STUDY ON USERS OF BPJS HEALTH BATU ROTOK VILLAGE)

Penulis

  • Abdul Salam Universitas Teknologi Sumbawa
  • Adi Susanto

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpim.v7i2.1095

Kata Kunci:

Marketing Relationships, Customer Value, Trust, Customer Loyalty

Abstrak

This study aims to test the effect of relationship marketing, customer value, and trust on customer loyalty at BPJS Kesehatan customers in Baturotok village, Sumbawa Region. Samples in the study earned with nonprobability sampling were announced to 100 respondents. The research uses the quantitative method. The data obtained were analyzed techniques through software SPSS 16. The results of the analysis in this study indicated that (1) the relationship marketing variable of use has significant customer loyalty. (2) variable customer value has no effect and is not significant has customer loyalty. (3) variable trust no effect and not significant have customer loyalty.

Biografi Penulis

Abdul Salam, Universitas Teknologi Sumbawa

Dosen Pada Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa

Referensi

Arikunto, S. (2018).Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, Sofjan. 2013. Strategic Marketing: Sustaining Lifetime Customer Value. Jakarta: Erlangga.

Bisnis.com. 2021.Jumlah Peserta BPJS Kesehatan Merosot 167 Orang. Diakses Pada 27 Februari 2021 melalui m.bisnis.com/jumlah-peserta-bpjs-kesehatan-merosot-sebanyak-167-juta-orang-kenapa-ya

BPS.2021. Jumlah Penduduk Indonesia. Diakses Pada 27 Februari 2021 melalui bps.go.id

Ferrinadewi, Erna. 2018. Merek & Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffin, J. 2010. Menumbuhkan dan Mempertahankan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Hotlan, Siagian., Edwin, Cayhono. 2014. Analisis Website Quality, Trust dan Loyality Pelanggan Online Shhop. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra.Vol 8, No. 2.

Iskandar, Dadang dan Narsim.(2015). Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya. Untuk Kenaikan Pangkat dan Golongan Guru & Pedoman Penulisan PTK.

Junai, Al Fian,. Yuniati, Tri. 2016. Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Auto 2000 Sungkono Surabaya.Jurnal Imu dan Riset Manajmen.Vol 5, No 6.

Kotler, P., & Amstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi 13. Jilid 1 ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, p., & Keller, K. 2013. Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua,. Jakarta: Erlangga.

Kurriwati, Nirma. 2017. Membangun Loyalitas Konsumen Melalui Relationship Marketing pada UKM. Tesis.

Maris, Hesti Anggaraeni. 2019. Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan di Kozi 1.0 Coffee Bandung. Skripsi.

McKnight, D.H., Choudhury, V., Kacmar, C. 2012. Developing and Validating Trust Measures for e-Commerce: An Integrative Typology. Information systems research, 13(3): 334-359

Nandranirwana. 2020. Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan dan Kemudahan terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Fashion Online Lof_look di Jakarta. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Sosial Sains Vol 2 No 02.

Saputra, dan Ariningsih. 2014. Masa Depan Penerapan Strategi Relationship Marketing pada Industri Jasa Perbankan. Jurnal Manajemen dan Bisnis,Vol. 10 No. 1.

Sekaran, Uma dan Roger Bougie. 2017. Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian. Edisi 6.Buku 2. Salemba Empat: Jakarta Selatan 12610

Setyawan, Yohana Neysa. & Edwin, Japarianto. 2014. Pengaruh Kepercayaan, Jaminan Rasa Aman dan Aksesabilitas Terhadap Minat Menabung Nasabah Bank Danamon di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra.Vol 2, No. 1.

Setyawardani, Rossitya Dwi. 2021. Pengaruh Kualitas Layanan, Produk dan Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Bina Bangsa Ekonomi Vol 14 No. 1.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Suryati, Bidah. 2017. Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah BNI Syariah Surakarta Dengan Komitmen Sebagai Variabel Intervening.Skripsi.

Tandjung, Jenu Widodo. 2014. Marketing Management: Pendekatan Pada Nilai-nilai Pelanggan. Malang: Banyumedia Publishing.

Tjiptono, & Chandra. 2016. Sevice Quality and Statisfaction. Edisi 4. Yogyakarta: Andi.

Wiwoho, Anggrahita Satriyo. 2018. Pengaruh Relationship Marketing, Customer Value dan Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT Asuransi Jiwasaraya Cabang Kota Malang. Jurnal Manajemen Binis. Vol 8 No 02.

Wulandari, Sri Rizki. 2018. Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melaui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Rumah Makan Sederhana Cabang Basuki Rahmat Palembang.Skripsi.

Yohanes, Darwin Steven, Sondang Kunto.2014. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan sebagai Variabel Intervening pada Asuransi Jiwa Manulife Indonesia-Surabaya.Jurnal Manajemen Pemasaran Petra.Vol 2, No 1.

Yulisetiarini, Diah. 2018. Pengaruh Nilai Pelanggan, Kualitas Layanan, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Penumpang Kereta Api Sri Tanjung Jember-Yogyakarta PT KAI Daop IX Jember. Seminar Manajemen dan Bisnis ke-3.

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-05

Cara Mengutip

Salam, A., & Susanto, A. (2022). INFLUENCE OF MARKETING RELATIONSHIPS, CUSTOMER VALUE, AND TRUST ON CUSTOMER LOYALTY (CASE STUDY ON USERS OF BPJS HEALTH BATU ROTOK VILLAGE). JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 7(2), 181–188. https://doi.org/10.30736/jpim.v7i2.1095