PENGARUH BRAND IMAGE, SERVICE QUALITY, DAN SERVICECAPE TERHADAP KEPUASAN KLIEN PADA KANTOR NOTARIS DAN PPAT ASFRIKA KARISMAWATI, S.H, M.,KN DI KABUPATEN LAMONGAN

Penulis

  • Retno Bella Agustin Unisla

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Pengaruh Brand Image, Service Quality, dan Servicescape terhadap Kepuasan Klien pada Kantor Notaris dan PPAT Asfrika Karismawati, S.H, M.Kn di Kabupaten Lamongan. Metode analisis data yang digunakan adalah : uji validitas, uji reliabilitas,  regresi linier berganda, korelasi berganda, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis.

Berdasarkan dari hasil analisis menggunakan SPSS 20 menyatakan bahwa : hasil uji t (parsial) diperoleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel, sehingga dapat diketahui bahwa variabel brand image, service quality, dan servicescape berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Klien pada Kantor Notaris dan PPAT Asfrika Karismawati, S.H, M.Kn di Kabupaten Lamongan; hasil uji F (Simultan) diperoleh nilai F hitung lebih besar dari pada F tabel hal ini menyatakan bahwa variabel brand image, service quality, dan servicescape berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Klien pada Kantor Notaris dan PPAT Asfrika Karismawati, S.H, M.Kn di Kabupaten Lamongan; dan hasil regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel paling dominan terhadap kepuasan Klien adalah variabel service quality karena mempunyai nilai Unstandarized coefficient (B) lebih besar dari brand image dan servicescape.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. (Terjemahan Benyamin Molan & Bambang Sarwiji). Jakarta: PT INDEKS Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan dan Pengendalian. Jilid Dua. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 12. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin L. 2008. Manajemen Pemasaran. (Terjemahan Bob Sabran). Jakarta: Erlangga. (Buku asli diterbitkan tahun 1967).

Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat. Manoppo, Ferninda. 2013. Kualitas Pelayanan, dan Servicescape Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen pada Hotel Gran Puri Manado. Jurnal EMBA. ISSN 2303-1174. 1 (4): 1341-1348. http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/2913/2464. Diakses tanggal 1 September 2015.

Paza, Ahmad, 2017. Pengaruh Servicescape Terhadap Brand Image Notaris dan PPAT Abdul Jalal.

Puriani Mega, Putu Ayu Dewa, I Wayan Suardana, Luh Gede, Leli Kusuma Dewi, 2017, Pengaruh Brand Image dan Kualitas Pelayanan Terhadap kepuasan Wisatawan Dalam Memilih Taksi Blue Bird di Bali.

Putri Eka Debi, 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kantor Notaris dan PPAT Rachmansyah Purba, SH, MKn di Kota Pematangsiantar.

Sangadji dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Subagyo Heri, Djunaidi, 2020. Pengaruh Servicescape dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen di SK Coffee Lab Kota Kediri.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sulaeman, MM. & Harsono M. (2021). Supply Chain Ontology: Model Overview and Synthesis. Jurnal Mantik 5 (2), 790-799

Sulaeman, Moh.Muklis. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Komsumen Pada Merek Cardinal Di Ramayana Bungurasih Sidoarjo, JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen) 3 (3), 747-822

Sulaeman, MM. (2020). Sosialisasi Kewirausahaan dalam Upaya Peningkatan UMKM Desa Palangan Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat. Hal. 16-22

Sulaeman, MM. Et.al. (2022). Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Anggota Pengguna Jasa Koperasi Simpan Pinjam Artha Niaga Sentosa Surabaya. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS) 3 (4), 892-895

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset. Tjiptono, F. (2018). Strategi pemasaran. Andi.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2006). Manajemen pelayanan jasa. Penerbit Andi, Yogyakarta

Unduhan

Diterbitkan

2022-05-01

Terbitan

Bagian

Artikel