PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILTY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PERTAMBANGAN SUB SEKTOR MINYAK MENTAH

Penulis

  • Richa Gea Putri Nur Anggi Unisla

Abstrak

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, likuiditas, dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, penelitian ini juga menggunakan sampel sebanyak 47 sampel dari jumlah populasi yang ada, dengan menggunakan metode purposive sampling yang merupakan perusahaan DI BURSA EFEK INDONESIA. Analisa data menggunakan uji kualitas data yang berupa statistik deskriptif, asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel profabilitas, likuiditas, dan corporate social responsibility berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan pertambangan minyak, dan variabel profabilitas mempunyai pengaruh secara dominan terhadap nilai perusahaan pertambangan minyak.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Barus, M. A. (2017). Penggunaan Rasio Keuangan untuk Mengukur Kinerja Keuangan (Studi pada PT. Astra Otoparts, Tbk dan PT. Goodyer Indonesia, Tbk yang Go Public di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 44 No. 1.

Dewi, O. K. (2019). Analisis Rasio Keuangan untuk mengukur Kinerja Keuangan Peeusahaan Jasa Sub Sektor Konstruksi dan Bangunan yang terdaftar di BEI Periode 2014-2016. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha.

Dr. Lela Nur Laela Wati, S. M. (2019). Model Corporate Sosisal Responsibility (CSR). Jawa Timur: Myria Publisher.

Fauziah, Fenty. (2017). Kesehatan Bank, Kebijakan Deviden, dan Nilai Perusahaan. RV Pustaka Horizon, Samarinda.

Firnanda, T., & Oetomo, H. W. (2016). Analisis Likuiditas, Profitabilitas, Solvitabilitas, dan Perputaran Persedianaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen , 5 (2).

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi.. Semarang: Badang Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19, Edisi 5. Semarang: Badang Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19.Semarang: Badan Penerbit UNDIP

Hantono. (2018). Konsep Analisis Laporan Keuangan dengan Pendekatan Rasio dan SPSS. Yogyakarta: Deepublishi.

Hery. (2017). Analisis Laporan Keuangan: Pendekatan Rasio Keuangan. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publiishing Service).

Kasmir. (2018). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sulaeman, MM. & Harsono M. (2021). Supply Chain Ontology: Model Overview and Synthesis. Jurnal Mantik 5 (2), 790-799

Sulaeman, Moh.Muklis. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Komsumen Pada Merek Cardinal Di Ramayana Bungurasih Sidoarjo, JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen) 3 (3), 747-822

Sulaeman, MM. (2020). Sosialisasi Kewirausahaan dalam Upaya Peningkatan UMKM Desa Palangan Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat. Hal. 16-22

Sulaeman, MM. Et.al. (2022). Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Anggota Pengguna Jasa Koperasi Simpan Pinjam Artha Niaga Sentosa Surabaya. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS) 3 (4), 892-895

Unduhan

Diterbitkan

2022-05-01

Terbitan

Bagian

Artikel