PENGARUH KUALITAS, KEMASAN, VARIASI DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK MERK POND’S PADA MASYARAKAT DESA TUNGGUN KECAMATAN MANTUP

Authors

  • Erik Bagus Sadewa Unisla

Abstract

Abstrak

Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Data penelitian ini di peroleh melalui kuesioner. Populasi yang di gunakan adalah Masyarakat Desa Tunggun Kecamatan Mantup yang berjumlah 5.251 orang. dapat di peroleh sampel sebesar 98 sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Dari hasil uji t, Kualitas () diperoleh nilai t hitung sebesar 2,033 > t tabel sebesar 1,985 dengan tingkat signifikansi sebesar (0,05) 5%, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka hasil perhitungan statistik menunjukan bahwa secara parsial variabel Kualitas () berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian. Dapat diperoleh Fhitung sebesar 16,573. 2) Dapat juga dibandingkan dengan  Ftabel pada taraf nilai signifikan α = 0,05. Maka diperoleh Ftabel sebesar 2,47.  Karena Fhitung>Ftabel  maka Hoditolak dan Ha diterima berarti secara simultan ada pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat. 3) Untuk persamaan regresinya diperoleh Y = 0,651 + 0,256X1 + 0,336X2+ 0,228X3+0,174X4. Dengan melihat koefisien regresi masing-masing variabel bebasnya pada persamaan regresi dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian adalah kemasan.


Abstact

This type of research uses quantitative descriptive. The research data was obtained through a questionnaire. The population used was the Community of Tunggun Village, District of Mantup, totaling 5,251 people. In this study the sampling technique used is simple random sampling and using the Slovin formula can be obtained by a sample of 98 samples. The results of this study indicate that 1) From the results of the t test, Quality (X_1) obtained t value of 2.033> t table of 1.985 with a significance level of (0.05) 5%, then Ho is rejected and Ha is accepted. Then the statistical calculation results show that partially the Quality variable (X_1) has a significant effect on purchasing decisions. Can be obtained Fcount of 16.573. 2) Can also be compared with F table at a significant value level α = 0.05. Then obtained Ftable of 2.47. Because Fcount> Ftable, Hoditolak and Ha are accepted, meaning simultaneously there is an influence between the independent variable and the dependent variable. 3) For the regression equation Y = 0.651 + 0.256X1 + 0.336X2 + 0.228X3 + 0.174X4 is obtained. By looking at the regression coefficients of each independent variable in the regression equation it can be concluded that the most dominant factor influencing purchasing decisions is packaging.

Abstrak

 

         Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Data penelitian ini di peroleh melalui kuesioner. Populasi yang di gunakan adalah Masyarakat Desa Tunggun Kecamatan Mantup yang berjumlah 5.251 orang. dapat di peroleh sampel sebesar 98 sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Dari hasil uji t, Kualitas () diperoleh nilai t hitung sebesar 2,033 > t tabel sebesar 1,985 dengan tingkat signifikansi sebesar (0,05) 5%, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka hasil perhitungan statistik menunjukan bahwa secara parsial variabel Kualitas () berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian. Dapat diperoleh Fhitung sebesar 16,573. 2) Dapat juga dibandingkan dengan  Ftabel pada taraf nilai signifikan α = 0,05. Maka diperoleh Ftabel sebesar 2,47.  Karena Fhitung>Ftabel  maka Hoditolak dan Ha diterima berarti secara simultan ada pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat. 3) Untuk persamaan regresinya diperoleh Y = 0,651 + 0,256X1 + 0,336X2+ 0,228X3+0,174X4. Dengan melihat koefisien regresi masing-masing variabel bebasnya pada persamaan regresi dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian adalah kemasan.

       

Abstract

 

               This type of research uses quantitative descriptive. The research data was obtained through a questionnaire. The population used was the Community of Tunggun Village, District of Mantup, totaling 5,251 people. In this study the sampling technique used is simple random sampling and using the Slovin formula can be obtained by a sample of 98 samples. The results of this study indicate that 1) From the results of the t test, Quality (X_1) obtained t value of 2.033> t table of 1.985 with a significance level of (0.05) 5%, then Ho is rejected and Ha is accepted. Then the statistical calculation results show that partially the Quality variable (X_1) has a significant effect on purchasing decisions. Can be obtained Fcount of 16.573. 2) Can also be compared with F table at a significant value level α = 0.05. Then obtained Ftable of 2.47. Because Fcount> Ftable, Hoditolak and Ha are accepted, meaning simultaneously there is an influence between the independent variable and the dependent variable. 3) For the regression equation Y = 0.651 + 0.256X1 + 0.336X2 + 0.228X3 + 0.174X4 is obtained. By looking at the regression coefficients of each independent variable in the regression equation it can be concluded that the most dominant factor influencing purchasing decisions is packaging.   

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Ghozali, Nunnaly (2016) Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 23 edisi 8. Semarang: Badan penerbit Universitas Diponegoro.

Habibah Ummu, Sumiati (2016). Jurnal Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Kota Bangkalan Madura. Fakultas Ekonomi Universitas 17 agustus 1945 Surabaya.

Husein Umar (2002). Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT Gramedia

Kasmir (2013). Kewirausahaan-Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kotler, Amstrong (2014). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Lena Nuryanti Anisa Yunia Rahman (2008). Pengaruh Variasi Produk dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Teh Kotak Ultrajaya. Jurnal Program Studi Manajemen FPIPS Universitas Pendidikan Indonesia.

Mahmud Machfoedz (2010). Komunikasi Pemasaran Modern, Cetakan Pertama. Cakra Ilmu, Yogyakarta.

Mikell P. Groover (2010). Fundamental Manufaktur Modern Keempat. New jersey.

Mudrajat Kuncoro (2011). Metode Kuantitatif. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen: YKPN.

Nurmin Arianto (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merk Aqua. Jurnal Program Studi Manajemen Universitas Pamulang Tangerang Selatan.

Nurrahman Indra, Dian Herdiana Utama (2016). Jurnal Pengaruh Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada pembeli smartphone Nokia series X di BEC Bandung). Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiyono (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2013). Statiska Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suliyanto (2011). Ekonometrika Terapan, Teori dan aplikasi

Published

2020-01-01

Issue

Section

Artikel