PENGARUH FAKTOR HARGA, KETAHANAN, KENYAMANAN DAN MODEL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TOYOTA AVANZA DAN DAIHATSU XENIA DI KABUPATEN LAMONGAN

Authors

  • Moh Risqi Ainun Naim Unisla

Abstract

Abstrak

Penelitian ini berangkat dari faktor pengaruh pembelian mobil Toyota Avanza dengan mempertimbangkan faktor harga, ketahanan, kenyamanan dan model. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah harga, ketahanan, kenyamanan, dan model berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian Toyota Avanza di Kabupaten Lamongan serta untuk mengetahui dari beberapa variabel (harga, ketahanan, kenyamanan dan model) yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian toyota avanza  diKabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probabilit. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 40 responden. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier berganda, uji korelasi, uji koefisiensi determinasi, uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel ketahanan, kenyamanan dan model berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan untuk harga, berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Toyota Avanza di Kabupaten Lamongan


Abstract

This study departs from the influence factor of purchasing a Toyota Avanza by considering the factors of price, durability, comfort and model. The purpose of this study is to determine whether price, durability, comfort and model have a partial and simultaneous ifluence on purchasing decisions of Toyota Avanza in Lamongan District and to find out which of the several variables (price, durability, comfort and model that most dominant influence purchasing decisions Toyota Avanza in Lamongan Regency. This reserch uses descriptive quantitative type of reserch. The sampling techhique uses Probabilit. The sample used in this study amounted to 40 respondents. Analysis of the data used is the validity test, reliability test, multiple linier regression test, correlation test, coefficient of determination test, t test and F test. The results of this study indicate that the durabiity, comfort and model variable have a positive and significant effect, while for price, the effect negative and significant towards the purchase decision of Toyota Avanza in Lamongan Regency.

References

DAFTAR PUSTAKA

Abraham H. Maslow, 2010, Motivasi and Personality, Penerbit Rajawali, Jakarta.

Achmad, Mahmud, 2008, Teknik Simulasi dan Permodelan, Penerbit Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Amirullah, 2002, Perilaku Konsumen, Penerbit Graha Ilmu, Jakarta.

AZ, Nasution, 2001, Hukum Perlindungan Konsumen, Penerbit Media, Yogyakarta.

Engel, James F, Roger D, Blackwell, Paul, 2003, Perilaku Membeli, Penerbit Binarupa Aksara, Jakarta.

Freud, Sigmund, 1984, Memperkenalkan Psikoanalisa, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Hasan, Iqbal, 2004, Analisis Data Penelitian dengan Statistik, Penerbit PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Kotler, Amstrong, 2001, Prinsip-prinsip Pemasaran, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip dan A.B. Susanto, 2000, Manajemen Pemasaran di Indonesia, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Peter, J. Paul & Jerry C. Oslon, 1999, Consumer Behavior, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Penerbit Erlangga. Jakarta.

Potter &Perry, 2005, Buku Ajar Fundamental, Jakarta.

Schiffman, Leon. G dan Lesli Lazar Kanuk, 2000, Consumer Behavior, prentice Hall Inc, Upper Saddle River, New Jersey.

Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods), Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sumarwan, Ujang , 2003, Perilaku Konsumen, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta.

FIFYANITA GHANIMATA (2012). ANALISI PENGARUH HARGA, KETAHANAN PRODUK DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN STUDI PADA PEMBELIAN PRODUK BANDENG JUAWANA ERLINA SEMARANG.

JACKSON R.S WEENAS (2013). KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SPRING BED COMFORTA.

MOCHAMAD RIDZKY ARDIEDYA (2011). ANALISIS PENGARUH HARGA, JENIS MEDIA PROMOSI, RESIKO KINERJA DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN VIA INTERNET PADA TOKO ONLINE.

NURIN ARIANTO DAN GEOVANNI (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN.

Sarini Kodu (2013). Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanzaâ€.

www.idx.co.id

Published

2020-01-01

Issue

Section

Artikel