PENGARUH PENGETAHUAN, KEMAMPUAN, PENGALAMAN KERJA DAN KINERJA SDM PADA UKM BATIK DI DESA SENDANGAGUNG PACIRAN

Penulis

  • Izzuki Awwaliyatur Rohmah Unisla

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh pengetahuan, kemampuan, pengalaman kerja terhadap UKM batik di desa sendangagung paciran. Selain itu untuk menguji kelayakan uji regresi pengaruh variabel pengetahuan, kemampuan, pengalaman kerja terhadap UKM batik di desa sendangagung paciran secara simultan pada kinerja SDM di UKM batik sendangagung paciran.Populasi dalam penelitian ini adalah 50 pekerja pada UKM Batik di desa Sendangagung Paciran ditahun 2019. Sehingga sampel yang di dapat adalah 50 responden. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji asumsi klasik, uji t dan uji F. dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pengetahuan dan kemampuan tidak berpengaruh secara parsial terhadap kinerja SDM. Sedangkan pengalaman kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja SDM. Hasil uji F (simultan) diperoleh sebesar Fhitung > Fabel yang menyatakan bahwa secara simultan variabel pengetahuan, kemampuan, pengalaman kerja, berpengaruh signifikan terhadap kinerja SDM. Variabel bebas yang lebih dominan dalam mempengaruhi kinerja SDM pada UKM Batik Sendangagung adalah pengalaman kerja

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ashariyadi. 2016. Kompetensi SDM UKM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM di Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Volume 8 No. 1.

Asri. 2016. Produktivitas dan Pengalaman Kerja. Bumi Aksara: Jakarta.

Daryanto. 2017. Konsep Dasar Pengetahuan Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Gava media.

DJ, Yunni Rusmawati. 2016. Pengaruh Motivasi, Komunikasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT Andalan Pasific Samudera di Surabaya. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Volume XV No. 1.

Donsu. 2017. Metodologi Penelitian Pengetahuan Keperawatan.Yogyakarta: Pustaka Baru Press. Cetakan I.

Febrio, Lengkong dan Lengkong Victor P.K. 2019. Pengaruh Keterampilan, Pengalaman, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Tri Mustika Cocominaesa (Minahasa Selatan). Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Volume 7 No. 1.

Firmansyah. 2018. Pengaruh Perkembangan Usaha Kecil Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Pada Sektor UKM Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Volume 3 No 1.

Fitriani. 2017. Faktor Faktor dalam Pengetahuan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Foster, Bill. 2016. Pembinaan Untuk Peningkatan Pengalaman Kerja Karyawan. Jakarta: PPM.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, & Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta PT. Bumi Aksara.

Iqbal, Firmansyah. 2018. Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Tulungagung. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Volume 3 No. 2.

Laoh, Chres F.P. 2016. Pengaruh Manajemen Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap Kinerja Terhadap Pegawai (Studi Kasus pada PT. National Nobu Bank Area Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Volume 16 No. 4.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2016. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Primadanti, Arsari. 2017. Pengaruh Pengetahuan, Keterampilan dan Kemampuan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT. Mirambi Energi, Semarang). Skripsi Universitas Diponegoro.

Putri, Muthia Amanta Dwi. 2017. Pengaruh Pengalaman Kerja, Penilaian Prestasi Kerja dan Hubungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Jasaraharja Putra Cabang Pekanbaru. JOM Fekon. Volume 4 No. 1.

Rahmana, Arief. 2016. Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Informasi terdepan tentang Usaha Kecil Menengah (UKM). Yogyakarta: Kedaulatan Rakyat.

Robbins, S. 2017. Manajemen. Edisi Kedelapan, Jakarta: Penerbit PT Indeks.

Rohmaya, Richah. 2016. Batik Sendang Lamongan. Jurnal Tata Busana. Volume 05 No. 02.

Santi, Sabrina. 2017. Pengertian Batik Menurut Para Ahli. Diakses pada tanggal 7 Oktober 2019 pukul 09.35 WIB.

Soehardi. 2016. Esensi Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Penerbit Fakultas Ekonomi Sarjanawiyata Tamansiswa.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sutrisno, Edy. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Cetakan ke tujuh). Jakarta: Kencana Prenada Media.

Tambunan. 2017. Pertumbuhan Ekonomi UKM dan Pembangunan Kemiskinan: Kasus Indonesia. Jurnal Penelitian Bidang Ekonomi. Volume 3 No. 2. Penerbit: Universitas Sriwijaya Palembang.

William. 2016. Kemampuan (Pengertian, Jenis-Jenis, Ekspresi Kemampuan). Bandung: Graha Mulia.

Diterbitkan

2020-01-01

Terbitan

Bagian

Artikel