ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI JASA TITIP DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN

Penulis

  • Anis Nur Imama Unisla

Abstrak

Abstrak

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengalisis dan menjelaskan pengaruh secara parsial maupun simultan kepercayaan (X1) dan kualitas informasi (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) melalui jasa titip di kalangan mahasiswa Universitas Islam Lamongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explantory research dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Solvin. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 100 responden. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi liner berganda, uji korelasi berganda, uji koefisien determinasi, uji t, dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepercayaan (X1) dan kualitas informasi (X2) secara bersama-sama berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Selain itu variabel kepercayaan (X1) dan kualitas informasi (X2) berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Serta variabel kepercayaan (X1) merupakan variabel yang dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian (Y).

 

 

       

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Armayanti, N. 2011. Gambaran Kepercayaan Konsumen Terhadap Pembelian Melalui Media Internet. Skripsi. Sumatera: Program Strata 1 Universitas Sumatera Utara.

Anggraeni, Putu. 2016. Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs www.traveloka.com.Jurnal Manajemen. Vol.3, No.2.

Ayuningtyas, Hendra. 2018. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Daring di Aplikasi Bukalapak Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan. Vol 2, No 1.

Anis, 2017. Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Online Produk Busana melalui Media Sosial Instagram di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis islam IAIN Surakarta. Skripsi. Surakarta: Program Strata 1 Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Agustinus, Dian, Welly. 2018. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Online Lazada. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Terapan. Vol. 15 No. 2.

Baskara, Hariadi. 2014. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan dan Persepsi Akan Resiko Tehadap Keputusan Pembelian Melalui Situs Jejaring Sosial (Social networking Websites). Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Dian Nuswantoro.

Databoks-Katadata.co.id, 2019. Pengguna Ponsel Indonesia Mencapai 56% dari Populasi.https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/02/08/berapa-pengguna-media-sosial-indonesia (Akses: 10 November 2019).

Databoks-Katadata.co.id, 2018. 10 negara dengan jumlah pengguna aktif Instagram. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/02/09/berapa-penggunainstagram-dari-indonesia (Akses: 10 November 2019).

Ermawan, Edy. 2018. Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis Progam Studi Administrasi Bisnis Angkatan 2014 Konsumen Air Mineral Aqua ). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 62 No. 2.

Hermanto, Indah. 2016. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Jurnal Manajemen.

Luthfiya, J. 2014. Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Pada Siswa/I SMA Yayasan Pendidikan Harapan 3 Medan. Skripsi. Program Strata 1 Universitas Sumatera Utara.

Jelita, Aeni. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Kepercayaan Konsumen dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian di Zoya Bandung Indah Plaza (Survey Pada Pengunjung Outlet Zoya di Bandung Indah Plaza). Skripsi. Bandung: Program Strata 1 Universitas Pasundan.

Jufri, Muhammad. 2019. Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Interaksi Layanan dan Kualitas usability Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Bukalapak.com di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Lampung). Skripsi. Bandar Lampung: Program Strata 1 Universitas Lampung.

Kurniadi, Eddy. 2016. Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Telepon Seluler Blackberry Pada Mahasiswa Fakultas Bisnis Manajemen Universitas Widyatama Bandung. Skripsi. Bandung: Program Strata 1 Universitas Widyatama.

Merdeka.com, 2016. Mengenal Bisnis Seorang Personal Shopper. https://www.merdeka.com/peristiwa/mengenal-bisnis-seorang-personalshopper.html (Akses : 10 November 2019).

Gifary, Muhammad. 2017. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Minuman Isotonik (Studi Kasus Pada Mizone di Bandar Lampung). Skripsi. Bandar Lampung: Program Strata 1 Universitas Lampung.

Mahkota, A.P., Suyadi, I., Riyadi. 2014. Pengaruh kepercayaan dan kenyamanan terhadap keputusan pembelian online (Studi Pada Pelanggan Website RideInc). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 8 No. 2.

Nurul, Handoyo, Andi. 2013. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Promosi Penjualan Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Mie Sedaap Studi Kasus Pada Konsumen Mie Sedaap Di Kecamatan Tembalang.Journal of Social And Politic di Ponegoro. Hal. 1-10

Roziqin, Ainur. 2016. Pengaruh Potongan Harga Promosi Dan Bonus TerhadapKeputusan Pembeliaan Barang Pada Aldamart Di Lamongan.Skripsi. Lamongan: Program Strata 1 Universitas Islam Lamongan.

Diterbitkan

2020-01-01

Terbitan

Bagian

Artikel