PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN “USAHA BANDENG OTAK-OTAK SUMIATIK”

Penulis

  • Muhammad Suryono Trisno Atmojo Unisla

Abstrak

Abstrak

 

Peenlitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan teknologi informasu untuk meningkatkan pemsaran usaha bandeng sebagai oleh-oleh. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah Observasi, Interview, Dokumentasi, Kuisioner dan dengan IFAS,EFAS,Matrik SWOT. Dari hasil analisis faktor internal/IFAS, Kekuatan (Strenght) memiliki total nilai skor 1,51, sedangkan Kelemahan (Weakness) memiliki total nilai skor 1,1.  Sehingga total nilai IFAS yakni  2,61. Sedangkan dari hasil analisis eksternal/EFAS  maka Peluang (Opportunities) memiliki total  nilai skor 1,37, sedangkan ancaman (Treath) memiliki total nilai 1,31. Sehingga total nilai eksternal yakni 2,68. Dari hasil penelitian diatas simpulkan strategi yang tepat yang dapat digunakan oleh Usaha Bandeng Otak-Otak Sumiatik adalah strategi S-O, dengan menggabungkan kekuatan dan peluang.

       

Abstract

 

This research aims to find out the use of information technology to increase the distribution of milkfish businesses as souvenirs. Data collection techniques used were Observation, Interview, Documentation, Questionnaire and with IFAS, EFAS, SWOT Matrix. From the results of the analysis of internal factors / IFAS, Strength (Strength) has a total score of 1.51, while Weakness has a total score of 1.1. So that the total value of IFAS is 2.61. While from the results of external analysis / EFAS, Opportunities have a total score of 1.37, while the Treath has a total value of 1.31. So that the total external value is 2.68. From the results of the above research, conclude the right strategy that can be used by the Sumiatik Brain Milk Effort is the S-O strategy, by combining strengths and opportunities.

   

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Ahyuna, Jabir, dan Najib, 2013. Pemanfaatan Internet sebagai Media Promosi Pemasaran Produk Lokal oleh kalangan usaha di Kota Makasar.

Arikunto, 2010. Metode Prosedur Penelitian, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Danupranata Gita, 2013. Buku Ajar Manajemen Perbankan Syariah, Salemba Empat, Jakarta.

Irnawati, 2015. Peranan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Sistem Pemasaran. FT MIPA. Universitas Indraprasta PGRI.

Ismet, Muhammad dan Indiarto Dwi Agus. 2006. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam pemasaran Produk pangan dan pertanian.

Keown Mc, 2001. Pengantar Teknologi Informasi, CV. Haji Masagung, Jakarta.

Kotler Philip dan Susanto AB, 2012. Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah, Alfabeta, Bandung.

Kotler Philip, 2004, Strategi Pemasaran.PT. Indeks, Jakarta.

Kotler Philip, Keller Lane Kevin, 2008, Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga belas jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Lucas, 2000, Teknologi Informasi. Mc. Gaw Hill, Georgia.

Moleong, 2005, Metode Penelitian Kualitatif, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Nawawi, 2005, Manajemen Stratejik Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahan, Penerbit Gadjah Mada University Pres, Yogyakarta.

Prof. Dr. Sugiono, 2013, Statistik Dekriptif, Alfabeta, Bandung.

Rangkuti Freddy, 2004, Analisis Pemasaran, Edisi ketujuh belas, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Rangkuti Freddy, 2013, Analisis SWOT, Edisi ketujuh belas, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Rangkuti Freddy, 2014, Analisis SWOT, Edisi ketujuh belas, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Rivai Veithzal, 2013, Manajemen Perbankan : dari Teori ke Praktek, Edisi kesatu, Rajawali Pers, Jakarta.

Siagian P. Sondang, 2011. Manajemen Stratejik, Edisi kesembilan, Penerbit, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R7D, Alfabeta, Bandung.

Suwarsono Muhammad, 2013, Konsep dan Alat Analisis, Edisi kelima, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Swastha dan Irawan, 2005. Manajemen Pemasaran Modern, Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Diterbitkan

2020-01-01

Terbitan

Bagian

Artikel