PENGARUH PENGEMBANGAN PRODUK DAN KOMUNIKASI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH (STUDI KASUS PADA BPRS MADINAH LAMONGAN)

Penulis

  • Salamatus Shofifah Unisla

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan produk dan komunikasi untuk meningkatkan jumlah nasabah (studi kasus pada BPRS MADINAH LAMONGAN). Selain itu, penelitian ini juga digunakan untuk menguji persamaan regresinya baik secara parsial, simultan dan yang paling dominan diantara variabel pengembangan produk dan komunikasi pemasaran untuk meningkatkan jumlah nasabah (studi kasus pada BPRS MADINAH LAMONGAN). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah yang bekerja di BPRS Madinah Lamongan, sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 97 responden.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan produk dan komunikasi pemasaran berpengaruh signifikan terhadap jumlah nasabah. Sedangkan pengembangan produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap jumlah nasabah. Hasil uji F (simultan) diperoleh sebesar Fhitung > Ftabel yaitu 58,0853 > 3,09 yang menyatakan bahwa secara simultan variabel pengembangan produk dan komunikasi pemasaran berpengaruh signifikan terhadap jumlah nasabah. variabel pengembangan yang menjadi paling dominan terhadap jumlah nasabah di BPRS Madinah Lamongan.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Kasmir. 2016. Dasar-dasar Perbankan. Cetakan Ke 12, Jakarta. PT Raja Grafindo.

Kolter, Philip. 2016. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Manca Jaya Cemerlang

Nurudin. 2016. Ilmu Komunikasi Ilmiah dan Populer. Jakarta: PT.Raja Grafindo.Persada.

Purwanto.2017. evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Setiadi, Nugroho J. 2015. PerilakuKonsumen. Pranamedia Group. Jakarta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung

Suwiknyo, Dwi. 2019. Analisis Laporan KeuanganPerbankan Syariah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winardi, 2016. Marketing dan Perilaku Konsumen, Bandung :Mandar Maju

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-01

Terbitan

Bagian

Artikel