IMPLEMENTASI PENJUALAN ECERAN (RETAILING MIX) TERHADAP DAYA MINAT BELI KONSUMEN CHEMICHAL PADA PT. SUMBER JAYA KIMIA

Penulis

  • Silvi Dwi Rochmawati Unisla

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi penjualan eceran terhadap daya minat beli konsumen. Unsur-unsur retailing menurut Mr Hanri Ma’ruf ada 6 yaitu lokasi, barang dagangan, harga, promosi, pelayanan, suasana dalam toko. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yakni bagaimana perencanaan penjualan eceran PT Sumber Jaya kimia, bagaimana implementasi penjualan eceran terhadap minat beli konsumen chamical PT Sumber Jaya kimia, Seberapa besar evektivitas penjualan eceran terhadap minat beli konsumen chemical pada PT Sumber Jaya kimia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriftif. Sumber data yang digunakan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi yang dianggap relavan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis implementasi penjualan eceran berpengaruh secara signifikan terhadap 6 unsur yaitu : Harga, lokasi barang dagangan, promosi, pelayan suasana dalam toko.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Abdurachman. 2018. Ensiklopedi Ekonomi, Keuangan dan Perdagangan, Pradnya Paramita: Jakarta.

Apriyantoditya. 2013. Faktor-Faktor Bauran Eceran. (http://apriantoditya.blogspot.com/2013/10/faktor-faktor-bauran-eceran-retailing_2.html=1) Diakses 20 Nopember 2019.

Assail. 2016. Consumer Behaviour: Strategic Approach, Houghton Mifflin.

Berman and Evans. (2018). Retail Management, Macmillian Publising Company: USA.

Bogdan dan Biklen. 2017. Qualitative Research For Education: an Introduction To Theory and Metods, Allyn and Bacon, inc: Boston London.

Durianto, 2019.Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek, PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Ekawati, Sunny. 2019. Implementasi Strategi Manajemen Ritel Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia.Vol.2, No.1, Mei 2019, Hal. 48-57

Ferdinan. 2016. Metode Penelitian Manajemen, Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Firmansyah, Aditya. 2016. Analisis Implementasi Strategi Marketing Mix Pada Manajemen Pemasaran Supermarket Tip Top Dari Perspektif Etika Bisnis Islam. Jurnal Manajemen Pemasaran 2015.

Foster. 2018. Manajemen Ritel, Penerbit Alfabet: Bandung.

Gilbert. 2018. Retail Marketing Management. England: Prentice Hall.

Kotler. 2016. Manajemen Pemasaran, PT. Prenhalindo: Yogyakarta.

Ma’ruf, Hendri. 2016. Pemasaran Ritel, PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Ma’ruf. 2016. Manajemen Komunikasi Periklanan, Aswaja Pressindo: Jakarta.

M. Taufik. 2018. Dinamika Pemasaran, PT. Raja Grafindo: Jakarta.

Nawawi dan Martiani. 2017. Instrument Penelitian Bidang Sosial, Gadjah Mada University Press: Yogyakarta.

Respatiningsih, Hesti. 2015. Implementasi Manajemen Kategori Dalam Manajemen Ritel Modern.Jurnal Manajemen Pemasaran 2015.

Ria, Arifianti. Retail Mix Strategies Of Hypermarkets In Bandung. International Journal Of Economic Policy In Emerging Economies. Vol,11. No,396-410. Tahun 2018.

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan ke-25. Alfabeta, Bandung.

Sudjana. 2016. Manajemen Ritel Modern, Graha Ilmu: Yogyakarta.

Utami. 2018. Manajemen Ritel, Penerbit Erlangga: Jakarta.

Wiguna, Wafa, Fauziah. Analisis Implementasi Retailing Mix Pada Manajemen Pemasaran Minimarket Syariah Mart Cianjur.Jurnal Manajemen Pemasaran 2019. Vol.5, No2, Tahun 2019.

Adityalaksono.2015. Pengertian Minat Beli dan Faktor-faktor.(Online).http://adityalaksono26.blogspot.com/2015/03/pengertian-minat-beli-dan-faktor-faktor.html?m=1. Diakses pada Nopember 2019.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-01

Terbitan

Bagian

Artikel