ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KEPUASAN NASABAH DAN CITRA BANK TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT. BPR SYARIAH MADINAH LAMONGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, kepuasan nasabah dan citra bank terhadap loyalitas nasabah baik secara parsial, simultan dan faktor yang paling dominan diantara ketiga variabel diatas yang mempengaruhi loyalitas nasabah. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah PT. BPR Syariah Madinah Lamongan sedangkan sampel seluruh nasabah yang berjumlah 100 responden. Dan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif.
Dari hasil penelitian diatas disimpulkan bahwa variabel kualitas layanan, kepuasan nasabah dan citra bank berpengaruh secara secara parsial terhadap loyalitas nasabah. Variabel kualitas layanan, kepuasan nasabah dan citra bank berpengaruh secara secara simultan terhadap loyalitas nasabah. Dan variabel kualitas layanan berpengaruh paling dominan terhadap loyalitas nasabah pada PT. BPR Syariah Madinah Lamongan.References
DAFTAR PUSTAKA
Arifin. 2016. Dasar – Dasar Pemasaran Bank Syari’ah. Edisi Kedua. Penerbit Rineka Cipta Jakarta.
Anwar. 2015. Manajemen Bisnis. Cetakan Kedua. Penerbit Balai Pustaka Jakarta.
Arikunto. 2017. Metode Penelitian Uji Reabilitas. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada Jakarta.
Azizah, Hidayaul. 2012. Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. https://scholar.google.com.
Budiono, Erwin. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Ajb Bumiputera. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Indonesia Bandung. https://scholar.google.com.
Cahyani. 2015. Manajemen pemasaran jasa. Edisi 4. Penerbit Gramedia Jakarta.
Congsuegra. 2016. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Cetakan ketiga. Penerbit Pilar Media Yogyakarta.
Dewi, Kadek Novita Maharani, dkk. 2019. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. BPR Sari Jaya Sedana Di Klungkung. Fakultas Ekonomi. Universitas Warmadewa Bali. https://scholar.google.com.
Edar, Ahmad Fadhli, dkk. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank Central Asia KCU Makassar. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Hasanudin. https://scholar.google.com.
Etta, Mamang Sangadji. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 1. Penerbit Salemba Empat Jakarta.
Fandy, Tjiptono. 2017. Ekonomi Menejemen Pemasaran, Edisi Ketiga. Penerbit Andi Yogyakarta .
Farida, Jasfar. 2016. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Penerbit Alfabeta Bandung.
Ferdinand. 2015. Metodelogi penelitian. Edisi Kelima. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama Yogyakarta.
Ghozali. 2015. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Kedua. Penerbit Alfabeta Bandung .
Griffin, Jillp. 2015. Customer Loyalty Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan pelanggan. Cetakan Kedua. Jakarta: Erlangga.
Haryono. 2016. Ekonomi Manajemen Pemasaran. Cetakan Ketiga. Penerbit Salemba Empat Jakarta.
Hurriyati, Ratih. 2015. Ekonomi Manajemen dan Bisnis. Edisi 3. Penerbit Graha Ilmu Yogyakarta.
Ismail. 2016. Manajemen Perbankan. Cetakan Kelima. Penerbit Sinar Grafika Jakarta.
Istijanto. 2015. Marketing management. Edisi kedua. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama Yogyakarta.
Juniarta, Hilmi Rizqario, Masreviastuti. 2017. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah Di Bank Jatim Jombang. Administrasi Niaga. Politeknik Negeri Malang. https://scholar.google.com.
Kamir. 2015. Manajemen Pemasaran. Cetakan Kedua. Penerbit Bentang Pustaka Yogyakarta.
Karsono. 2015. Marketing. Cetakan kedua. Penerbit Prisma Media Utama Yogjakarta.
Kotler, Philip. 2017. Manajemen Pemasaran. Cetakan Kedua. Penerbit Lineka Cipta Jakarta.