ANALISIS PENGARUH CR (CURRENT RATIO, DER (DEBT TO EQUITY RATIO), EVA (ECONOMIC VALUE ADDED), ROA (RETURN ON ASSET) TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN SEKTOR KOSMETIK DAN KEPERLUAN RUMAH TANGGA YANG TERDAFTAR (ANALYSIS OF THE INFLUENCE OF CR (CURRENT RATIO, D

Penulis

  • Tri Utami Rohmatillah Unisla

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui dan menganalisis variabel CR (Current Ratio), DER (Debt to Equity Ratio), EVA (Economic value Added), ROA (Return on Asset) berpengaruh secara parsial terhadap harga saham perusahaan sektor kosmetik dan keperluan rumah tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. (2) Uutuk mengetahui dan menganalisis variabel CR (Current Ratio), DER (Debt to Equity Ratio), EVA (Economic value Added), ROA (Return on Asset) berpengaruh secara simultan terhadap harga saham perusahaan sektor kosmetik dan keperluan rumah tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. (3) Untuk mengetahui dan menganalisis variabel CR (Current Ratio), DER (Debt to Equity Ratio), EVA (Economic value Added), ROA (Return on Asset) berpengaruh secara dominan terhadap harga saham perusahaan sektor kosmetik dan keperluan rumah tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan sampel 7 perusahaan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan : (1) Hasil uji F sebesar 1,859 < 2,96 yang dapat diartikan bahwa seluruh variabel terikat bebas secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat. (2) Hasil uji T X1 sebesar 0,717, X2 sebesar 0,880, X3 sebesar 2,256 dan X4 sebesar 0,754, dapat diartikan bahwa hanya variabel X3 secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat. (3) Hasil uji regresi linear berganda dapat disimpulkan bahwa variabel yang paling dominan yaitu variabel EVA dengan nilai sebesar 550.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Brigham dan Houston . 2010. Dasar - Dasar Manajemen Keuangan Buku 1 (Edisi 11). Jakarta : Salemba Empat.

Darsono dan Ashari. 2010. Pedoman Praktis Memahami Laporan Keuangan. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Desy Kurniasari (2018). “Pengaruh Return On Asset (ROE), Current Ratio (CR) Dan Economic Value Added (EVA) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2012-2016.†eprints.ums.ac.id.

Fahmi, Irham. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Hanafi, Mamduh M dan Abdul Halim. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Kelima. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Herbet Bastian, Luh Putu Wiagustini dan Luh Gede Sri Artini (2019) “Pengaruh EVA Dan Kinerja Keuangan Terhadap Return Saham Perusahaan Tambang Batubara Di Indonesiaâ€. Buletin Studi Ekonomi, 77-91, 2019.

Hery. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 1. Yogyakarta: Center For Academic Publishing Services.

I Made Sudana. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga.

Jogiyanto, 2014. Teori Portofolio dan Analisis Invstasi (Edisi ke 10). Yogyakarta: BPFE.

Kamaludin. 2012. Manajemen Keuangan : Konsep Dasar dan Penerapannya, Mandar Maju, Bandung.

Kasmir. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Rudianto.2013. Akuntansi Manajemen Informasi untuk Pengambilan Keputusan Strategis.Jakarta : Erlangga.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Widoatmodjo, Sawiji 2012. Cara Sehat Investasi di Pasar Modal. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Jurnalindo Aksara Grafika.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-01

Terbitan

Bagian

Artikel